Renault Siap Rakit Triber di Indonesia

Renault Buka Wacana Perakitan Triber di Indonesia – Renault Triber yang dibawa oleh PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) yang mana selaku distributor resmi untuk penjualan mobil Renault di Tanah Air segera dipasarkan di Indonesia. Akan tetapi, hanya saja sementara ini, Renault Triber masih didatangkan langsung dari India. Jadi, belum ada Triber produksi Indonesia.

Sedangkan berkenaan dengan fakta tersebut, Davy J Tuilan yang menjabat sebagai COO PT MRI sempat mengatakan bahwa pihaknya juga mengakui untuk bisa bersaing lebih kompetitif di Indonesia dengan pabrikan lain yang sudah melalang buana terlebih dahulu, pihaknya sesegera mungkin harus melakukan completely knock down (CKD) untuk Triber. Hal ini pun turut menjadi salah satu rencana PT MRI.

Renault Buka Wacana Perakitan Triber Di Indonesia

“Jadi, kita memang punya rencana untuk melakukan CKD di Indonesia,” jelas Davy saat ditemui di dealer Renault Bintaro, Tangerang Selatan, belum lama ini.

Tak sampai di situ saja, bahkan Davy pun juga mengatakan bahwa untuk kapan jadwal atau waktunya pabrikan asal Prancis tersebut akan melakukan produksi lokal Triber, sampai detik ini memang masih belum bisa diinformasikan lebih lanjut. Begitupun dengan apakah CKD ini nantinya akan mampu memanfaatkan aliansi, yaitu Nissan-Mitsubishi-Renault.

“Tapi yang jelas, kami sudah diskusi dengan serius dengan pihak prinsipal. Pemerintah juga sudah berbicara, Renault sudah datang,” tegasnya.

Di satu sisi, untuk soal alasan lain, apabila nantinya pihak Renault tidak melakukan CKD untuk Triber tentu saja nantinya persaingannya dipastikan bakal menjadi sangat sulit, apalagi harus berkompetisi dengan model lain buatan Jepang yang memiliki pangsa luas di Indonesia. Belum lagi mengingat saat ini pemerintah sendiri sedang membatasi kuota impor, termasuk di industri otomotif, yang mana akan berdampak pada gerak Renault yang tak bisa leluasa dalam mengembangkan pangsa pasarnya.

“Pertimbangan CKD juga macam-macam, seperti penjualan dan CBU itu repot loh. Pemesanan harus dilakukan enam bulan sebelum, memang kita peramal bisa jualan berapa. Kesulitan lain CBU selain ordering juga ongkos logistik,” pungkasnya.

Top