Suzuki Lakukan Uji Tabrak Wagon R

Suzuki Wagon R India Jalani Uji Tabrak Keselamatan – Beberapa waktu yang lalu, tersiar kabar bahwa Maruti Suzuki India telah melakukan uji tabrak untuk Suzuki Wagon R guna mendapatkan sertifikasi keselamatan. Uji tabrak tersebut dilakukan oleh pihak NCAP yang mana uji tabrak tersebut sebagai salah satu program kampanye New Car Assessment Programme bertajuk #SaferCarsforIndia.

Namun, satu yang sangat disayangkan bahwa Maruti Suzuki Wagon R sendiri mendapatkan nilai dua bintang dari lima bintang. Ini menunjukkan bahwa Wagon R terindikasi memiliki tingkat keselamatan yang sangat minim sekali.

Suzuki Wagon R India Jalani Uji Tabrak Keselamatan

Memang, varian Wagon R yang diuji adalah tipe terendah. Dimana, beberapa fitur pun masih sangat standar dan sangat minim. Bahkan, beberapa kelengkapan yang berkaitan dengan keselamatan juga dinilai minim, seperti kantung udaranya yang hanya pada bagian pengemudi serta sabuk pengaman juga hanya seadanya.

Di sisi lain, Suzuki Wagon R pun juga sudah dibekali dengan sistem load limiter. Dengan kata lain bahwa safety belt tersebut tak memberikan penguncian secara otomatis ketika terjadi kecelakaan. Fitur ini merupakan fitur exclude yang mana jika menginginkan fitur ini maka konsumen harus menebusnya dengan tambahan harga 7000 rupee (1.3 jutaan).

Selain itu, secara performa mesinnya sendiri, memang Wagon R sendiri bukan merupakan mesin berperforma tinggi. Pasalnya, mobil ini mengusung mesin 1000 cc yang diklaim mampu memberikan semburan power hingga 67 Tk. Walaupun demikian namun Wagon R sendiri masih belum bisa dikatakan mobil yang “aman”. Sebab, hasil uji tabraknya pun hanya mendapatkan dua bintang dan rangkanya sendiri dinilai usntable olh pihak NCAP.

Ini merupakan spesifikasi Wagon R terendah di India. Namun, jika masuk ke Indonesia, Wagon R akan membawa sejumlah fitur yang lebih kompleks.

Top