Di Masa Depan, SIM Bisa Digunakan untuk Belanja dan Bayar Tol

SIM Canggih Multiguna Segera Dirilis Oktober 2019 – Bagi setiap pemilik kendaraan bermotor di Indonesia, tentu diwajibkan memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi) sebagai identitas. Tentunya, untuk mendapatkan SIM, diharuskan melewati berbagai rangkaian ujian SIM di POLRES.

Sebagai kartu identitas ijin kendaraan bermotor di era modern ini, agaknya dalam hal ini pihak POLRI akan mempercanggih penggunaan SIM sehingga tidak hanya sekedar sebagai kartu identitas ijin mengendarai kendaraan bermotor.

SIM Canggih Multiguna Segera Dirilis Oktober 2019

Hal ini sesuai dengan apa yang diutarakan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Refdi Andri. Dimana, pihaknya belum lama ini mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan launching SIM baru atau Smart SIM bulan depan.

“Memang ada pembeda antara SIM dengan Smart SIM yang akan kita launching pada 22 September bertepatan dengan hari Lalu Lintas Bhayangkara. Tapi saat ini sudah soft launching (Smart SIM) untuk memperkenalkan lebih awal kepada masyarakat,” ungkap Refdi dilansir NTMC Polri pada Senin (26/8/2019).

Tak sampai di situ, Refdi sendiri juga memberikan pernyataan bahwa Smart SIM ini juga bisa disemakan chip yang nantinya bisa menjadi media menampung pelanggaran yang sebelumnya telah dilakukan oleh si pemilik. Bahkan, SIM canggih ini bisa dijadikan sebagai uang elektronik.

“Semua forensik kepolisian ada disini, jadi di dalam ada chip yang kita persiapkan. Ini juga bisa untuk pembayaran seperti uang elektronik. Jadi uang kita di dalam ini (Smart SIM) dengan saldo maksimal Rp 2 juta,” ujar Refdi.

Sementara itu, untuk soal tampilannya, nantinya Smart SIM ini akan memiliki tampilan yang sedikit berbeda dibanding SIM lama. Yang mana, akan ada dua foto sebagai foto utama dan foto security. Mengetahui kabar ini maka bisa dipastikan penggunaan SIM akan jauh lebi bermanfaat.