Rem Blong : Kemungkinan yang terjadi Setelah Terjang Genangan Air

Waspadai Rem Blong Karena Genangan Air – Saat ini, intensitas hujan semakin tinggi. Waktu terjadinya pun sangat sulit diprediksi. Bahkan ada saja hujan yang turun sepanjang hari, dari pagi hingga menjelang malam. Jadi, tidak mengherankan jika banjir pun terjadi dimana-mana. Terbaru, ibukota Jakarta sudah mulai didatangi “tamu” tahunan tersebut. Wilayah-wilayah lain yang memiliki infrastruktur kurang baik pun mulai diancam oleh genangan-genangan air dimana-mana. Hujan, genangan, bahkan banjir, memang mulai menghantui para pengendara, baik mobil maupun sepeda motor.  Jika anda adalah salah satunya, perhatikan dan diwaspadai bagian rem. Apa sebabnya?

perhatikan kondisi rem setelah melintasi genangan air

Bagian rem kerap terendam ketika melintasi genangan atau banjir. Nah, ternyata hal tersebut menimbulkan bahaya tersendiri. Hal itu diakibatkan oleh kotoran yang sering menempel pada piringan rem. Kelihatannya memang sepele. Namun, jika hal tersebut terjadi, maka akan mengurangi kerja rem karena ada halangan air, pasir atau partikel lain yang menempel antara kampas rem dengan piringan. Jangan salah…!!! hal tersebut akan menimbulkan efek rem tidak berfungsi dengan baik, bahkan bisa terjadi rem blong. Lebih dari itu, kondisi lebih parah pasca melintas genangan adalah ada sampah berupa plastik, kertas, atau tali yang melilit atau tersangkut di sistem rem. Bila ada yang tersangkut di sistem rem, baik cakram atau kaliper, saat melakukan pengereman akan muncul bunyi atau pengereman kurang pakem. Jika hal tersebut terjadi, kecenderungan rem rusak juga besar jika terus dibiarkan berlama-lama. Terlihat sepele, tapi membahayakan bukan? Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi fungsi rem yang menurun karena genangan air?

Jika kendaraan anda baru saja melintas di genangan air, yang kita tidak tau ada partikel apa saja di dalamnya, Mas Sena sarankan untuk mengaktifkan rem secara periodik. Lakukan dengan memberikan tekanan ringan pada rem beberapa kali, sampai rem dirasa sudah berfungsi normal. Pastikan juga jarak kendaraan anda dengan mobil di  belakang tidak dekat. Ini untuk mengantisipasi tabrakan.

Halaman otomotif Kompas menjelaskan, alangkah baiknya setelah melintasi genangan atau banjir yang merendam setengah pelek, lakukan pengecekan dengan melihat kondisi rem dari sela-sela pelek. Jika ada sampah yang tersangkut atau menyelip, langsung lepaskan dari tempat tersebut. So, mulai sekarang biasakan untuk mengecek kondidi rem, jika kendaraan anda baru saja melintasi genangan air. Hal ini juga untuk mengantisipasi jika yang tersangkut adalah benda keras. Lebih dari sekesar pasir atau sampah, efeknya terhadap rem pastinya lebih besar lagi. Baca juga Mobil-mobil Mungil Sepanjang Sejarah dan Proton Menjadi Mobil Nasional.

Top