PCX Terbaru Bakal Usung Mesin DOHC, Benarkah?

Honda Siap Pasang Mesin DOHC pada PCX – Seperti yang sudah diketahui bahwa Honda PCX memang menjadi skutik bongsor yang tak banyak memiliki lawan kuat di Indonesia. Hanya NMax saja yang menjadi kompetitor terkuatnya di segmen skutik bongsor.

Sebagaimana yang sudah disematkan oleh Honda, bahwa PCX memang menjadi skutik yang mengusung tipe mesin SOHC berkapasitas 150 cc yang diklaim mampu memproduksi tenaga hingga 14.4 Tk dengan torsi 13.2 Nm. Namun, mesin tersebut memberikan semburan power yang dirasa lebih rendah jika dibandingkan dengan Nmax milik Yamaha.

Honda Siap Pasang Mesin DOHC Pada PCX

Pasalnya, skutik gambot yang tak lain merupakan hasil racikan pabrik berlogo garpu tala itu dibekali mesin 155 cc SOHC berteknologi VVA. Tenaga yang dihasilkannya pun sangat gahar, yakni mencapai 14,8 Tk dan torsi maksimumnya 14,4 Nm. Tentu, ini menjadi perhatian tersendiri bagi pihak Honda.

Nah, guna melayani kehandalan NMax tersebut tampaknya secara diam-diam, pihak Honda tengah mencanangkan mesin baru yang akan disematkan pada PCX. Tentu saja, hal ini menjadi sorotan media.

Dimana, menurut laporan yang dikutip dari Kojintekibikematome.blog.jp, terdapat beberapa ubahan pada desain mesin yang dipatenkan Honda. Seperti soal klepnya yang akan dibuat menjadi 4 klep. Sehingga, bisa dipastikan jika mesin yang dibawa PCX nantinya akan menggunakan sistem mekanis DOHC guna mencapai performa yang jauh lebih mumpuni.

Walaupun sudah mendapatkan sertifikasi paten, namun agaknya mesin baru tersebut tak akan muncul dalam waktu dekat ini. Wajar saja mengingat jika dihitung-hitung, sejak diluncurkan di Indonesia, usia Honda PCX sampai sekarang belum mencapai 2 tahun.

Maka dari itu, kemungkinan besar, diduga kuat bahwa mesin DOHC Honda PCX tersebut nantinya bakal segera dibenamkan bersamaan dengan versi facelift-nya. Tentu saja sangat besar kemungkinan jika model terbaru dari skutik gambot tersebut dirilis pada pertengahan atau setidaknya pada akhir tahun 2021 mendatang.

Top