Wuling Berencana Pasarkan Mobil Listrik

Wuling Mulai Merambah Segmen Mobil Listrik – Tak hanya sampai pada MPV atau SUV buatannya yang kini melonjak, Wuling Motors pun kini juga sudah memiliki teknologi listrik. Dimana, hal tersebut terlihat dari mobil listrik E100 yang pernah dipamerkan pada GIIAS 2018 lalu.

Tak hanya itu saja, bahkjan nama Wuling pun disebut dalam siaran pers Kementerian Perindustrian. Kaitannya dalam hal rencana mobil listrik, yang sudah diminati banyak pabrikan.

Wuling Mulai Merambah Segmen Mobil Listrik

Disebutkan juga bahwa para pelaku industri otomotif di Indonesia seperti: Toyota, Mitsubishi, BYD Company, Astra Honda Motor dan Wuling Motors telah melakukan proyek percontohan (pilot project) kendaraan listrik. Tentu saja, hal ini semakin memperkuat jika mobil listrik bakal menjadi kendaraan masa depan.

Ditanyakan perihal ini, pihak Wuling masih menutup rapat keran informasi. Lagi-lagi soal regulasi yang sampai detik ini masih mengambang dan belum juga diputuskan, menjadi alasan utama.

“Kalau dari sisi mobil listrik, kita sebenarnya sudah punya teknologinya di headquarter. Kita lihat regulasinya ketika sudah diketok palu seperti apa baru kita menentukan langkah apa untuk mobil listrik Wuling ke depan,” kata Dian Asmahani, Brand Manager PT SGMW Indonesia, beberapa waktu lalu.

Soal proyek percontohan yang dimaksud Kemenperin, Dian juga belum mau berkomentar banyak. Ditegaskan, masih menunggu regulasi dari pemerintah. Hanya saja, sinyal kuat soal mobil listrik Wuling, memang erat kaitannya dengan penambahan investasi sebesar Rp9 Triliun. Sangat mungkin adanya kucuran dana itu berhubungan juga dengan rencana memasarkan mobil listrik di Indonesia.

Akan tetapi, dalam kesempatan lain, Dian menyanggahnya jika investasi itu termasuk ke berbagai sektor, seperti ekspansi bisnis dan menambah jumlah dealer.

“Kalau omongin penambahan dealer segala macam kan pasti ada penambahan investasi. Tahun ini menambah jadi 120 dealer,” imbuhnya.

Walaupun masih belum berani berbicara terbuka, bocoran dari Kemenperin seharusnya sudah menjelaskan ada pembicaraan antara Wuling dan pemerintah. Disebutkan sendiri oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, sebagian dari pabrikan yang disebutkan di atas melakukan pre-marketing project terlebih dahulu.