Spesifikasi dan Harga Toyota Rav4 Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Toyota Rav4 – Pada kesempatan perjumpaan kali ini akan menjadi momen terakhir kalinya Mas Sena dalam mengulas salah produk SUV andalan Toyota yakni Toyota Rav4. Pada sesi-sesi sebelumnya Mas Sena telah mengulas produk SUV Toyota mulai dari kelas menengah ke bawah (Toyota Rush), kelas atas (Toyota Fortuner) sampai dengan kelas premium (Toyota Land Cruiser) secara lengkap dan mendetail. Berbeda dengan produk SUV besutan pabrikan Toyota lainnya, Toyota Rav4 ini merupakan barang impor atau CBU (Completely Build Up) dari Jepang sehingga membuat mobil ini masuk dalam kelas menengah ke atas. Jadi produk ini dalam produksinya hingga finishingnya dilakukan di Jepang sehingga konsumen di tanah air tinggal menikmati hasil jadinya. Toyota Rav4 ini di tanah air ini sebenarnya sudah lahir sejak tahun 1994 silam pada generasi pertamanya dan kini memiliki generasi ketiga yang mendapat pembaharuan pada tahun 2014 lalu. Nah setangguh apakah Toyota Rav4 ini dengan SUV Toyota lainnya? Simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini!

toyota rav4

Produk mobil SUV ini adalah salah satu mobil kekar yang berwajah ganteng buatan Toyota. Bahkan jika kita memperhatikan dengan seksama desain eksterior yang diusung oleh Toyota Rav4 ini terkesan lebih modis dan stylish dibandingkan dengan produk-produk besutan Toyota lainnya. Berbekal tampilan yang keren dan gahar tersebut Toyota Rav4 ini telah meraih kesuksesan dalam mendapatkan popularitas di kampung halamannya yakni Jepang maupun beberapa negara lain seperti Amerika dan Inggris. Dan mulai tahun 2015 lalu, Toyota Rav4 yang memiliki pesaing Honda CR-V, Mazda CX5 dan Nissan X-Trail ini bakal meramaikan segmen SUV kelas menengah ke atas di tanah air. Penasaran bukan apa yang membuat SUV Toyota ini dapat mencapai popularitas yang sedemikian tinggi dibandingkan dengan SUV yang lain? Apakah kemampuan pacu mesin Toyota Rav4 ini juga seheboh penampilannya? Yuk supaya kawan-kawan dapat lebih mengetahui info lengkapnya maka simak ulasan mengenai spesifikasi serta harga Toyota Rav4 yang Mas Sena ungkap pada segmen-segmen di bawah ini.

mobil toyota rav4

Spesifikasi Toyota Rav4

Desain Eksterior yang Lebih Modis, Stylish dan Gagah

Mulai desain eksterior dari spesifikasi Toyota Rav4 generasi terbaru ini memiliki sistem aerodinamis yang baik akan memberikan aliran udara pada sekitar kendaraan ini dengan lancar sehingga dapat melaju dengan cepat. Pada tampilan fascia depannya terlihat Toyota Rav4 sangat modern dan sporty dengan memiliki front grill berdesain Wings Shape yang menyatu dengan lampu utama berukuran cukup besar. Untuk lampu utamanya Toyota Rav4 memiliki desain Projector-Beam Headlights dengan lampu HID dan memiliki lampu DRL berjenis LED akan memberikan pencahayaan yang maksimal saat dibutuhkan oleh pengendara. Bahkan didukung oleh front bumper yang berukuran besar dengan aksen garis chrome pada sisi bawanya dan foglamp pada tiap sisisnya membuat Toyota Rav4 ini terlihat semakin gagah, modern dan sporty. Sedangkan untuk sisi sampingnya terlihat simpel namun tetap modis karena memiliki velg yang sporty dan juga memiliki aksen chrome pada handle pintunya. Sedangkan untuk bagian belakangnya spesifikasi Toyota Rav4 terlihat sangat sporty dengan atap yang menggantung (Rear Spoiler) pada bagian atasnya dan memiliki aksen lampu belakang yang sangat futuristik dan modern. Serta dipadukan dengan rear bumper yang berukuran besar membuat Toyota Rav4 ini nampak kekar dan gagah.

Desain Interior Sporty dengan Kenyamanan Penuh

Spesifikasi Toyota Rav4 yang memiliki kapasitas tampungan 5 orang penumpang ini memberikan kenyamanan interior yang baik untuk mobil sekelasnya. Mulai dari penggunaan material bahan interior yang berkualitas tinggi akan memberikan kenyaman sangat diandalkan dan juga dengan dominasi warna hitam membuat tampilan dalam Toyota Rav4 ini semakin sporty. Pada bagian dashboard depannya terlihat sangat lengkap dengan beberapa panel perangkat atau fitur yang dapat diaktifkan untuk memudahkan pengemudi dalam mengendarai Toyota Rav4 serta memanjakan penumpang dalam menikmati perjalanan yang dilakukan. Perangkat tersebut seperti Entune Audio System with 6.1 inci touch screen akan memberikan kemudahan kontrol audio dalam memanjakan perjalanan dengan kualitas JBL audio yang mumpuni. Lalu fitur MID (Multi Information Display) pada spesifikasi Toyota Rav4 akan memberikan kemudahan mengemudi karena informasi yang diberikan mengenai semua hal yang berhubungan dengan mobil ini. Kemudahan pengaturan beberapa fitur juga dapat dilakukan oleh pengemudi dengan memanfaatkan Steering Wheel Integrated Controls. Seperti pengaturan audio system, Bluetooth hands free dan MID yang akan membuat pengemudi Toyota Rav4 tidak akan terpecah konsentrasinya saat mengemudi. Pengaturan tempat duduk dengan fitur Heated Front Seat akan semakin mudah mengatur posisi duduk senyaman mungkin karena dilakukan secara elektronik.

spesifikasi toyota rav4

Dimensi SUV yang Sangat Pas

Selanjutnya pada dimensinya, spesifikasi Toyota Rav4 ini memiliki ukuran yang sangat pas yakni tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Toyota RAV4 ini berukuran panjang 4570 mm, lebar 1844 mm, tinggi 1661 mm, jarak sumbu roda 2660 mm dan berat kosong hanya 1558 kg. Dengan dimensi tersebut membuat mobil ini tampak mengesankan meskipun sebagai mobil SUV yang dapat digunakan untuk keperluan Off Road. Akan tetapi Toyota Rav4 ini lebih cenderung dan cocok untuk digunakan untuk melintasi jalanan On Road yang mulus dengan tingkat keberagaman kondisi jalan yang tinggi. Jika mobil Off Road identik dengan ban kotak-kotak besar maka mobil ini menggunakan ban dengan corak sedang yang membuatnya handal untuk Off Road ringan dan sangat nyaman untuk jalan aspal yang mulus. Untuk kapasitas tangki Toyota Rav4 sanggup menampung 60 liter dirasa akan memberikan suplai bahan bakar yang cukup untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Mobil SUV ini menggunakan suspensi MacPherson strut front suspension with Stabilizer pada bagian depan dan Double wishbone rear suspension with Stabilizer pada bagian belakang membuat performa handling Toyota Rav4 semakin handal dan nyaman untuk jalanan yang tidak rata. Sedangkan untuk sistem pengeremannya menggunakan jenis Ventilated Front Disc pada bagian depannya dan Solid Rear Disc Brake pada bagian belakangnya akan memberikan pengereman yang optimal. Apalagi dengan fitur ABS menjadikan pengereman mobil SUV ini semakin aman dan nyaman.

Dapur Pacu Tangguh dan Mantap

Sedangkan untuk dapur pacu dari spesifikasi Toyota Rav4 ini berkapasitas cukup besar yang menghasilkan performa tangguh dan mantap. Mobil ini memiliki mesin DOHC 16 Katup dengan 4 silinder segaris yang berkapasitas 2.5 liter dapat menyemburkan tenaga maksimal hingga 176 HP pada putaran mesin 6.000 RPM dan torsi maksimal mencapai 233 Nm pada putaran mesin 4.100 RPM. Tenaga Toyota Rav4 tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 6 percepatan untuk diteruskan sebagai penggerak roda bagian depan. Dengan tenaga tersebut maka Toyota Rav4 ini terasa sangat tangguh untuk jalanan perkotaan yang berkarakter Stop and Go serta untuk kebutuhan Off Road di jalanan yang terjal karena memiliki torsi yang tergolong besar. Meski demikian Toyota Rav4 ini juga tetap mantap untuk mengejar top speed yang diinginkan pada saat melaju di jalanan bebas hambatan. Untuk sistem pemasok bahan bakarnya berteknologi Electronic Fuel Injection akan membuat semprotan bahan bakar tetap stabil dan memberikan performa yang optimal serta konsumsi bahan bakar yang efisien. Spesifikasi Toyota Rav4 juga menggunakan teknologi Variable Valve Timing (VVT-i) yang akan memberikan performa yang lebih optimal serta menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Advertisement

harga mobil toyota rav4

Berbagai Fitur yang Bermanfaat

Lalu yang terakhir adalah ulasan mengenai fitur yang dihadirkan pada spesifikasi Toyota Rav4 generasi terbaru ini. Mulai dari fitur kenyamanannya yaitu Dual Zone Automatic Control akan memberikan kesejukan yang maksimal pada seluruh bagian kabin secara otomatis menyesuaikan arah sinar matahari. Lalu fitur Dual Sun Visor pada Toyota Rav4 akan membuat penumpang dapat menikmati pemandangan di atas mobil kapan pun. Selanjutnya fitur JBL Audio with 6.1 inci display Touchscreen yang terdapat pada spesifikasi Toyota Rav4 akan memberikan kualitas audio yang memanjakan telinga dan mudah untuk diatur dengan kontrol display layar sentuh yang ada. Anda akan mendapat kenyamanan maksimal dalam mendengarkan musik-musik terbaik supaya tidak mengalami kebosanan pada saat di jalan.

Sedangkan untuk kemudahan mengemudi, pengemudi dapat memanfaatkan Bluetooth Connectivity with Hands Free yang tersedia pada spesifikasi Toyota Rav4 ini. Dimana pengemudi dapat melakukan komunikasi dengan aman tanpa terganggu konsentrasi mengemudinya. Lalu fitur navigasi Etune Premium Audio with Navigation and App Suit pada Toyota Rav4 akan memberikan petunjuk jalur yang sebaiknya dilalui melalui perangkat audio maupun visual. Selanjutnya Fitur ECO & Sport akan memberikan konsumsi bahan bakar yang dapat disesuaikan dengan jalanan yang dilewati. Fitur Cruise Control pada spesifikasi Toyota Rav4 juga dapat menjaga mobil dalam kondisi stabil pada setiap kecepatan. Fitur Rear Camera juga dapat memudahkan pengemudi dalam melakukan parkir dengan baik tanpa melakukan kesalahan yang tidak semestinya.

Lalu untuk fitur keamanan, pada spesifikasi Toyota Rav4 disediakan 8 buah Air Bags yang dapat melindungi kepala pengemudi maupun penumpang lainnya dalam terjadinya benturan keras dengan bagian depan mobil ini saat mengalami kecelakaan keras. Fitur keselamatan bintang lima juga dihadirkan pada Toyota Rav4 ini yaitu Enhanced Vehicle Stability Control (VSC) yang dapat memberikan kontrol kestabilan yang maksimal pada semua medan, Traction Control (TRAC) memberikan kontrol traksi atau grip yang tepat pada medan tertentu, Anti-lock Brake System (ABS) akan mencegah terjadinya ban terkunci saat melakukan pengereman mendadak, Electronic Brake-force Distribution (EBD) memberikan pengereman Toyota Rav4 agar tetap berada pada jalurnya, Brake Assist (BA) akan mengoptimalkan pengereman dan Smart Stop Technology (SST) yang mampu menghentikan mobil secara otomatis sesuai pada saat situasi darurat sewaktu-waktu. Dengan berbagai fitur keselamatan dan keamanan pada spesifikasi Toyota Rav4 tersebut maka resiko terjadinya kecelakaan dapat di minimalisir atau di tekan serendah mungkin.

spesifikasi mobil toyota rav4

Harga Toyota Rav4

Sudah tepat saatnya Mas Sena memberitahukan harga Toyota Rav4 setelah tadi mengulas fitur-fitur yang terdapat pada mobil SUV ini dari berbagai sisinya. Bagaimana bro dan sis, sangat menarik dan lengkap bukan? Tetapi sebelum Mas Sena memberikan informasi harga Toyota Rav4 terbaru, ada baiknya Mas Sena memberikan sedikit kesimpulan mengenai Toyota Rav4. Menurut Mas Sena mobil SUV ini adalah pilihan pas bagi anda yang menginginkan mobil semi Off Road dengan tampilan modis dan nyaman. Selain karena segmentasinya yaitu kelas menengah yang mana menghasilkan harga Toyota Rav4 yang relatif terjangkau tidak seperti saudara tuanya yakni Land Cruiser dan Fortuner. Mobil ini juga memiliki dimensi yang pas untuk jalanan perkotaan. Serta berbagai fitur yang dihadirkan akan semakin bermanfaat pada saat melakukan perjalanan. Lalu berapakah harga Toyota Rav4 terbaru di Indonesia?

harga toyota rav4

Sesuai dengan segmentasinya yakni SUV kelas menengah bisa dipastikan harga Toyota Rav4 terbaru relatif terjangkau seperti Toyota Rush. Namun karena mobil SUV ini merupakan produk CBU (Completely Build Up) atau diimpor utuh dari Jepang maka harganya bisa dipastikan akan meningkat tajam dari harga yang berlaku pada negara tempat produksinya. Benar saja informasi yang Mas Sena peroleh harga Toyota Rav4 ini dibanderol dimulai US$ 23.550 atau setara dengan Rp 278 jutaan. Jika sudah masuk Indonesia maka bisa dipastikan mobil ini akan memiliki harga yang mencapai Rp 500 jutaan karena pajak kendaraan mewah yang diberlakukan.  Jadi anda harus menyiapkan budget hampir dua kali lipat dari budget yang seharusnya anda keluarkan. Namun kawan-kawan akan mendapatkan SUV berkualitas tinggi dari Toyota yang sudah meraih banyak prestasi sehingga soal performa Toyota Rav4 tidak perlu diragukan lagi. Nah setelah mengetahui harga Toyota Rav4 terbaru apakah anda minat untuk membawa pulang mobil SUV ini ke garasi rumah anda?

harga toyota rav4 terbaru

Tetapi perlu anda ketahui jika bandrol harga Toyota Rav4 tersebut adalah harga yang berlaku di Jepang saja. Jadi seperti yang telah disebutkan diatas maka harga yang akan berlaku di Indonesia dapat berubah menjadi hampir dua kali lipatnya dari harga aslinya. Kenaikan harga Toyota Rav4 tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah karena faktor pajak impor yang membuat harga SUV Toyota ini melambung tinggi. Namun kawan-kawan jangan terlanjur kecewa terlebih dahulu karena hingga saat ini belum ada info resmi mengenai kapan Toyota Rav4 ini dapat dipesan dan dibeli. Menilik situs resmi Toyota saja informasi mengenai Toyota Rav4 masihlah belum lengkap pada semua sektor. Jadi masih ada kemungkinan harga Toyota Rav4 yang berlaku akan mengalami perubahan dari yang Mas Sena sampaikan diatas.

Harga Toyota Rav4
Sekitar Rp500.000.000,-

Kawan-kawan yang sudah penasaran untuk dapat memiliki Toyota Rav4 ini harus menunggu selama beberapa waktu terlebih dahulu sebelum pada akhirnya Toyota siap melepas harga Toyota Rav4 secara resmi dan mengatur distribusi SUV ini ke seluruh dunia. Sangat disayangkan jika kita melihat tingkat pajak impor mobil yang terlampau tinggi karena dapat menjadi nilai minus tersendiri bagi mobil ini karena dapat membuat harga Toyota Rav4 melambung. Toyota Rav4 sendiri sebenarnya dapat menjadikan penjualan Toyota meningkat drastis di kelas SUV Nasional karena keampuhan pacu yang dimilikinya. Tetapi apabila anda siap menanggung konsekuensi beban pajak impor yang menyebabkan harganya tinggi maka tidak ada salahnya untuk tetap membeli mobil terbaru Toyota ini. Lagi pula mobil tersebut adalah CBU yang seperti kita ketahui bersama jika prosedur mengenai kualitas adalah hal yang nomor satu di Jepang yang bertujuan supaya barang yang sampai ke tangan konsumen adalah barang dengan kualitas terbaik. Itulah ulasan lengkap mengenai harga Toyota Rav4 terbaru pada segmen terakhir yang sekaligus menutup perjumpaan Mas Sena pada kesempatan review kali ini. Baca juga Toyota Rush dan Toyota Fortuner.

Top