Mobil Avanza Bisa Kombinasikan Gas & Bensin Hasil Karya SMK Muhammadiyah

Mobil Avanza bisa kombinasikan gas dan bensin karya SMK Muhammadiyah – Satu lagi catatan prestisius dari anak bangsa yang patut diacungi jempol. SMK Muhammadiyah Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat telah berhasil menciptakan sebuah inovasi yang berbeda. Siswa SMK Muhammadiyah ini dapat mengembangkan teknologi mobil yang mampu mengkombinasikan dua jenis bahan bakar sekaligus yakni gas dan mesin. Seperti apakah sistem pemanfaatan bahan bakar pada mobil tersebut? Mas Sena akan mengajak bro dan sis untuk mengetahui secara lebih dalam pada kesempatan ini.

mobil ciptaan smk muhammadiyah bahan bakar gas dan minyakKepala SMK Muhammadiyah Sintang, Sofian berujar jika modifikasi mobil bahan bakar gas dan minyak ini dilakukan berdasarkan kerja sama yang dirintis dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Jadi pihak LIPI yang merancang mengenai rangkaian sistem yang akan dipergunakan baruk kemudian siswa-siswa SMK tersebut yang mengaplikasikannya dalam sebuah mobil.

SMK Muhammadiyah Sintang adalah SMK pertama di tanah air yang sudah menjali kerja sama dengan LIPI untuk dapat menciptakan teknologi dual bahan bakar. Model kerja sama ini adalah untuk saling melengkapi antar keduanya dimana LIPI mempunyai rangkaian sistem yang luar biasa bagaimana cara memanfaatkan kedua bahan bakar tersebut pada sebuah mobil serta siswa-siswa SMK yang mampu memindahkan hipotesis percobaan tersebut menjadi sebuah bentuk mobil yang nyata.

Mobil yang menjadi ajang ujicoba tersebut yang pertama adalah Toyota Avanza, lalu sekarang mereka sedang sibuk untuk mencoba menerapkan sistem ini pada salah satu mobil besutan Kia.

Kepala Progam Otomotif Teknik dan Rekayasa SMK Muhammadiyah Sintang, Suarno, menjamin apabila inovasi yang dilakukan para siswanya ini termasuk aman untuk digunakan. Sistem ini otomatis berhenti setelah bahan bakar gas habis maka akan langsung berpindah menggunakan bahan bakar minyak.

“Pada saat sistem bahan bakar gas bekerja pada mesin maka sistem bahan bakar minyak akan mati dengan sendirinya. Fungsi utamanya terletak pada bahan bakar gas, sementara itu bahan bakar minyak hanya bersifat komplementer saja pada saat gas habis pada saat mobil masih melaju dijalanan,” tandas Suarno. Baca juga Fitur Keselamatan Pada Mobil dan Renault Twingo Dynamique S Lebih Sporty.

Top