Mudik Hampir Tiba, Kirim Motor ke Kampung Halaman, Tangki Harus Kosong

Ternyata, Tangki Bahan Bakar Wajib Kosong Saat Kirim Motor Ke Kampung Halaman – Lebaran tinggal dua minggu lagi, musim mudik pun segera tiba. Banyak para pemudik, terutama yang di perkotaan bersiap untuk pulang kampung. Ada yang menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Namun, ada juga yang ingin membawa kendaraan pribadinya ikut pulang kampung via ekspedisi, sepeda motor misalnya.

Walaupun terbilang cukup mudah namun ada beberapa hal penting yang wajib untuk diperhatikan. Salah satunya seperti tangki bahan bakar sepeda motor harus kosong atau tersisa sedikit. Hal ini diungkapkan pegawai operasional jasa ekspedisi PT Benny Putra, Gito.

Ternyata, Tangki Bahan Bakar Wajib Kosong Saat Kirim Motor Ke Kampung Halaman

“Kalau ditanya alasannya enggak boleh ada bensinnya, itu sudah kebijakan atau regulasi dari PT KAI, kami hanya mengikuti saja,” kata Gito saat ditemui Liputan6.com, di jalan Stasiun Senen, Jakarta Pusat.

Meski hanya mengikuti regulasi PT KAI, Gito menyatakan anjuran ini bukan tanpa dasar. Bukan tanpa alasan mengingat beberapa kasus terkait kebakaran kendaraan pernah terjadi ketika pengiriman ekspedisi kendaraan dengan posisi tangki bahan bakar penuh.

“Memang ada kasus terkait hal tersebut, kalau hanya motornya saja yang terbakar sebenarnya tidak masalah, tapi karena di dalam kereta kan berdempatan dengan motor lain. Selain itu gerbongnya juga serangkaian dengan gerbong penumpang, jadi bahaya,” ujar Gito.

Meskipun aturan terkait bahan bakar sudah jelas, Gito menegaskan masih terdapat beberapa konsumen yang enggan mengosongkan bahan bakar pada kendaraannya.

“Ada saja konsumen yang masih nekat mengirimkan motor dengan bahan bakar yang masih terisi pada kendaraannya, padahal sudah diberitahu mengenai hal tersebut,” tutur Gito.

Top