PT AHM Optimis Bisa Jual 4.8 Juta Unit Motor

Penjualan Motor Melambat, PT AHM Tetap Optimis – Di tengah lesunya pertumbuhan pasar otomotif nasional, agaknya di akhir tahun 2019 ini, ada sedikit peningkatan penjualan sepeda motor yang dialami oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Ini tentu menjadi sebuah kabar positif bagi pihak Honda.

Pasalnya, tercatat dengan jelas bahwa jika melihat data yang ada, menunjukkan jika selama Januari hingga Oktober 2019, PT AHM sudah menjual sebanyak 4.1 juta unit sepeda motor. Dimana, skutik adalah jenis sepeda motor yang mendominasi penjualannya.

Penjualan Motor Melambat, PT AHM Tetap Optimis

“Dibanding periode yang sama tahun lalu, kita tumbuh emat persen. Paling mendominasi tetap skuter matik (skutik), naik sekitar tujuh persen,” demikian jelas Direktur Marketing PT AHM, Thomas Wijaya, di sela-sela gelaran Honda Bikers Day (HBD) 2019, di Ambarawa, Jawa Tengah pada Sabtu (0/11/2019).

Selain skutik, Thomas memperjelas bahwa segmen lain, yakni motor bebek atau motor sport justru menunjukkan adanya grafik penjualan yang menurun. Tentu saja, hal tersebut menjadi sebuah fakta yang perlu adanya evaluasi di tengah lesunya penjualan sepeda motor di skala nasional.

“Bebek turun delapan persen. Kalau yang sport malah turut banyak sampai 17 persen,” tegas Thomas.

Di sisi lain, dengan adanya jumlah penjualan unit sebanyak 4,1 juta sampai Oktober 2019 tersebut, PT AHM masih optimis dan punya target bahwa tahun 2019 bisa mencaai antara 4.7 unit hingga 4.8 juta unit.

Sementara itu, adanya penurunan penjualan motor bebek dan motor sport, sepertinya pihak PT AHM tak terlalu mempermasalahkan hal tersebut. Menurut Thomas, saat ini justru konsumen lebih senang membeli kendaraan roda dua yang memiliki nilai kepraktisan tinggi namun fungsonal, apalagi di daerah perkotaan yang rawan macet.

“Terus juga, itu (skutik) bisa juga dipakai tidak hanya untuk individu, tapi juga keluarga. Sepeda motor matik itu mudah, mau dipakai pria atau wanita bisa. Jadi, kami melihat perubahan konsumen itu matik disukai karena hal tersebut. Ya jadi wajar saja,” pungkasnya.

Top