Royal Enfield 500 cc Bakal Disuntik Mati, Benarkah?

Tak Sesuai Standar Emisi, Posisi Royal Enfield 500 cc Terancam – Belum lama ini, tersiar sebuah rumor yang menyebut bahwa Royal Enfiel 500 cc akan segera disuntik mati. Menurut beberapa rumor yang meruak, hal ini dilakukan karena belum sesuai standar emisi. Tentu saja, hal tersebut tak cukup menjadi alasan yang kuat.

Di sisi lain, ada alasan yang cukup menguatkan jika motor klasik ini disuntik mati. Dimana, penjualannya yang tak terlalu banyak dan pengembangan mesin baru yang membutuhkan biaya besar, tentunya jadi salah satu alibi kuat apabila Royal Enfield 500 cc tersebut tak diproduksi lagi.

Tak Sesuai Standar Emisi, Posisi Royal Enfield 500 Cc Terancam

Tak cukup hanya itu saja, bahkan menurut sumber lain yang dikutip dari Livermint, salah seorang yang enggan menyebutkan identitas dirinya namun mengetahui informasi dalam perusahaan mereka, menyebut bhawa mesin push rod untuk varian kapasitas 350 cc maupun 500 cc sebenarnya masih belum bisa memenuhi standar emisi baru, dalam hal ini untuk pasar India.

“Untuk versi 350 cc memang sanggup menyumbang penjualan paling besar. Makanya ada rencana pengembangan mesin baru agar bisa memenuhi standar. Tapi tidak untuk yang 500, salah satu harus dihapus,” katanya.

Adanya pernyataan dari “orang dalam” tersebut lalu direspon oleh juru bicara Royal Enfield India. Hanya saja, pernyataannya masih terkesan belum mau terbuka soal Royal Enfield 500 cc ini.

“Kami memang sedang bermigrasi ke sana, mengikuti peraturan yang dibuat pemerintah. Proses transisi bakal dilakukan sesuai sisa waktu yang ada (April 2020). Namun kami tidak bisa mengomentari berita spekulatif itu. Soal produk dan kebijakan baru, diumumkan jika waktunya sudah tepat,” ucapnya.

Di samping itu, reputasi Royal Enfield berkapasitas mesin 500 cc sendiri juga dinilai masih belum terlalu mendapat respon positif di India. Sehingga, tak heran jika rumor soal suntik mati Royal Enfield tersebut semakin menguat.

Top