Fitur Keselamatan yang Wajib Pada Mobil

Fitur Keselamatan Pada Mobil – Anda ingin membeli sebuah kendaraan pribadi baru yang berupa mobil? Tunggu dulu, simaklah informasi yang Mas Sena berikan mengenai fitur keselamatan yang wajib dimiliki dan digunakan pada saat mengendarai mobil.

Fitur Keselamatan yang Wajib Pada Mobil

Akhir-akhir ini kecelakaan mobil memang semakin menjadi perhatian yang sangat penting bagi semua pihak. Karena masih saja terjadi banyak angka kecelakaan yang menyebabkan nyawa melayang. Cukup memprihatinkan bukan bro dan sis?

Hal yang paling mendasar dari sebuah kecelakaan adalah disebabkan oleh kelalaian dari pengemudi kendaraan mereka yang dapat merugikan diri sendiri ataupun orang lain. Seperti misalnya mengantuk, tidak konsentrasi dalam mengemudi, mengemudi dengan ego yang besar dan mengemudi dalam pengaruh obat-obatan terlarang atau mabuk. Nah jika anda mengalami hal tersebut ada baiknya anda mengurungkan niat untuk mengemudikan kendaraan anda.

Selain hal mendasar yang disebabkan oleh pengemudi itu sendiri. Kecelakaan juga dapat terjadi karena kelalaian memanfaatkan fasilitas atau fitur keselamatan mobil yang dapat menyebabkan risiko fatal pada pengemudi maupun penumpang. Nah fitur keselamatan apa sajakah yang harus digunakan saat mengemudi? Simak informasinya berikut ini.

  1. Perhatikan Penguncian Sabuk Pengaman

Komponen keselamatan yang sangat mendasar ini wajib hukumnya dimiliki oleh semua kursi penumpang. Karena dengan komponen keselamatan yang telah ada sejak dahulu ini dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Karena dengan mengenakan sabuk pengaman yang terkunci dengan baik maka sistem perlindungan keselamatan akan menjaga penumpang maupun pengemudi jika terjadi kecelakaan. Umumnya mobil terbaru saat ini juga telah memiliki sensor penggunaan sabuk yang canggih. Di mana jika pengemudi maupun penumpang tidak mengenakan sabuk pengaman dengan baik maka peringatan lampu di dashboard akan terus menyala.

  1. Sistem Pendeteksi Alkohol

Dengan makin maraknya kecelakaan yang diakibatkan oleh efek minuman keras. Maka beberapa produsen mobil di dunia memberikan teknologi pendeteksi alkohol. Dengan adanya teknologi yang berfungsi melalui sensor udara di bagian kabin kemudi ini maka pengemudi harus mematuhi peringat yang dihasilkan oleh sistem ini. Namun sayang sekali sistem ini hanya dapat mendeteksi hal lain selain alkohol, misalnya pengaruh obat-obatan terlarang.

  1. Fitur Pencegah Tabrakan

Nah yang terakhir adalah fitur pencegah terjadinya kecelakaan. Beberapa mobil terbaru saat ini memiliki fitur tersebut seperti fitur pengereman ABS, EBD dan BA. Lalu fitur pendeteksi objek di depan kendaraan lalu akan otomatis mengatur pengereman atau mengurangi laju kendaraan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan masih banyak lagi fitur-fitur keselamatan lainnya.

Nah itulah beberapa fitur yang wajib dimiliki dan digunakan pada saat mengemudikan mobil anda. Baca juga Waspadai Rem Blong Karena Genangan Air dan Robot Ini Mampu Parkir dengan Tepat.

Top