Suzuki Mulai Suntik Mati Varian yang Bermesin Diesel

Terkendala Emisi, Suzuki Suntik Mati Model Bermesin Diesel – Di India, regulasi standar emisi BS6 agaknya membuat beberapa pabrikan kendaraan roda empat mulai melakukan adaptasi dengan melakukan rombakan pada setiap mobilnya. Hal ini tentu sebagai upaya dalam penyesuaian terhadap standar emisi terbaru yang berlaku di Negeri Hindustan tersebut.

Digulirkannya standar emisi terbaru BS6 ini, dampak yang dirasakan juga mengena ada Maruti Suzuki India Limited. Dimana, adanya regulasi yang diterapkan oleh Pemerintah India tersebut “memaksa” pabrikan berlogo “S” ini untuk memberhentikan beberapa model dengan mesin diesel yang tak lagi masuk dalam standar BS6.

Terkendala Emisi, Suzuki Suntik Mati Model Bermesin Diesel

Jika mendalami laporan yang dikutip dari Gaawaadi pada akhir April 2020, mesin diesel dengan kapasitas 1.3 liter DDiS yang mana dibawa oleh Suzuki S-Cross, tentunya membuat pihak Maruti Suzuki India menghapus varian tersebut. Sehingga, kini hanya tersedia varian bensin saja.

Artinya bahwa model Suzuki S-Cross hanya akan menggunakan mesin 1,5 liter K-series 4-silinder SHVS. Mesin itu disebut memiliki tenaga dan torsi sama dengan Suzuki Vitara Brezza. Mesin ini terbilang sangat tangguh dan bisa dikatakan ramah lingkungan.

Bukan tanpa alasan mengingat tipe mesin hybrid itu memiliki tenaga 104,2 Tk dan torsi puncak 138 Nm. Powertrain tersebut akan dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan. Ini adalah varian mesin yang masuk dalam standar emisi terbaru BS6 di India.

Terlepas dari itu, di Indonesia sendiri, meski pemerintah sudah mulai akan memberlakukan regulasi emisi terbaru namun sampai detik ini, pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih menjual beberapa varian mobil bermesin diesel. Wajar, mengingat saat ini tipe mesin diesel terbilang masih diminati konsumen meski tak masuk dalam standar emisi ramah lingkungan di era teknologi 4.0 saat ini.

Top