Ini Dia Hasil Uji Tabrak Suzuki Ignis

Suzuki Ignis Jalani Uji Tabrak NCAP – Beberapa waktu lalu, dikabarkan bahwa Global New Car Assessment Programme (Global NCAP) melakukan uji tabrak pada Suzuki Ignis. Kali ini, Ignis yang akan diujicoba tersebut merupakan produk buatan India yang diekspor ke Afrika Selatan. Dimana, untuk hasil tes tabrak Suzuki Ignis pun diumumkan dalam rangka kampanye Safer Cars for Africa.

Nah, untuk hasil yang diperoleh setelah uji tabrak dilakukan, agaknya terbialng biasa saja, hanya 3 bintang. Meski demikian, agaknya ternyata lebih baik dari Suzuki Swift rakitan India juga, yang mana juga turut dites Global NCAP tahun lalu yang hanya mampu meraih 2 bintang.

Ini Dia Hasil Uji Tabrak Suzuki Ignis

Wajar cuma 3 bintang, Suzuki Ignis cukup dilengkapi dual airbag. Standar di India dan sama seperti di Indonesia yang juga berasal dari sana. Jika dilakukan uji untuk model yang dijual di India maupun Indonesia, semestinya memperoleh hasil serupa.

Tak sampai di situ saja, untuk menunjang keselamatan, Ignis juga sudah hadir dengan bekalan fitur berteknologi ABS pada sektor pengeremannya dan juga ISOFIX untuk keselamatan anak-anak. Hasil 3 bintang didapat untuk proteksi terhadap penumpang dewasa dengan skor 9,99 point dari 17 poin.

Justru perlindungan anak-anak nilainya buruk, hanya 1 bintang. Skornya 8 poin dari total 49 poin. Kesimpulan dari Global NCAP, rangka bodi Ignis dinilai tidak stabil dan tidak mampu menahan hantaman lebih kuat.

Skor 1 bintang untuk proteksi terhadap penumpang anak-anak, membuat Ignis tidak direkomendasikan dipasang Child Restraint System (CRS) tertentu. Dari hasil uji, perlindungannya amat kurang, terutama proteksi bagian dada dummy bocah berusia 3 tahun.

Meski demikian adanya, satu yang cukup membuat banyak publik terheran-heran bahwa Suzuki Swift yang kelasnya di atas Ignis justru mendapat hasil yang lebih buruk. Padahal sama-sama menggunakan platform Heartect. Ternyata versinya berbeda.

Perlu untuk diketahui bahwa berdasar pewartaan Cardekho, Ignis berbasis sasis Heartect A, sedangkan Swift pakai versi Heartect B. Heartect A khusus mobil kecil dan menjadi basis Wagon R terbaru. Selain Swift, Heartect B juga berbagi dengan Baleno.

Top