Daya Beli Masyarkat Turun, Mitsubishi Masih Optimis

Tahun 2019, Mitsubishi Targetkan Penjualan Capai 150 Ribu Unit – Agaknya, penjualan kendaraan, terkhusus di segmen mobil pada tahun 2019 ini masih belum menunjukkan adanya trend yang positif. Tak hanya itu aja, bahkan fakta ini mendorong pihak Gaikindo pun melakukan perubahan terkait dengan target penjualan yang awalnya 1.1 juta di tahun 2019 menjadi 1 juta unit. Hal ini diyakini memang ditengarai karena melemahnya daya beli masyarakat.

Selain itu, merosotnya angka penjualan pasar otomotif nasional secara keseluruhan tersebut juga langsung berpengaruh pada PT MMKSI selaku agen pemegang merk penjualan mobil Mitsubishi di Tanah Air. Dimana, untuk saat ini penjualan pabrikan asal Jepang yang satu ini masih didominasi oleh dua jagoannya, yakni Xpander dan Pajero Sport.

Tahun 2019, Mitsubishi Targetkan Penjualan Capai 150 Ribu Unit

“Jadi, untuk Januari sampai Agustus Pajero Sport masih mendominasi 69 persen, Xpander 28 persen atau 44 ribuan,” ungkap dengan jelas Deputy Group Head of Planning & Communication Group PT MMKSI, Intan Vidiasari, saat ditemui di Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT), beberapa waktu lalu.

Selain itu, Intan sendiri juga sempat mengungkap secara terbuka bahwa memang untuk tahun 2019 ini grafik penjualannya terbilang sangat menantang sekali. Bukan tanpa alasan mengingat prediksi bahwa nantinya penjualan mobil akan kembali normal setelah pemilu agaknya tak menjadi kenyataan. Ini menunjukkan bahwa indikasi adanya penurunan penjualan tak berarti melulu karena soal pemilu saja.

“Kami di internal juga sempat mendiskusikan, apa perlu koreksi market share atau target share. Namun, belum ada keputusan, dan tetap dengan target sebelumnya,” tegas Intan.

“Tapi biasanya, akhir tahun masyarakat akan menunggu program penjualan dari APM. Biasanya, penutupan tahun ada program agar stok kendaraan dihabiskan. Karena juga awal tahun ada perubahan harga (biasanya),” pungkasnya.

Di satu sisi, pihak Mitsubishi sendiri juga sampai saat ini masih terus melakukan peningkatan penjualan dengan optimisme tinggi. Sehingga, tak heran meski daya beli masyarakat menurun, Mitsubishi tak terlalu khawatir.

Top