Motor 125 cc Keatas Di India Bakal Wajib Pakai ABS!

Kewajiban Perangkat ABS Pada Motor 125 cc Keatas – Perkembangan dunia otomotif yang makin berkembang di dunia memaksa sebuah negara menerapkan kebijakan baru demi memberikan keselamatan berkendara yang tinggi untuk setiap pengguna jalan. Negara tersebut terdapat pada benua Asia yakni India yang mana pemerintahnya akan menerapkan kebijakan pada sepeda motor berkapasitas 125 cc untuk diwajibkan memiliki perangkat pengereman ABS (Anti-Lock Brake System). Diketahui penerapan kebijakan tersebut diberlakukan akibat menyusulnya terjadi angka kecelakaan lalu lintas dengan jumlah yang tinggi. Bahkan beberapa kecelakaan yang terjadi di negera yang memiliki ikon Taj Mahal tersebut berujung dengan Kematian. Nah untuk lebih lengkapnya simak informasi lengkap yang Mas Sena sajikan berikut ini.

Motor Sport 125 cc Keatas Di India Bakal Wajib Pakai ABS!

Sesuai dengan informasi yang dilansir oleh laman Autoevolution melalui detikOto, Rabu (28/01/2015) menyatakan bahwa data yang dihimpun dari Kementrian Transportasi India pada tahun 2014 lalu menunjukkan bahwa tak kurang dari 39.353 korban jiwa meninggal akibat kecelakaan yang terjadi di beberapa ruas jalan di India. Kebanyakan dari mereka adalah pengguna sepeda motor.

Diketahui bahwa mereka yang tidak menggunakan perangkat peranti keselamatan pengereman teknologi ABS pada motor yang digunakan. Mereka juga tak melengkapi peranti standar keselamatan berkendara dengan menggunakan motor seperti helm, jaket, sarung tangan dan perangkat keselamatan lainnya. Sebelumnya hasil riset yang dilakukan oleh Autocar Profesional dan Asosiasi Riset Otomotif India (ARAI) menunjukkan bahwa sebagian besar dari motor yang digunakan di Indonesia masih mengunakan peranti pengereman teknologi konvensional yakni jenis Drum Brake (Tromol) yang memiliki daya pengereman paling kecil di antara perangkat pengereman lainnya. Kini pemerintah negara tersebut meminta kalangan industri untuk melengkapi motor buatannya minimal dengan peranti pengereman cakram.

Setelah itu peranti pengereman ABS menyusul kewajiban penggunaan disc brake tersebut. Perangkat yang dapat mencegah ban terkunci saat melakukan pengereman mendadak diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan serendah mungkin. Meski aturan tersebut sudah diterapkan di sebagian besar negeri di Eropa, pemerintah negara tersebut tak menjelaskan lebih lanjut kapan aturan itu diterapkan. Nah apakah Indonesia akan melakukan langkah serupa? Jika pemerintah berfikir ke depan maka angka kecelakaan yang cukup tinggi saat ini juga dapat ditekan serendah mungkin. Baca juga Answer Back System Permudah Pencarian Motor Saat Parkir dan CBR 250 RR Bermesin 2 Silinder.

Top