Tak Hanya Dijual, Mobil Desa AMMDes Juga Bisa Disewakan

AMMDes Bakal Jadi Mobil Desa yang Bisa Disewakan – Melangkah dalam tahap akhir, AMMDes (Alat Mekanis Multiguna Pedesaan) agaknya tak hanya dijual melainkan juga bakal bisa disewakan. Hal ini tentu menjadi pertimbangan pemerintah mengingat memiliki efek positif juga. Oleh sebab itu, tak heran jika saat ini semua stakehoolder sedang melakukan kajian mendalam terkait sistem ini.

Di sisi lain, berkenaan dengan wacana tersebut, dalam hal ini Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Harjanto pun juga turut menyebut bahwa hal ini juga akan membuka unit bisnis baru di pedesaan. Artinya, ada dampak yang baik jika sistem penyewaan AMMDes diberlakukan.

AMMDes Bakal Jadi Mobil Desa Yang Bisa Disewakan

“Selama ini orang bisa menyewakan kendaraan untuk transportasi, kenapa tidak untuk kebutuhan pertanian. Jadi nantinya, AMMDes ini bisa juga disewakan untuk proses pra dan pasca panen pertanian. Ini yang sedang kita kaji,” ucap Harjanto di Gedung Kemenperin, Jakarta.

Namun, untuk soal bagaimana konsep atau sistemais yang bakal diterapkan untuk penyewaan AMMDes ini, agaknya belum ada kepastian. Hal itu dikarenakan mengingat pihak Kemenperin sendiri masih terus melakukan studi dan pengkajian mendalam dan masih dalam proses diskusi bersama beberapa pihak yang bersangkutan.

“Untuk sistemnya sedang kita matangkan, apakah melalui Koperasi Unit Desa (KUD), atau sistem lainnya jadi memang sedang dikaji,” tuturnya.

Menyingung soal pihak terkait, Harjanto sempat mengatakan bahwa pihaknya bakal membentuk jalinan kerjasama dengan pihak perbankan sebagai pihak yang diharapkan mampu menunjang fasilitas kepemilikan AMMDes. Dengan begitu maka pola ini diharapkan mampu jadi salah satu sumber mata pencaharian baru di desa.

Sedangkan, berbicara mengenai peluncurannya sendiri, AMMDes kabarnya akan segera dijual pada Oktober 2019 yang akan datang.

Top