Penjualan Merosot, Daihatsu Belum Mau Kasih Diskon

Daihatsu Masih Enggan Beri Diskon – Sebagai produsen mobil, apapun yang terjadi, meski pasar lesu dan daya beli mulai melemah, tetap saja penjualan mobil harus tetap berjalan. Biasanya, pihak pabrikan akan memberikan potongan harga yang menggoda agar konsumen tertarik untuk membeli mobil.

Namun, agaknya bagi pihak Daihatsu, hal tersebut masih belum menjadi rencana atau strateginya. Tanggapan tersebut diketahui langsung melalui penjelasan yang disampaikan oleh Amelia Tjandra selaku Direktur Pemasaraan ADM yang menyebut bahwa untuk saat ini, pihaknya belum memandang bahwa pemberian potongan harga (diskon) sebuah prioritas sebagai pendongkrak penjualan.

Daihatsu Masih Enggan Beri Diskon

“Cek saja diskon Daihatsu lebih rendah dari merek lain,” ungkap Amelia di peluncuran web series Pergi Pagi Pulang Untung (P3U), di Jakarta pada Senin (7/10/2019).

Bukan tanpa sebab, hal ini memang sengaja dilakukan oleh Daihatsu untuk menghindari adanya perang diskon yang justru memberikan dampak pada pasar yang tidak sehat. Adanya mega diskon, memang bakal mendorong konsumen untuk membeli mobil namun hal tersebut akan memicu masalah lain, yaitu tak lain dan tak bukan akan adanya persaingan yang kurang sportif di tengah kondisi pelemahan daya beli mobil yang saat ini sedang terjadi di Indonesia.

“Karena kami mengangap nantinya jika dipaksakan akan mendapat kustomer yang tidak sehat. Kalau tidak sehat akibatnya mobil yang ditarik banyak, kalau tarikannya banyak nonperforming loan (NPL) tinggi dan perusahaan pembiayaan rugi,” kata Amel.

Tak sampai di situ saja, bahkan dalam kesempatan lain, Amelia juga sempat memberikan penjelasan bahwa jika perusahaan pembiayaan rugi maka leasing tidak punya dana untuk membiayai konsumen yang ingin membeli mobil baru dengan cara kredit. Padahal saat ini pembelian kredit merupakan opsi paling banyak dipilih.

“Kalau leasing rugi dia tidak bisa membantu penjualan mobil baru, itu sama saja gulung-gulung masuk ke lubang. Daihatsu tidak mau, kami inginnya kalau kita memang memberikan diskon sewajarnya dan dapat kustomer yang semampunya,” katanya.

Terlepas dari itu, Daihatsu sendiri saat ini mulai terperosok. Bahkan, Xenia dan Sigra yang jadi andalannya pun masih belum mampu mendongkrak penjualannya sesuai target yang ditentukan.

Top