Tips dan Cara Membersihkan Filter Udara Mobil

Semisena.comCara Membersihkan Filter Udara Mobil – Tenntunya adna sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Filter udara. Bagian ini berfungsi sangat penting yakni sebagai penyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Udara yang berkualitas dapat meningkatkan performa mesin baik tenaga maupun umur hidup mesin, udara berkualitas baik yang dimaksud adalah udara yang bersih tanpa kotoran atau debun dan udara dengan suhu yang dingin.

Tips dan Cara Membersihkan Filter Udara Mobil

Bagi anda yang belum mengetahui tentang filter udara mobil kami akan menjelaskan sedikit dan bagian yang penting. Untuk mendapatkan udara yang dingin maka mobil harus dilengkapi dengan pipa CAI, yakni semacam pipa yang berfungsi mengambil udara dingin dari bawah dan sekaligus juga membuat lebih dingin lagi sebelum masuk filter. Untuk mendapatkan udara dingin ini pangkal pipa CAI harus ditempatkan serendah mungkin dengan tanahbiasanya dipasang oleh ahli sehingga rapi.

Advertisement

Pertemuan kali ini semisena.com berupaya ingin memberikan kepada pecinta otomotif tentang membersihkan filter udara mobil  tersebut. Untuk perawatan saringan atau filter udara mobil ini tidak terlalu sulit yakni dengan sebisa mungkin membersihkan filter udara yang telah kotor sehingga tidak menghambat udara yang akan masuk, hal ini juga mencegah masuknya debu pada ruang bakar.

Cara Membersihkan Filter Udara Mobil

  • Membersihkan filter udara bisa dilakukan dengan cara penyemprotan menggunakan kompresor maupun dengan mencuci filter udara, untuk pembersihan dengan kompresor cukup mudah yakni tinggal melepas elemen filter udara dari rumah filter udara dan menyemprot elemen dengan angin dari kompresor sampai bersih lalu memasang kembali elemen filter pada rumah filter.
  • Jika membersihkan dengan cara mencuci harus hati-hati, karena banyak filter udara berbahan karton jadi mudah rusak apabila di cuci.
  • Lepas elemen filter udara lalu masukkan dalam campuran shampo dengan air, rendam 2 menit lalu goyang-goyangkan agar kotoran rontok.
  • Jangan terlalu lama dalam mencuci ataupun merendam elemen filter udara karena elemen bisa rusak, setelah dirasa bersih keringkan di tempat yang berangin dan teduh, jangan dijemur di terik matahari.

Tips membersihkan dan mengganti filter udara dengan yang baru sebaiknya dilakukan dengan waktu yang tepat. Umumnya tergantung dari penggunaan mobil pada medan-medan tertentu, tetapi jika digunakan di perkotaan filter udara karton atau kertas dibersihkan dengan cara penyemprotan kompresor tiap 1000 kilometer dan diganti tiap 5000 kilometer. Sedangkan filter udara yang berbahan busa bisa lebih lama yakni 15.000 kilometer baru diganti, untuk pencucian sama yakni tiap 1000 kilometer.

Patokan jarak tempuh untuk pencucian filter udara ini tentunya tidak berlaku untuk mobil-mobil yang fungsinya pada medan-medan berdebu seperti mobil jelajah, offroad, mobil proyek dan lain-lain. Mobil tipe ini silahkan melakukan riset dengan mengecek filter udara, jika menemui filter yang kotor maka bisa dibersihkan. Mungkin samapai disini dulu pertemuan kita tentang cara membersihkan filter udara mobil, temukan juga Tips Merawat Cat Mobil.

Top