Peluang Indonesia Jadi Basis Produksi Jimny Kian Besar

Suzuki Indonesia Berpeluang Jadi Produsen Jimny – Suzuki Jimny memang menjadi salah satu mobil ikonik yang memiliki banyak penggemar, termasuk di Indonesia. Bahkan, sampai detik ini pun wacana soal Indonesia menjadi negara yang mendapat kesempatan memproduksi mobil ini pun kian gencar berhembus.

Seiring berjalannya waktu, rencana yang sempat menjadi rumor bahwa PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) akan memproduksi Jimny generasi terbaru tersebut agaknya sangat dimungkinkan menjadi kenyataan. Hal ini tak lepas dari respon yang diberikan oleh prinsipal Suzuki di Jepang.

Suzuki Indonesia Berpeluang Jadi Produsen Jimny

Mengenai hal ini, Donny Saputra sendiri selaku Direktur Pemasaran PT SIS mengaku bahwa pihaknya telah melakukan beberapa kali pertemuan dengan pihak prinsipal Suzuki Jepang. Yang mana, ada tanggap positif yang didapat oleh pihak Suzuki Indonesia.

Tentu saja, ini menjadi sebuah harapan bagi pihak PT SIS sekaligus para konsumen di Indonesia jika kebagian jatah memproduksi Suzuki Jimny generasi ke empat tersebut di pabrik Tanah Air.

“Dari beberapa pertemuan kami sudah dapat sinyal-sinyal positif dari prinsipal. Hanya tinggal ketuk palu saja, mudah-mudahan bisa secepatnya,” ungkap Dony dengan jelas kepada wartawan di sela-sela media test drive Jimny di Tangerang pada Senin (30/9/2019).

Di sisi lain, respon yang diberikan oleh pihak Suzuki Jepang kepada PT SIS agaknya juga bukan sekedar wacana semata. Pasalnya, prinsipal Suzuki di Jepang sendiri sudah mulai mempertanyakan beberapa hal mendasar terkait proses produksi. Seperti volume produksi, investasi, dan beberapa segmen yang saling berkaitan.

Melihat respon ini, tentu saja tanggapan ini bisa disebut sebagai salah satu sinyal kuat atau kode keras bagi Suzuki Indonesia. Belum lagi didukung pula oleh tingginya animo masyarakat terhadap Jimny yang dibuktikan dari antrean inden hingga empat tahun.

Apabila Jimny generasi terbaru ini mendapat izin untuk diproduksi di Indonesia maka menjadi pelang bagi PT SIS untuk mengekspornya ke beberapa negara lain.

“Untuk inden itu bukan hanya Indonesia saja, beberapa negara lain juga sama seperti di Eropa, bahkan di Jepang sendiri. Jimny saat ini hanya diproduksi di Jepang, satu bulan 5.000 unit, sedangkan permintannya sangat tinggi, ini jadi peluang bagi Suzuki Indonesia bisa ikut ekpor juga,” pungkas Donny.