Yamaha Adopsi Mesin R15 untuk MX King Terbarunya, Benarkah?

Yamaha MX King Dikabarkan Bawa Mesin R15 – Tak hanya pasar skutik dan motor sport, bahkan kini Yamaha juga agaknya masih memperhatikan pasar motor bebek. Terbukti bahwa pabrikan asal Jepang tersebut bakal merilis MX King terbarunya.

Satu yang menarik bahwa motor bebek model teranyar buatan Yamaha tersebut rumornya akan membawa mesin yang berteknologi VVA (Variable Valve Actuation) sebagaimana yang diusung oleh Yamaha R15. Tentunya ini menjadi topik hangat yang bakal menjadi topik perbincangan menarik.

Yamaha MX King Dikabarkan Bawa Mesin R15

Di satu sisi, perlu untuk disampaikan juga bahwa kehadiran dari Yamaha MX-King terbaru ini diperkuat dengan hadirnya sebuah laporan terbaru yang dikutip dari salah satu media Vietnam, yaitu Motosaigon.vn. Dimana, media Vietnam tersebut sempat menampilkan sebuah gambar dari New Exciter 155 VVA yang mana di Indonesia lebih dikenal sebagai MX-King.

Tentunya, jika kabar ini memang benar adanya, dipastikan bahwa langkah dengan merilis model motor bebek terbarunya ini memang sengaja dilalukan Yamaha guna menyaingi lawan beratnya di satu segmen, yaitu Honda Winner X atau lebih dikenal sebagai Honda Supra GTR.

Bukan tanpa alasan mengingat motor bebek terbaru besutan Honda Honda tersebut baru saja meluncur beberapa di pertengahan Juli 2019 lalu untuk pasar Vietnam. Ini artinya bahwa nantinya MX King dipastikan bakal memiliki generasi baru. Bukan hanya facelift, tapi bakal hadir sebagai versi all-new.

Tak sampai di situ, berdasarkan atas laporan terbaru yang dikutip dari MotoSaigon beberapa waktu lalu atau tepatnya pada Minggu (28/7), Yamaha MX King sendiri kabarnya bakal menggunakan mesin 155 cc Variable Valve Actuation (VVA). Melihat rumor ini maka kemungkinan besar mesin yang dibawa MX-King ini bakal sama seperti yang dibenamkan pada Yamaha New Vixion R dan R15 V3. Bahkan, tak lupa juga bahwa kabarnya Yamaha akan mengusung transmisi gearbox 6-speed.

Dengan bekalan mesin itu maka sudah bisa dipastikan bahwa nantinya motor bebek ini mampu menyemburkan tenaga puncak hingga 19,3 hp pada 10.000 rpm. Jika kabar ini memang benar adanya maka sudah bisa dipastikan jika power to weight ratio dari MX King bisa lebih bagus.

Terlepas dari soal spesifikasinya, kemungkinan besar Yamaha MX-King ini akan dirilis di Vietnam secara perdana pada akhir tahun 2019 mendatang.

Lantas, kira-kira bagaimana dengan di Indonesia, apakah motor generasi terbaru ini juga bakal dirilis di Tanah Air? Menarik untuk ditunggu untuk kabar selanjutnya.

Top