Harga Toyota Vios, Review, Spesifikasi & Gambar April 2018

Harga Toyota Vios dan Spesifikasi – Tak ada selebrasi mewah, secara diam-diam PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya merilis Toyota Vios model terbaru di tahun 2018 ini. Sedan kelas B yang satu ini memang sebelumnya telah mendapat beberapa kali pembaruan sejak hadir di Indonesia pada tahun 2003 silam. Berhubungan dengan pembaruan, kini di tahun 2018 ini Toyota telah menghadirkan kembali sedan buatannya tersebut dengan konsep desain sedan masa kini. Bahkan, jika dilihat secara detail, Toyota Vios model baru ini wajahnya sama dengan saudara kandungnya, yaitu Yaris Facelift 2018, beda dengan Yaris dan Vios pada model sebelumnya yang perbedaan desainnya begitu mencolok. Bentuk wajah ini sendiri mengadaptasi dari model Yaris Ativ yang sudah diperkenalkan sebelumnya di Thailand dan juga di India. Selain itu, Toyota Vios facelift 2018 yang diperkenalkan di Tanah Air ini juga memiliki sejumlah fitur yang unggul dan canggih.

Toyota Vios

Terkait dengan pembaruan yang diterapkan pada Toyota Vios ini, sebagaimana dengan yang dilaporkan Paultan pada Kamis 14 Desember 2017, ada beberapa perubahan yang dilakukan Toyota pada mobil sedannya ini. Perubahan yang cukup tampak menonjol yaitu pada sisi desain eksteriornya, terutama pada bagian depan yang kini tampak lebih macho dan elegan dengan grille dan desain headlamp kekinian. Sehingga, membuatnya semakin terkesan begitu modern dan dinamis. Sementara itu, interiornya juga kini lebih mewah dengan konsep kabin modern yang lebih leluasa. Selain itu, performanya pun juga terbilang mumpuni mengingat Toyota Vios terbaru ini masih dibekali mesin yang sama dengan sebelumnya, yaitu mesin bertipe 2NR-FE 4 Silinder 1.5 liter. Tentu saja, dengan berbekal komponen tersebut maka dipastikan performa atau kinerja mesin dari sedan ini menjadi lebih gahar. Apalagi, beberapa fitur juga sudah turut serta dibenamkan untuk melengkapi kecanggihannya dalam bersaing dengan para kompetitornya. Nah, berikut Mas Sena akan ulas secara lengkap mengenai spesifikasi dan harga Toyota Vios model terbaru 2018 pada segmen-segmen di bawah ini.

Mobil Toyota Vios

Review Toyota Vios

Eksterior

Sedan Menengah dengan Konsep Desain yang Lebih Fresh dan Dinamis

Memang, pembaruan pada spesifikasi Toyota Vios ini diterapkan pada beberapa sektor, terutama pada sisi eksterior atau bodi fisiknya. Hal itu tentu juga disebabkan karena bodi eksterior pada sedan ini akan memberikan kesan awal kepada konsumen dan diharapkan dari situlah konsumen pun tertarik. Seperti yang dikatakan di atas, sekilas wujud dari Toyota Vios ini memiliki kesamaan dengan Yaris 2018. Dimana, perubahan itu tampak pada beberapa bagian. Pertama, dari sisi depan tampak grille model baru dengan konsep grille atas dibuat sipit sedangkan grille bawah tampak besar berpadu dengan bumper tipe Trapezoidal Shape. Sedangkan untuk lampu utama juga telah disematkan DRL LED dengan desain yang sedikit menyipit dan menajam. Sehingga, selain mampu memberikan penerangan maksimal, tentu membuat wajah sedan ini semakin terkesan gagah. Bahkan, kecanggihan pada mobil Toyota Vios ini juga tampak pada teknologi headlamp yang kini sudah dilengkapi dengan Multi Reflector HID dan fog lamp yang siap memberikan pancaran cahaya secara maksimal. Sementara itu, pada bagian samping dari Toyota Vios ini tampaknya tak banyak perbedaan dengan desain varian sebelumnya. Yang mana, terlihat velg sporty 15 inci dan 16 inci yang membuatnya terkesan lebih berwibawa. Sementara itu menginjak pada bagian belakang, tak memiliki banyak perbedaan dengan varian sebelumnya. Dimana, tampak stop lamp bergaya “Diamond Cut” modern sehingga memberikan kesan yang lebih lebar, mewah dan cukup menarik. Tentu saja, hal itu menjadi kelebihan tersendiri pada sisi eksterior yang diusung spesifikasi Toyota Vios.

Spesifikasi Toyota Vios

Interior

Sentuhan Interior Modern dengan Ruang Kabin Leluasa

Menginjak pada pembahasan berikutnya, Mas Sena akan mengulas interior pada spesifikasi Toyota Vios. Perlu untuk diketahui bahwa pada sektor interiornya ini, Toyota sebenarnya masih mengandalkan konsep interior yang sama, yaitu mengusung konsep Value Beyond Believe dengan material yang berkualitas. Sehingga, dipastikan bakal kesan tampilan interior yang cerah dan elegan. Detailnya, pada bagian dashboard depan, bisa ditelisik lebih jauh ada beberapa fitur yang disematkan pada dashboardnya. Antara lain seperti LCD touchscreen yang cukup lebar dengan beberapa pilihan menu fungsional. Bahkan, pada layar LCD tersebut akan menampilkan menu Audio Toyota Telematics System yang akan memberikan kemudahan pengguna ketika akan memainkan musik. Selain itu, di bawah layar sentuh Toyota Vios tersebut terdapat dua buah lubang AC dengan pengaturan digital. Tak hanya itu saja, pengaturan audio system pun juga turut serta dibenamkan sebagai media untuk memberikan hiburan sehingga pengguna bisa memutar musik kesukaan. Di samping itu, pada setir kemudianya sendiri mengadopsi gaya setir milik Toyota Altis yang membuatnya semakin terkesan mewah. Tak hanya itu saja, pada bagian setir kemudinya tersebut juga dilengkapi pula dengan audio switch sehingga dipastikan akan memudahkan pengemudi saat ingin melakukan pengaturan audio tanpa mengganggu pandangannya ke depan. Di lain sisi, pada bagian joknya sendiri juga tak kalah modern dan comfortable dengan material yang kulit berkualitas. Sehingga, akan membuat penumpangnya merasa nyaman ketika mendudukinya. Dengan begitu, tak ayal apabila sektor interior yang diusung spesifikasi Toyota Vios ini akan memberikan jaminan kenyamanan saat berkendara.

Spesifikasi Mobil Toyota Vios

Dimensi

Dimensi Pas Dilengkapi Kaki-Kaki yang Kokoh

Setelah kita tahu eksterior dan interiornya, kini ulasan spesifikasi Toyota Vios akan beranjak pada sisi dimensi bodinya. Jika berbicara tentang dimensi bodi, pastinya akan sangat berkaitan erat dengan desain eksteriornya mengingat dimensi di sini berpengaruh pada konsep desain yang akan ditampilkan. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, perlu diketahui bahwa meskipun mobil sedan ini telah mendapat pembaruan namun untuk dimensinya sendiri masih tetap sama dengan varian terdahulu. Dimana, memiliki dimensi 4425 x 1730 x 1475 mm dengan wheelbase 2550 mm dan berbobot 1100 Kg. Jika menilik dimensinya tersebut tentu saja wajar jika tampilannya tampak begitu lebih elegan dan modern. Sedangkan di satu sisi, Toyota Vios sendiri juga memiliki ground clearance setinggi 133 mm yang akan membuat mobil ini semakin mudah untuk diajak bermanuver di berbagai medan, terutama di jalan perkotaan yang padat. Tak sampai di situ saja, bahkan mobil yang memiliki kapasitas tangki bahan bakar hingga 42 liter ini juga sudah dilengkapi dengan kaki-kaki handal berkat suspensi MacPherson Strut dan Torsion Beam yang memiliki kemampuan dalam meredam setiap getaran ketika melalui jalan bergeronjal. Di samping itu, tak lupa juga Toyota Vios akan dilengkapi dengan velg sport yang lebih modern dengan ukuran 15 inci dan 16 inci (tipe tertinggi) berbalut ban 195/60. Sementara itu, guna menunjang keselamatan maka sedan model 2018 buatan Toyota ini bakal dibekali dengan rem Ventilated Disc dan Solid Disc. Menariknya, rem yang diusung spesifikasi Toyota Vios ini akan mengandalkan teknologi ABS yang dipastikan memberikan kualitas rem yang lebih sempurna.

Review Toyota Vios

Mesin

Performa Handal dengan Mesin DOHC 2NR-FE 1.5 liter Dual VVT-I Hasilkan Power Maksimal

Di sisi lain, kini pembahasan spesifikasi Toyota Yaris akan mengulas pada sisi permesinan atau dapur pacunya. Perlu diketahui bahwa mesin yang diusung mobil ini sebenarnya masih sama dengan model Vios sebelumnya. Nah, berhubungan dengan bidang permesinan tersebut, pada sedan Vios model terbaru kali ini akan dibekali mesin baru tipe 2NR-FE dengan 4 silinder 16 katup yang dilengkapi teknologi DOHC Dual VVT-i di mana memiliki kapasitas mesin yang mampu berkubikasi hingga 1496 cc atau 1.5 liter. Mesin tersebut akan dikawinkan dengan transmisi tunggal, yaitu berteknologi CVT with 7-speed sequential shift. Menariknya, kolaborasi antara mesin dan transmisi Toyota Vios tersebut pun diklaim bakal mampu memberikan semburan power maksimal hingga 107 Ps per putaran 6000 rpm serta torsi maksimum 14.4 per putaran 4200 rpm dengan Top Speed 170 Km/jam. Di samping itu, sedan ini juga akan mengandalkan sistem injeksi berupa Port Injection yang dipastikan sanggup mengatur konsumsi bahan bakar secara optimal sehingga akan membuatnya kian irit dan efisien. Dengan begitu, tak heran jika sektor mesin pada spesifikasi Toyota Vios ini menjadi sektor yang patut diunggulkan dan masih dipertahankan oleh pihak pabrikan.

Harga Mobil Toyota Vios

Fitur

Mengusung Fitur Canggih dan Fungsional

Sementara itu di satu sisi, tak lupa juga Mas Sena mengulas fitur pada spesifikasi Toyota Vios. Dimana, dalam hal ini memang sedan dengan desain dan model baru buatan Toyota yang satu ini memiliki sejumlah fitur unggulan yang sangat fungsional. Memang, sekilas tak banyak yang diperbarui dari sisi fitur pada sedan ini. Di antaranya yaitu fitur keselamatan yang masih bertahan dengan rem berteknologi ABS, EBD, dan BA serta Hill Start-Assist demi menjaga sistem pengereman menjadi kian sempurna. Selain itu, untuk melindungi pengemudi maupun penumpang ketika terjadi kecelakaan atau benturan maka Toyota Vios pun dilengkapi dengan SRS Airbags. Tak sampai di situ saja, Toyota Vios juga telah dilengkapi dengan beberapa fitur entertainment yang cukup handal. Di antaranya seperti layar sentuh LCD dengan beberapa menu pilihan entertainment audio yang bisa digunakan sebagai media dalam memainkan musik kesukaan. Di sisi lain, kenyamanan dalam kabin sedan ini juga terjamin berkat AC Auto dengan indikator pengaturan digital, pengaturan kecepatan blower, pengatur temperatur ruangan, pengatur aliran udara AC Dual Zone Autoclimate, tombol kontrol ON/OFF AC, Auto Switch, Destrosfer Switch dan kontrol udara masuk yang memberikan kemudahan pengaturan dalam menyejukkan kabin Toyota Vios sesuai dengan suhu yang diinginkan. Dengan kecanggihan fitur spesifikasi Toyota Vios tersebut maka secara tak langsung akan membuat para konsumen kian tertarik untuk memilikinya.

Spesifikasi Toyota Yaris

Mesin
Tipe Mesin In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder (Cc) 1,496
Diameter X Langkah (Mm) 72.5 x 90.6
Daya Maksimum (Ps/Rpm) 107 / 6,000
Torsi Maksimum (Kgm/Rpm) 14.3 / 4,200
Sistem Pemasukan Bahan Bakar Fuel Injection
Dimensi
Panjang (mm) 4,425
Lebar (mm) 1,730
Tinggi (mm) 1,500
Jarak Poros Roda (mm) 2,550
Sasis
Transmisi
  • 7-Speed CVT (E CVT, G CVT)
  • 5-Speed M/T (E M/T, G M/T)
Suspensi Depan Macpherson Strut
Suspensi Belakang Torsion Beam
Rem Depan
  • 14″ Ventilated disc (E CVT, E M/T)
  • 15″ Ventilated disc (G CVT, G M/T)
Rem Belakang
  • Drum (E CVT, E M/T)
  • 15″ Solid disc (G CVT, G M/T)
Ukuran Ban
  • 185/60 R15 (E CVT, E M/T)
  • 195/50 R16 (G CVT, G M/T)

Harga Toyota Vios

Beralih ke pembahasan selanjutnya, pada segmen ini Mas Sena saatnya mengulas harga Toyota Vios. Tetapi, sebelum jauh melangkah ke sana, perlu diketahui kembali terkait dengan beberapa keunggulan yang dimiliki sedan ini. Pertama, perlu untuk diketahui bahwa Toyota Vios ini merupakan sedan model 2018 buatan Toyota yang hadir dengan tampilan desain terbaru yang lebih macho dan elegan layaknya Yaris 2018. Selain itu, interiornya juga sangat mewah dengan kelengkapan fitur canggih yang begitu fungsional. Sehingga, akan menjamin kenyamanan dalam berkendara. Di samping itu, performanya sendiri juga handal berkat mesin DOHC 1.5 liter yang bertransmisi CVT 7 percepatan. Lalu, fitur-fitur keselamatan maupun kenyamanannya juga turut disertakan pada sedan ini. Lalu, dengan kehandalannya tersebut, berapa sih harga Toyota Vios untuk model 2018 terbaru ini?

Harga Toyota Vios

Harga Toyota Vios Terbaru

Kaitannya dengan harga Toyota Vios, tentu saja menjadi topik yang kawan-kawan tunggu bukan? Jangan khawatir kawan, sejak pihak TAM resmi meluncurkan New Vios 2018 pada hari Selasa, 3 April 2018 kemarin, pihak TAM sekaligus juga telah mengumumkan banderolnya. Dimana, dalam keterangan resminya tersebut dikatakan bahwa harga Toyota Vios dijual dengan harga mulai dari 291,1 juta hingga 326 juta. Kisaran tersebut tentu saja juga didasarkan atas beberapa pertimbangan, yaitu spesifikasi maupun segmentasinya. Tentu saja, dengan harga Toyota Vios yang cenderung masih sedikit mahal tersebut hanya beberapa golongan saja yang berduit yang mampu membelinya.

Harga Toyota Vios

Tipe Harga
Toyota Vios E M/T Rp. 291.000.000,-
Toyota Vios E CVT Rp. 304.100.000,-
Toyota Vios G M/T Rp. 309.900.000,-
Toyota Vios G CVT Rp. 326.000.000,-
Daftar Harga Mobil Toyota

Catatan : 

  • Harga mobil Toyota Vios diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Toyota Vios

Di lain sisi, tak lupa juga bahwa harga Toyota Vios yang disebutkan di atas merupakan harga dengan status OTR untuk wilayah Jakarta saja. Jadi tak menutup kemungkinan juga pada waktu-waktu tertentu masih bisa berubah, terutama di daerah luar daerah OTR Jakarta, sudah pasti harganya berbeda. Di samping itu, model sedan terbaru ini juga diklaim bakal menjadi penantang bagi Honda City  yang terakhir mendapatkan versi facelift pada tahun 2017 silam, dan Suzuki Ciaz, walaupun nama terakhir agaknya tak mendapatkan respon yang baik di Indonesia. Tentu menjadi pertarungan yang cukup sengit. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Toyota Vios.  Jangan lupa baca juga informasi lainnya mengenai Toyota Camry dan Honda Accord.

Top