KIA Berpeluang Besar Rakit Mobil di Indonesia

KIA Punya Peluang Rakit Mobil di Tanah Air – Resmi diluncurkan pada 20 April 2020 lalu, KIA Seltos dinilai menjadi salah satu mobil KIA yang sukses di pasaran Indonesia. Ini tentunya merupakan salah satu hal positif bagi KIA.

Tentu saja, dengan laporan penerimaan positif dari masyarakat tersebut, memicu berbagai spekulasi, apakah KIA berkesempatan memproduksi mobilnya di Indonesia? Mengingat, respon konsumen yang dirasa cukup antusias, khususnya di awal tahun 2020 ini.

KIA Punya Kesempatan Rakit Mobil Di Tanah Air

Mengenai hal itu, Ario Soerjo selaku Marketing and Development Divison Head PT KIA Indonesia mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini masih lebih fokus pada beberapa kewajiban yang harus dipenuhi. Hal tersebut sebagai upaya atau syarat prosedur jika KIA Indonesia akan memulai perakitan di Tanah Air.

“Balik lagi. Soal rencana rakit itu semuanya soal skala ekonomi. Supply and demand. Kalau suatu saat mobil ini laku sekali dan perlu inden. Di situlah kita mulai berpikir untuk melakukan CKD,” ujar Ario di Jakarta Utara.

Di lain sisi, Ario sendiri juga mengatakan bahwa soal peluang Indonesia mendapat jatah untuk merakit produk KIA sangat terbuka sekali. Mengingat, pihaknya mengaku sudah memiliki ragam fasilitas yang memadai untuk merakit di pabrik lokal.

“Indomobil sudah punya sarana, lokasi, dan resources. Pokoknya kalau diperlukan sekarang, Indomobil sudah ada,” ujarnya.

Namun, Ario pun tak memungkiri jika untuk saat ini, KIA Indonesia masih belum bisa memutuskan kapan pihaknya akan mulai merakit mobil di Tanah Air. Pasalnya, meski fasilitas sudah memadai namun masih belum ada pembicaraan mendalam soal ijin dari KIA Global untuk mulai operasi.

Top