Kemenprin Berencana Seragamkan Model Baterai Motor Listrik

Demi Efisiensi, Kemenprin Segera Seragamkan Penggunaan Baterai pada Motor Listrik – Sebagai penopang sekaligus penyuplai sumber daya, tentu saja keberadaan baterai pada kendaraan listrik menjadi salah satu fitur yang sangat penting dan vital. Beberapa pabrikan pun juga telah memproduksi baterai dengan spesifikasi khusus untuk kendaraan listriknya.

Namun, hal tersebut agaknya dinilai justru kurang efektif jika dilihat dari segi perluasan pembangunan. Bahkan, hal itu juga dipandang justru akan menyulitkan pembangunan infrastruktur kendaraan listrik, sebut saja seperti sistem pertukaran baterai atau battery swapping.

Demi Efisiensi, Kemenprin Segera Seragamkan Penggunaan Baterai Pada Motor Listrik

Maka dari itu, pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Perindustrian (Kemenprin) memiliki rencana matang untuk menyeragamkan baterai pada kendaraan listrik. Terkhusus pada baterai yang sudah berstandar United Nation Regulation 136 (UNR 136)

“Memang arahnya akan ke sana, contohnya seperti USB atau colokan ponsel. Pak baterai pun akan seperti itu,” ujar Agus Purwadi selaku Ahli Teknik Ketenagalistrikan ITB (Institut Teknik Bandung), di sela-sela media briefing proyek percontohan yang dinamakan “The Demonstration Project To Increase Energy Efficiency Through Utilization Of Electric Vehicle And Mobile Battery Sharing” yang berlangsung di Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta pada Rabu (28/8/2019).

Sedangkan untuk beberapa motor listrik yang sudah diluncurkan, Agus menyatakan bahwa nantinya kemungkinan besar para produsen harus membuat ulang baterainya. Hal ini dilakukan agar nantinya bisa melakukan pertukaran baterai.

“Untuk motor-motor listrik yang sudah beredar, baterainya masih di bawah standar UNR 136. Mereka bisa dijual karena di sini kan memang belum ada standarnya,” ujar Agus.

Perlu untuk diketahui bahwa saat ini, skutik yang sudah mengusung model baterai dari Kemenprin tersebut adalah Honda PCX Electric sekaligus dijadikan sebagai proyek demonstrasi kali ini.