Setiap Hari 69 Nyawa Melayang Karena Kecelakaan, Indonesia Ranking 5 di Dunia

Indonesia Ranking 5 Dalam Tingkat Kecelakaan – Menurut anda, apa penyebab kematiaan tertinggi di Indonesia. Jika jawaban anda merujuk pada penyakit, memang benar. Penyakit jantung dan TBC menjadi dua penyebab utama dari kematian di Indonesia. Lantas apa yang ketiga? Jawabannya adalah karena kecelakaan lalu lintas. Chief Instructor Rifat Drive Labs, Nugroho Respati menjelaskan bahwa ada 1,2 juta korban jiwa pada 2014 di seluruh dunia. Bahkan, dari jumlah tersebut, Indonesia menempati ranking 5. Woow..!!! Benar-benar memprihatinkan ya?

indonesia peringkat lima kecelakaan lalin di dunia

“Data statistik dari kepolisian, yang kita ambil pada 2014 lalu. Negara kita ada di tempat kelima tertinggi dalam kecelakaan lalu lintas,” kata Nugroho Respati, yang juga merupakan instruktur mengemudi bersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Di Indonesia pada 2014, populasi mobil bertambah sekitar 1,2 juta unit dan lebih dari 7 juta unit sepeda motor. Kebanyakan kendaraan baru ini beredar di Jakarta dan sekitarnya. Bila dihitung rata-rata, setiap jam terjadi 12 kecelakaan lalu lintas yang merebut setidaknya tiga korban jiwa. Jadi, bisa dikatakan bahwa setiap hari 69 nyawa melayang di jalan raya.

Dalam hal ini, Indonesia berada pada posisi di bawah Benua Afrika. Benua tersebut kini memuncaki daftar wilayah terparah dalam statistik kecelakaan lalu lintas di dunia.

“Ranking satu di Benua Afrika. Di seluruh dunia, itu 1.240.000 orang meninggal di jalan raya,” ujar Nugroho.

Untuk wilayah Indonesia sendiri, nugroho menjelaskan bahwa kecelakaan paling tinggi melibatkan roda dua. Sementara itu, korban yang berjatuhan adalah remaja usia produktif antara 15 – 20 tahun. Pastinya ini perlu jadi perhatian khusus ya! Yang jelas, bukan hanya keselamatan sebagai pengemudi saja yang diperhatikan. Namun pengendara juga harus memperhatikan keselamatan penumpang dan pengguna jalan lainnya.

Nugroho Respati menjelaskan, keamanan nmengemudi memang menjadi hal utama yang sudah tidak bisa ditawar lagi. Menurutnya, Eco Driving bisa menjadi solusi berkendara yang cukup aman. Eco Driving sendiri merupakan teknik mengemudi yang tidak hanya dapat menghemat bahan bakar, namun juga punya keselamatan yang tinggi. Salah satu yang diterapkan dalam teknik ini adalah penggunaan kecepatan yang konstan. Hal ini akan membantu menjaga jarak dengan kendaraan lain, sehingga berkendara pun menjadi lebih safe. Baca juga Duo Yamaha Tampil Menjanjikan dan Motor Lawas Penyandang Harga Mahal di Indonesia.

 

Top