Spesifikasi dan Harga Toyota Fortuner Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Toyota Fortuner –  Sejak kedatangannya pertama kali pada tahun 2005 yang lalu untuk mengisi segmen mobil Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia, Toyota Fortuner tak butuh waktu lama untuk menjadi idola di kelas high SUV. Dengan tampilan dan gagah dan lahir dari pabrikan otomotif ternama, Fortuner menawarkan nuansa real SUV kepada masyarakat Indonesia yang gemar akan kendaraan tangguh untuk segala medan, dan pastinya nyaman untuk bepergian bersama keluarga. Terbukti dari data penjualan, Toyota Fortuner berhasil menjadi pemimpin pasar di kelasnya sepanjang tahun 2015. Kini demi memantapkan posisinya di pasaran SUV Tanah Air, PT Toyota Astra Motor (TAM) telah merilis generasi terbaru dari SUV andalannya, bertajuk All New Fortuner. Generasi baru Toyota Fortuner ini menjadi sajian pembuka yang begitu ‘lezat’ di pembuka tahun 2016. Kehadiran All New Fortuner ini semakin melengkapi line-up Toyota di kelas high-class vehicle yang sebelumnya juga sudah kehadiran All New Kijang Innova, yang dirilis akhir tahun 2015 yang lalu. Mengusung tema ‘Leading the World’ plus embel-embel ‘All New’ di depan namanya, Toyota Fortuner kini benar-benar hadir dengan penyegaran menyeluruh di bagian initerior dan eksterior yang berkonsep ‘Stylish and Confidence’. Konsep desain baru pada All New Toyota Fortuner ini memiliki nuansa yang lebih segar, semakin stylish, dan tentunya semakin gagah.

toyota fortuner

Hadir sebagai pengisi segmen high SUV, All New Toyota Fortuner membawa desain yang benar-benar baru. Kali ini All New Fortuner tampil dengan desain lebih gagah dengan menganut desain ‘New Tough and Bold Design’. Tak seperti generasi lawasnya yang terlihat lebih sederhana, pada All New Toyota Fortuner ini kita akan menjumpai sesosok SUV yang berdesain lebih mewah dan berkelas. Perombakan juga tersaji pada desain lampu depan yang kini terlihat lebih slim disertai dengan perubahan aksesoris pada bodinya. Sementara untuk sektor dapur pacunya, All New Toyota Fortuner kali ini sudah membawa spesifikasi mesin yang benar-benar baru dengan dua pilihan mesin berbeda. Untuk Indonesia, All New Fortuner akan dipasarkan dengan mesin berkode 2TR Dual VVT-i bensin berkapasitas 2,7 liter, dan mesin 2GD-FTV diesel berkapasitas 2,4 liter. Sebagai sajian istimewa, Toyota pun kini memiliki dua pendatang baru, yakni Toyota Fortuner tipe VRZ dan juga SRZ yang akan melengkapi line-pu Fortuner tipe G. Toyota mengklaim, bahwa generasi baru Fortuner ini memiliki daya atau tenaga yang lebih besar. Hal ini pastinya akan membuatnya tangguh untuk melibas jalanan yang konturnya tak begitu baik. Apalagi, Fortuner pun juga dikenal sebagai SUV dengan kualitas suspensi yang begitu baik. Paduan mesin bertenaga dan suspensi ekstra nyaman ini pastinya membuat Toyota Fortuner tak hanya asyik saat diajak melibas medan bergelombang, namun juga akan memberikan kenyamanan tingkat tinggi saat diajak melenggang di jalanan yang mulus. Sekilas, All New Fortuner ini memang menawarkan sesuatu yang baru. Perpaduan antara desain elegan yang semakin gagah, didukung mesin baru yang bertenaga serta desain interior super nyaman, pastinya akan menjadi nilai lebih pada All New Fortuner ini. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Toyota Fortuner yang Mas Sena sajikan khusus untuk anda semua.

mobil toyota fortuner

Spesifikasi All New Toyota Fortuner

Desain Eksterior Semakin Gagah dan Stylish Berkat Konsep New Tough anda Bold Design

Pada segmen pertama, Mas Sena akan mengulas sisi eksterrior dari spesifikasi Toyota Fortuner yang menampilkan cukup banyak perubahan. Jika kita amati secara detail, untuk desain tampilan All New Fortuner kali ini memang membawa nuansa yang benar-benar baru dibandingkan generasi sebelumnya. Tak salah jika lewat konsep desain ‘Stylish and Confidence’ yang dibawanya, mobil All New Toyota Fortuner tampil lebih mewah dan berkelas. Hal tersebut tampak dari lekuk bodi dan konsep grill yang lebih fresh, serta lampu kabut yang kini tampil lebih elegan. Mulai dari lampu depannya, All New Fortuner berhasil tampil lebih modis dengan desain headlamp berteknologi Bi-Beam Hi Tech LED Projector yang  lebih slim dari versi sebelumnya. Headlamp-nya sendiri sudah terintegrasi dengan DRL dan Auto Leveling sehingga tidak menyilaukan mata pengendara yang berada di depannya. Selain itu, All New Toyota Fortuner juga tampak semakin garang berkat desain prominent front grill yang dibuat lebih mencolok, lalu dipadukan dengan foglamp berdimensi besar yang sekilas terlihat agresif. Beralih pada bagian body samping, All New Toyota Fortuner terlihat cukup gagah dan maskulin dengan model kaca belakang yang menyempit ke belakang. Garis body juga minimalis sebagaimana tampilan SUV kebanyakan. Terakhir untuk bagian body belakang, kini juga dirancang lebih dinamis dengan LED Tailigiht model baru berdesain tajam yang berhasil membuat All New Toyota Fortuner tampil lebih bergaya dan berani keluar dari desain khas Fortuner sebelumnya. Dengan desain body beakang yang direancang lebih tinggi, All New Fortuner juga disematkan power back door yang bisa terbuka dan tertutup hanya lewat tombol. So, jika melihat desain eksterior dari spesifikasi All New Toyota Fortuner yang serba baru, tentunya akan membuat anda semakin percaya diri mengendarainya, sesuai dengan tagline ‘Stylish and Confidence’.

spesifikasi toyota fortuner

Kabin Ekstra Nyaman Didukung Fasilitas Interior Lengkap dan Mewah

Selanjutnya, pada segmen kedua ini kita akan membedah spesifikasi Toyota Fortuner di bagian interiornya. Seolah mengimbangi estetika sisi eksteriornya yang tampil lebih bergaya, Toyota juga turut memberikan penyegaran pada bidang interior generasi terbaru Fortuner ini. Dimulai pada dashboardnya, kini tampil lebih mewah dengan kombinasi material dan penataan panel yang lebih baik. Dengan diberi sentuhan aksen kayu, dashboard Toyota Fortuner memang tampak lebih eksklusif. Kabinnya yang didesain berwarna gelap masih cukup lapang dengan beberapa instrument panel yang harmonis layaknya mobil SUV masa kini. Selain itu, pada setir kemudi juga diberi sentuhan baru memiliki fitur steering switch, paddle shift and sequential, fotur Eco/Power Mode, rear Diff Lock, dan juga fitur paddle shift sehingga membuat pengemudi akan semakin dimanjakan oleh All New Toyota Fortuner ini. Kemudian, All New Fortuner untuk tipe tertentu juga sudah hadir dengan konsol meter model baru berukuran 4,2 inci TFT color yang mampu menampilkan informasi lewat MID dengan informatif. Bergerak ke bagian jok, Toyota Fortuner versi terbaru juga mengalami proses upgrade, dimana kini jok terasa lebih empuk, dan pada Fortuner tipe tertinggi juga sudah bermaterialkan full kulit yang mewah. Layaknya mobil modern masa kini, spesifikasi Toyota Fortuner juga sudah mendukung jok model ISOFIX dan semua jok telah tersedia sabuk pengaman. Untuk bagasinya juga cukup lega untuk menampung barang bawaan.

spesifikasi mobil toyota fortuner

Dimensi Besar Khas High SUV yang Siap Menaklukkan Segala Medan

Karena secara umum spesifikasi Toyota Fortuner merupakan kendaraan yang disegmentasikan sebagai mobil SUV, maka untuk dimensinya memang cukup bongsor. Umumnya mobil SUV merupakan mobil yang bisa digunakan untuk melibas berbagai medan atau kontur jalanan, dan All New Fortuner sudah memenuhi kriteria tersebut. Untuk dimensinya, All New Toyota Fortuner kali ini membawa ukuran panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mmx dan tinggi 1.835 mm. Ukuran tersebut memang cukup bongsor, bahkan apabila kita komparasikan dengan generasi Fortuner lawas, SUV terbaru ini kali ini terlihat lebih gambot. Sementara untuk ground clearance yang dimilikinya juga tinggi, sehingga anda tak akan menemui hambatan saat melewati tekstur jalan terjal berbatu. Dengan dimensi yang dimilikinya tersebut, All New Toyota Fortuner memang layak jika disebut sebagai kendaraan multipurpose. Sementara itu sebagai kendaraan SUV yang dituntut memberikan performa stabilitas tinggi, All New Fortuner kali ini juga sudah dijejali dengan spesifikasi suspensi berkelas, yaitu Double Wishbone dengan Koil Spring and Stabilizer untuk bagian depan dan suspensi bersistem 4-Link dengan Lateral untuk bagian belakang. Kombinasi dua suspensi pada Toyota Fortuner ini sudah terjamin untuk memberikan performa yang maksimal dalam berkendara. Sedangkan pada bagian kaki-kaki, kini All New Fortuner juga tampil lebih gagah lewat velg 18 inci yang dibalut ban berukuran 265/60. Jika diamati untuk sektor kaki-kakinya ini, spesifikasi Toyota Fortuner telah mengalami upgrade dengan pemilihan velg double spoke 18 inci. Namun ukuran velg ini hanya ada pada tipe VRZ dan SRZ. Sementara Fortuner tipe G masih menggunakan ban dan velg 265/65 R17.

Advertisement

Wajah Baru Tipe SRZ dan VRZ Lengkapi Line-up All New Fortuner yang Lebih Bertenaga

Jika berbicara mengenai spesifikasi Toyota Fortuner yang mengalami perombakan paling signifikan, maka Mas Sena akan menjawab sektor mesinnya. Karena untuk yang satu ini, seperti generasi All New Kijang Innova dan All New Toyota Hilux, untuk All New Fortuner juga membawa perombakan besar-besaran di bagian mesinnya. Untuk sektor jantung dapur pacunya, All New Toyota Fortuner akan hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin Diesel 2.4L VNT berkapasitas 2.393cc dan mesin bensin 2.7L Dual VVTi berkapasitas 2.694cc. Untuk mesin dieselnya, All New Fortuner mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 149,6 Ps pada putaran 3.400 rpm dan torsi puncak 40,81 Kgm pada putaran 1.600–2.000 rpm. Sedangkan pada mesin bensinnya, All New Toyota Fortuner sanggup muntahkan daya 163 Ps pada putaran 3.400 rpm dan torsi 24,7 pada putaran 4.000 rpm. Perbedaan selanjutnya, untuk mesin diesel All New Fortuner disematkan suplai bahan bakar Common Rail Type, sementara untuk mesin bensinnya sudah menggunakan sistem suplai bahan bakar Fuel Injection. Berdasarkan klasifikasi mesinnya, All New Toyota Fortuner memang akan ditawarkan menjadi beberapa varian, antara lain All New Fortuner dengan mesin bensin dan juga diesel berpenggerak 4×4 atau 4×2. Masing-masing mesin terbaru pada All New Toyota Fortuner memiliki karakteristik berbeda-beda. Untuk mesin dieselnya yang berkode GD sudah dijejali dengan teknologi pembaruan yang baru, diklaim mampu menghasilkan tenaga optimal namun tetap irit bahan bakar. Sedangkan untuk karakteristik mesin All New Fortuner bensin berkode 4TR memiliki akselerasi yang responsif dengan peningkatan tenaga dan juga irit bahan bakar. Baik tipe manual atau otomatis, spesifikasi Toyota Fortuner generasi baru ini akan digerakkan oleh transmisi transmisi 6-percepatan.

Fitur Lengkap untuk Mendukung Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

Sampailah pembahasan Mas Sena untuk spesifikasi Toyota Fortuner di bagian akhir, yaitu fitur penunjang. Dimana sebagai model kendaraan masa kini, fitur penunjang kenyamanan, keamanan, dan keselamatan harus disematkan agar bisa menjadi pilihan konsumen. Untuk fitur kenyamanannya, kali ini All New Toyota Fortuner sudah selangkah lebih maju dengan segudang fitur yang dimilikinya, antara lain sistem audio terbaru yang sudah berukuran 8 inci, Toyota Move, Navigation, dan Mirror Cast. Fitur yang terakhir ini merupakan fitur baru pada Toyota Fortuner yang dapat menampilkan display layar handphone pada layar head unit. Kemudian, ada juga fitur Auto AC dengan control digital yang bisa dikendalikan dari kursi kedua. Lantas ada fitur Air Gesture dan juga pengaturan jok model elektrik. Bahkan untuk All New Toyota Fortuner tipe SRZ dan VRZ sudah ada layar monitor tambahan yang ditempatkan pada plafon mobil untuk penumpang baris kedua. Lalu di depan kursi baris kedua, di bagian tengah juga tersedia soket untuk mengisi baterai smartphone dengan daya 12 volt dan lengkap dengan tempat menyimpan smartphone. Sementara untuk fitur keselamatannya, kabin Toyota Fortuner juga sudah lengkap dengan fitur Triple SRS airbag dan juga Isofix atau jok tempat bayi. Lalu pada bagian pengeremannya sudah dilengkapi dengan fitur ABS danjuga  EBD. Tak lupa, All New Toyota Fortuner juga dibekali dengan fitur Vehicle Stability Control untuk tipe 4×4 VRZ, Trailer Sway Control untuk tipe 4×4 VRZ, Emergency Brake Signal, A-TRC/ Active Traction Control, serta Hill Start Assist yang kini mulai menjadi fitur kendaraan standar global. Lalu ada juga fitur peringatan lampu hazard yang otomatis menyala, baik lampu depan dan lampu belakang, saat pengemudi melakukan pengereman secara mendadak untuk Fortuner tipe 4×4 VRZ. Terakhir untuk melengkapi spesifikasi Toyota Fortuner pada fitur keamanannya juga terdapat fitur rear parking camera dan all around sensor, serta antena berbentuk sirip hiu.

Toyota Fortuner

Tipe 2.4 G A/T 2.4 G M/T 2.4 G 4×4 A/T 2.4 VRZ A/T 2.4 VRZ 4×4 A/T 2.7 SRZ A/T
Mesin
Tipe Mesin Diesel 2.4L VNT Gasoline 2.7L Dual VVTi
Isi Silinder 2.393cc 2.694cc
Diameter x Langkah 92 x 90mm 95 x 95mm
Daya Maksimum 149,6 Ps/3.400 rpm 163 Ps/3.400 rpm
Torsi Maksimum 40,8 Kgm/1.600-2.000 rpm 24,7 Kgm/4.000 rpm
Sistem Pemasukan Bahan Bakar Common Rail Type Sistem Injeksi Bahan Bakar Elektronik / Electronic Fuel Injection
Bahan Bakar Diesel Bensin Tanpa Timbal
Kapasitas Tangki 80L
Sasis
Transmisi Otomatis 6 Tingkat Kecepatan / 6 Speed Automatic Manual 6 Tingkat Kecepatan / 6 Speed Manual Otomatis 6 Tingkat Kecepatan / 6 Speed Automatic Otomatis 6 Tingkat Kecepatan / 6 Speed Automatic Otomatis 6 Tingkat Kecepatan / 6 Speed Automatic Otomatis 6 Tingkat Kecepatan / 6 Speed Automatic
Suspensi Depan Double Wishbone dengan Koil Spring & Stabilizer / Double Wishbone with Coil Spring & Stabilizer
Suspensi Belakang 4-Link dengan Lateral Rod / 4-Link with Lateral Rod
Rem Depan 17” Ventilated Disc Brake
Rem Belakang Tromol dengan Leading-Trailing / Leading-Trailing Drum
Sistem Rem Tambahan ABS + EBD
Ukuran Ban 265/65 R17 265/60 R18
Dimensi
P x L x T 4.795 x 1.855 x 1.835mm
Jarak Poros Roda 2.745mm
Jarak Pijak 1.545mm

Harga Toyota Fortuner

Sesuai dengan segmentasinya di kelas SUV premium, banderol harga Toyota Fortuner generasi baru ini memang mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan versi sebelumnya. Namun sebelum kita lebih jauh berbicara mengenai banderol harganya, Mas Sena akan mengajak anda semua untuk kembali me-review sedikit mengenai pembahasan di bagian teknis tadi. Pada generasi barunya ini, Toyota Fortuner semakin menunjukkan kelasnya. Hadir dengan desain baru ‘tough anda bold’ yang diusung Toyota, kendaraan bergenre SUV ini semakin terlihat gagah dan elegan. Sentuhan baru pada bagian headlamp membuat All New Fortuner terlihat semakin gagah dengan tatapan lampu utama agresif. Kemudian, pada bagian jantung dapur pacunya, All New Fortuner kini hadir dengan mesin baru yang tersedia dalam dua pilihan, yaitu Diesel 2.4L VNT dan Gasoline 2.7L Dual VVTi. Lalu, banderol harga Toyota Fortuner pun juga akan dipengaruhi oleh fitur-fitur baru yang ada di dalam kabinnya, seprti misalnya fitur Toyota Move, Navigation, dan Mirror Cast, serta fitur display audio 8 inci. Apalagi, Toyota pun menghadirkan enam tipe All New Fortuner. Nah, berapa sajakah masing-masing harga Toyota Fortuner ini?

harga toyota fortuner

harga toyota fortuner terbaru

Dengan tujuan pangsa pasar high-class SUV, tentunya banderol harga Toyota Fortuner pun akan berada di atas harga medium SUV ataupun kendaraan jenis crossover. Dari informasi yang kami lansir dari laman resmi Toyota Astra Motor, banderol harga All New Fortuner paling rendah adalah sekitar Rp 442 jutaan, yakni untuk tipe G 2,4L dengan transmisi manual. Kemudian di atas tipe G 2,4 M/T ada Fortuner tipe G 2,4 A/T yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 460 jutaan. Selanjutnya, harga Toyota Fortuner tipe G 2,4 4×4 A/T dijual mulai Rp 557 jutaan. Sementara itu, dua tipe terbaru dari keluarga Fortuner, yaitu tipe SRZ dan VRZ dijual dengan harga yang cukup tinggi. Untuk All New Toyota Fortuner tipe VRZ 2,4 A/T dijual dengan harga Rp 494 jutaan. Namun untuk tipe VRZ 2,4 dengan penggerak roda 4×4 A/T, Toyota hingga kini belum mengumumkan harganya. Kabarnya, untuk tipe VRZ 4×4, konsumen harus memesannya terlebih dahulu. Terakhir, untuk harga Toyota Fortuner tipe SRZ 2,7 A/T, dibanderol dengan harga sekitar Rp 509 jutaan.

Harga Toyota Fortuner

Tipe Harga
Toyota Fortuner 2.4 G A/T Rp. 460.000.000,-
Toyota Fortuner 2.4 G M/T Rp. 442.000.000,-
Toyota Fortuner 2.4 G 4×4 A/T Rp. 557.000.000,-
Toyota Fortuner 2.4 VRZ A/T Rp. 494.000.000,-
Toyota Fortuner 2.7 SRZ A/T Rp. 509.100.000,-
Toyota Fortuner 2.4 VRZ 4×4 A/T To be confirmed
Daftar Harga Mobil Toyota

Untuk segmen pasar high SUV, banderol harga Toyota Fortuner ini sebenarnya masih cukup masuk akal. Memang, apabila dibandingkan dengan banderol harga versi lamanya, mengalami peningkatan cukup siginifikan. Sebagai contoh, untuk generasi lama Fortuner paling mahal adalah tipe V dengan transmisi otomatis yang dijual mulai harga Rp 530 jutaan. Sedangkan untuk harga Toyota Fortuner generasi 2016 ini, paling mahal adalah tipe G 4×4 dengan transmisi otomatis yang banderolnya mencapai Rp 557 jutaan. Berbicara soal pemasaran, sebenarnya strategi Toyota dalam memasarkan Fortuner memang cukup jitu. Dengan hadirnya dua tipe terbaru, yakni Toyota Fortuner tipe SRZ dan juga VRZ, tentunya konsumen akan semakin dimanjakan dengan pilihan-pilihan SUV terbaik di kelasnya. Selama ini, Fortuner sendiri memang menjadi salah satu market leader di pangsa big-size SUV. Dengan kuatnya marketing dari PT Toyota Astra Motor, serta didukung oleh lengkapnya layanan aftersales, tentunya Fortuner akan semakin mengukuhkan dirinya sebagai penguasa segmen SUV di Tanah Air. Ditambah dengan pilihan harga Toyota Fortuner dan tipenya yang semakin beragam, pastinya pula ini akan semakin memudahkan konsumen setianya. Nah, kini pilihan kembali ke tangan anda. Siap menikmati sensasi berkendara penuh tantangan dan berkelas bersama Toyota All New Fortuner? Baca juga ulasan Mas Sena lainnya mengenai Honda CR-V dan Mitsubishi Pajero Sport.

Top