Masalah pada Rem, Mazda 3 Kena Recall

Mazda 3 di Indonesia Terkena Dampak Recall Global – Adanya masalah pada sistem pengereman otomatis, membuat Mazda 3 harus di-recall. Penarikan mobil ini pun telah dilakukan secara global mengingat berdampak pada keamanan maupun keselamatan penumpang karena kerusakan pada rem otomatis tersebut bisa berpengaruh pada pengereman mendadak yang membuat mobil berhenti secara tiba-tiba.

Dalam laporan terbaru yang dikutip dari laman media Liputan 6 pada 28 Januari 2020, sudah ada 35.390 unit mobil tahun produksi 2019-2020 yang harus ditarik. Bagi pihak Mazda, sistem pengereman yang rusak ini harus segera untuk diperbaiki karena sistem pengereman darurat otomatis Smart Braking System tersebut secara tiba-tiba bisa beroperasi dengan sendirinya meski dalam kondisi bukan darurat.

Mazda 3 Di Indonesia Terkena Dampak Recall Global

Terkait dengan rumor ini, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku distributor resmi mobil Mazda di Indonesia angkat bicara. Dimana, Ricky Thio selaku Managing Director PT EMI turut menegaskan bahwa recall Mazda 3 tersebut juga berdampak bagi para pemilik di Indonesia.

“Kita ada recall (Mazda3). Ini sebagai tanggung jawab kami. Namanya recall sih biasa ya, dari semua merek semua model pasti ada recall jadi itu tanggung jawab kita,” kata Ricky di Jakarta Pusat.

Sementara itu, ketika mengaitkan soal berapa jumlah unit yang akan dipanggil recall, Ricky mengaku bahwa saat ini pihaknya masih melakukan cek data sebelum mengumumkan recall. Walaupun begitu adanya, ia memastikan bahwa pengumuman untuk recall sudah diumumkan kepada para konsumen melalui dealer Mazda meski belum ditentukan kapan pihak PT EMI memulainya.

“Sudah kami beritahu melalui dealer resmi. Penyebab recall sama (seperti di global). Tapi detailnya harus dicek terlebih dahulu,” ujarnya.

Di sisi lain, Mazda 3 sendiri memang menjadi mobil yang cukup diandalkan PT EMI untuk bersaing di pasar otomotif nasional. Dari segi jumlah penjualan, mobil ini terbilang lumayan laris di kelasnya.

Top