Ekspor Sepeda Motor Alami Kenaikan Drastis

Penjualan Motor ke Luar Negeri Cetak Angka Menakjubkan – Penjualan mobil di pasar domestik mengalami penurunan, namun di sisi lain ada yang berbeda dengan tren penjualan sepeda motor, dalam hal ini penjualan sepeda motor ke luar negeri.

Bukan sekedar hoax semata melainkan fakta. Pasalnya, menurut Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), tren pengiriman sepeda motor ke luar negeri dalam kurun waktu Januari-Agustus 2019 ini justru mengalami peningkatan jumlah unit sebanyak 40% dibanding tahun 2018.

Penjualan Motor Ke Luar Negeri Cetak Angka Menakjubkan

Selain itu, secara detailnya bahwa jika melihat datanya, dalam kurun waktu selama 8 bulan terakhir di tahun 2019 ini, tertulis sudah ada 520.279 unit motor yang telah diekspor. Jumlah tersebut meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya dengan angka 369.304 unit.

Kemudian di sisi lain, jika mendasarkan atas data yang sama, dikatakan pula bahwa penjualan motor di pasar domestik selama periode Januari-Agustus 2019 pun juga justru mengalami tren mengalami pertumbuhan yang positif. Sebab, jika membandingkan dengan penjualan di tahun 2018 lalu pada periode sama, ada peningkatan sebesar 4,4 persen.

Dengan kata lain bahwa sampai pada bulan Agustus 2019 ini, angka penjualan sepeda motor telah mencapai 4.350.158 unit. Angka yang tercatat ini tentu menunjukan adanya peningkatan penjualan yang cukup signifikan jika dibanding tahun sebelumnya yang berhasil mencetak angka penjualan sebesar 4.164.558 unit.

Sementara itu, jika melihat data tersebut maka agaknya hal ini menunjukkan bahwa pasar otomotif di segmen sepeda motor mulai ada pergerakan kembali sejak mengalami penurunan di beberapa tahun terakhir ini. Sehingga, tak heran jika geliat ini memicu beberapa pabrikan sepeda motor mulai melakukan survey dan percepatan analisa pasar guna memanfaatkan peluang ini.

Sedangkan, dengan torehan yang cukup tinggi tersebut, di segmen pasar mobil sendiri agaknya justru mengalami penurunan penjualan di pasar domestik. Belum diketahui karena faktor apa yang jelas penurunan ini disinyalir karena ada peralihan dari mobil ke sepeda motor. Benarkah demikian? Patut kita tunggu kabar selanjutnya.

Top