Yamaha Sibuk Garap Motor Listrik, Benarkah?

Yamaha Mulai Rambah Motor Listrik – Jalin hubungan kerjasama dengan salah satu pabrikan lokal Taiwan, Gogoro, Yamaha belum lama ini dikabarkan tengah membuat satu motor listrik baru. Bukan sekedar hoax namun sebuah fakta. Apalagi, skuter listrik yang diberi nama EC-05 itu baru saja dirilis di Taiwan.

Di satu sisi, menurut laporan yang dikutip dari Electrek, meski sudah dirilis namun agaknya Yamaha belum memberikan informasi kinerja EC-05.  Walaupun demikian adanya, diketahui bahwa kecepatan tertinggi Yamaha EC-05 diprediksi mampu mencapai 85 kpj hingga 95 kpj. Skuter listrik ini juga diprediksi kuat mampu menempuh jarak lebih dari 100 kilometer, menggunakan dua paket baterai Gogoro.

Yamaha Mulai Rambah Motor Listrik

Selain itu, skuter listrik bikinan Yamaha ini juga menggunakan sistem battery swap. Itu mengindikasikan bahwa pengguna bisa langsung mengganti baterai yang sudah habis dayanya dengan baterai yang sudah terisi penuh.

Sedangkan untuk soal tampilannya sendiri, memang konsep desain yang diusung skuter listrik EC-05 sepenuhnya dikerjakan oleh Yamaha. Tapi, untuk soal sistem kelistrikannya diambil alih oleh Gogoro.

Yamaha EC-05 dijadwalkan akan mulai dikirim ke konsumen pada September 2019 mendatang, di Taiwan. Namun demikian, bukan berarti negara lain tak mendapatkan bagian skuter listrik baru pabrikan Jepang itu.

Terlepas dari itu, kaitannya dengan skutik listrik ini, diketahui bahwa Yamaha EC-05 hanyalah yang terbaru dari deretan inovasi sepeda motor listrik milik Yamaha. Pabrikan berlambang garpu tala itu baru-baru ini juga menjalin kemitraan dengan Honda, Kawasaki, dan Suzuki untuk pembentukan standar sepeda motor listrik dengan sistem battery swap.

Di satu sisi, sebagai tambahan informasi saja bahwa konsep desain yang baru-baru dipatenkan Yamaha juga turut memberikan spekulasi bahwa pabrikan berlogo garpu tala itu memang sedang mengerjakan sepeda motor listriknya sendiri. Diprediksi sepeda motor itu adalah Yamaha R1.

Top