PCX Terbaru Bakal Usung Mesin DOHC

Honda Sematkan Mesin DOHC pada PCX – Skutik premium Honda, yaitu PCX tampaknya agak kesulitan dalam bersaing di Indonesia. Apalagi, lawannya NMax yang mana diklaim memiliki power maupun torsi yang lebih besar. Tentu saja, hal ini menjadi beban bagi PCX untuk meraih pasar skutik premium di Tanah Air.

Pasalnya, Honda PCX sendiri masih membawa mesin 150 cc SOHC yang konfigurasinya masih rendah mengingat hanya mampu memberikan power 14.4 Tk dan torsi 13.2 Nm dibanding NMax. Sebab, skutik buatan Yamaha sudah mengusung mesin SOHC VVA berkapasitas 155 cc dengan capaian tenaga 14.8 Tk dan torsi 14.4 Nm.

Honda Sematkan Mesin DOHC Pada PCX

Nah, guna menghadapi hal itu, akhirnya pihak Honda secara diam-diam mengembangkan mesin 150 cc baru untuk skutik gambotnya tersebut. Dimana, menurut laporan yang dikutip dari Kojintekibikematome.blog.jp, terdapat beberapa ubahan pada desain yang dipatenkan Honda.

Salah satunya seperti jumlah valve atau klepnya yang kini bertambah dua kali lipat yang mana dari 2 menjadi 4. Itu artinya bahwa nantinya mesin ini telah menggunakan sistem DOHC untuk meningkatkan performanya.

Tak hanya itu saja, bahkan Honda PCX pun juga akan dibekali pula dengan komponen yang nantinya akan bertugas mengontrol klep tersebut. Tentu saja, sistem mesin tersebut akan memicu akselerasi mesin Honda terbaru tersebut menjadi jauh lebih konsisten di putaran bawah, tengah, dan atas.

Akan tetapi, agaknya upaya Honda dalam menyematkan mesin abru pada PCX ini tak akan dilakukan dalam waktu dekat. Menurut rumor yang meruak, mesin DOHC ini akan dihadirkan bersamaan dengan versi faceliftnya. Dimana, model facelift ini akan diilis pada tahun 2021 yang akan datang.