Pabrik Esemka Mulai Menggeliat Kembali, Hoax atau Fakta?

Pabrik Esemka Diklaim Sanggup produksi 40 Mobil Per Hari – Sudah sekian lama tenggelam dalam nuansa “politik” dan “bisnis”, akhirnya kini salah satu merk otomotif Esemka dikabarkan kembali menggeliat beberapa minggu terakhir ini. Mobil buatan pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi tersebut belum lama ini kabarnya tengah mendekati tahap persiapan untuk produksi massal.

Perlu diketahui bahwa untuk soal produksinya sendiri, kabarnya akan dilakukan di pabrik Esemka yang berdiri di Desa Demangan, Boyolali, Jateng. Dimana, untuk karyawannya merupakan lulusan SMK di bidang otomotif.

Pabrik Esemka Diklaim Sanggup Produksi 40 Mobil Per Hari

Di samping tengah menggeliatnya Esemka, diketahui juga bahwa pabrik mobil nasional tersebut pun juga sempat mengklaim bahwa pihaknya mampu memproduksi setidaknya 40 unit mobil per hari. Meski belum ada bukti yang kuat namun kemungkinan hal itu bisa terjadi.

Terkait dengan hal ini, Manejer Produksi PT Solo Manufaktur Kreasi Dias Iskandar Saputra sendiri pun juga sempat menyatakan bahwa untuk pabrik Esemka sendiri, akan terbagi dalam beberapa bagian untuk proses produksi dan dua perakitan jenis mesin, yaitu untuk mesin diesel dan bensin.

“Di pabrik ini kami ada diesel line, gasoline line, monocoque line, lalu nanti yang akan datang itu ada welding dan body painting. Untuk diesel difungsikan merakit mesin diesel 1.8 L, 2.5L, dan 2.7L, untuk yang bensin itu untuk kapasitas 1.2 (liter) dan 1.3 (liter),” kata Dias beberapa waktu lalu.

Perlu untuk diketahui bahwa saat ini, pihak Esemka tengah fokus untuk memproduksi jenis Esemka Bima yang merupakan tipe kendaraan niaga ringan dengan TKDN yang sudah mencapai 60%. Lalu, bagaimana dengan tipe mobil lain? Patut kita tunggu kabar selanjutnya.

Top