Meski Potensial, Honda Belum Siap Hadirkan Sport-Retro

Honda Tegaskan Belum Akan Kembangkan Motor Sport-Retro – Motor sport retro dengan kapasitas mesin 250 cc agaknya memang kini sudah mulai banyak pilihannya. Beberapa pemain yang bermain di segmen tersebut antara lain seperti Kawasaki, Benelli, dan Yamaha. Ketiganya memang dikenal sebagai produsen yang tampaknya kini rajin mengembangkan motor retro-sport.

Sebagai informasi saja bahwa untuk motor retro-sport ini, dari Kawasaki ada beberapa model yang kini dijual. Antara lain W175, W175 Cafe, dan W175 TR. Sementara itu, untuk merk Benelli sendiri hadir dengan Motobi 200, Motobi 200 EVO, dan Motobi 152. Nah, sedangkan dari merk Yamaha, ada model anyarnya yang terbilang cukup menarik, yakni XSR 155.

Honda Tegaskan Belum Akan Kembangkan Motor Sport Retro

Dari beberapa pabrikan asal Jepang tersebut (Kawasaki dan Yamaha), agaknya Honda masih belum menunjukkan tanda-tanda untuk bermain di segmen motor retro-sport untuk Indonesia. Padahal, jika ditelisik, produsen berlogo huruf “H” ini sudah memiliki motor sport bergaya retro di Thailand.

Dimana, di Negeri Gajah Putih, Honda sudah menjual CB150ExMotion. Bahkan, pada pertengahan tahun 2019 lalu, pihak Honda Thailand pun juga sudah kembali menghadirkan motor ini dengan varian barunya, yaitu CB150R Streeter. Lantas, bagaimana respon PT AHM dalam menanggapi hal ini?

Tampaknya, untuk soal CB Series, PT AHM masih tetap mempertahankan CB150R StreetFire yang mana lebih memiliki konsep bodi agresif dengan desain yang terkesan tajam. Berbeda dengan CB150R ExMotion yang jutru cenderung lebih terkesan bergaya Neo Sport Cafe.

Meskipun demikian, namun Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya sendiri menyatakan bahwa pihak Honda Indonesia untuk saat ini masih terus melakuka berbagai survey guna mempelajrai berbagai peluang dari segmen motor kelas sport. Ini tentu juga dipengaruhi dengan minat pasar Indonesia.

“Kita melihat bahwa market dari naked dan full fairing masih signifikan cukup besar sampai saat ini kebutuhan konsumennya. Memang dari retro ada peningkatan, itu makanya kita masih amati dan pelajari,” ungkap Thomas, saat peluncuran Honda BeAT 2020, di Jakarta pada Kamis (16/1/2020).

Top