Brio Satya Jadi Mobil LCGC Terlaris di Indonesia

Brio Satya Mendominasi Pasar LCGC – Agaknya, angka penjualan mobil murah LCGC raah lingkungan di Indonesia, sepanjang tahun 2019 lalu dinilai menunjukkan tren yang cukup positif. Pasalnya, dikabarkan bahwa sepanjang tahun 2019, kabarnya penjualan mobil ramah lingkungan ini mencapai total 217.454 unit. Tentu, jumlah yang cukup banyak.

Dengan total penjualan tersebut maka secara tak lansgung mobil murah ramah lingkungan LCGC ini telah memberikan sumbangsih penjualan nasional sebesar 21% untuk pasar mobil nasional. Ini tentu menjadi perhatian tersendiri, apalagi di tengah melemahnya pasar otomotif nasional.

Brio Satya Mendominasi Pasar LCGC

Sementara itu, jika mendasarkan atas daya catatan yang dinukil dari Gaikindo sendiri, agaknya Honda Brio Satya adalah model yang mendominasi penjualan mobil murah LCGC di Indonesia dengan total penjualan mencapai 54.659 unit. Sedangkan, di posisi ke dua dan ke tiga secara berurutan ada Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Namun, ada yang menarik untuk dikupas. Jika ditelusuri secara seksama, dari tiga besar segmen LCGC, dua di antaranya adalah mobil tujuh penumpang. Sedangkan Honda Brio Satya adalah model citycar lima penumpang. Lantas, dengan kondisi tersebut, apakah pihak PT Honda Prospect Motor (HPM) berminat untuk memperbarui Brio Satya dengan kapasitas 7 penumpang?

“Kita lihat skala prioritas lah. Konsumen butuhnya apa, dan pasar maunya apa sih. Sepertinya bukan itu (LCGC tujuh penumpang),” jelas Yusak Billy yang mana selaku Business Innovation and Sales Marketing Director PT HPM, saat berbincang dengan wartawan di bilang Senayan, Jakarta Pusat, pada akhir April 2020.

Dari penjelasan tersebut, agaknya PT HPM masih belum punya angan-angan untuk memproduksi mobil LCGC 7 penumpang. Bahkan, membahas soal 7 penumpang di segmen LCGC pun belum sempat menjadi topik khusus di pihak PT HPM.

Meskipun demikian, tentunya pihak Honda Indonesia (PT HPM) masih terus melakukan berbagai pengamatan pasar dan melihat kebutuhan di segmen tersebut.

Top