Hati-Hati, Jalanan Macet Membuat Aki Mobil Anda Overcharged

Jalanan macet membuat aki mobil overcharged – Aki seperti yang telah kita ketahui adalah sebuah elemen penting yang tidak tergantikan pada setiap kendaraan bermotor karena memiliki fungsi kunci utama. Aki yang dapat berfungsi sebagai starter ini juga sekaligus dapat menjadi supply beban, serta penstabil kelistrikan di kendaraan bermotor. Tetapi anda perlu hati-hati terhadap komponen yang satu ini karena rawan kerusakan yang terjadi.

kemacetan dapat membuat aki overchargedApalagi tidak ada patokan tetap mengenai masa umur pakai pada sebuah aki, jadi aki yang anda miliki sewaktu-waktu bisa mengalami kerusakan. Tetapi ada bebarapa faktor yang dapat mempengaruhi panjang atau pendeknya usia aki. Apa sajakah faktor tersebut?

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi aki tersebut adalah tingkat kemacetan tinggi yang tampaknya sudah menjadi hal yang lumrah di kota-kota besar seperti Jakartam Bandung ataupun Surabaya. Korps Lalu Lintas Mabes Polri sudah membukukan lebih dari 100 juta unit kendaraan motor yang beroperasi pada tahun 2014. Total angka tersebut mengalami kenaikan lebih dari 11 persen pada tahun sebelumnya yang hanya sekitar 91 juta unit motor saja.

Nah problem kemacetan tersebut dapat mengakibatkan usia aki kendaraan menjadi pendek. Karena pada saat macet aki akan bekerja lebih banyak menerima daya atau beban ketimbang memberikan beban pada mobil. Hal inilah yang menyebabkan kondisi aki menjadi cepat panas dan mengalami overcharged. Apa itu Overcharged? Arti kata sederhananya adalah kelebihan kapasitas setrum, terlebih lagi pada saat kondisi cuaca panas karena teriknya matahari yang menyengat.

Anda harus dapat mengatasi kondisi Overcharged tersebut karena lama kelamaan dapat merusak fungsi dari aki kendaraan anda. Caranya adalah dengan menyeimbangkan penggunaan AC, audio, serta lampu supya aki kendaraan tetap dapat memberikan beban keluar pada kondisi macet. Alangkah lebih baiknya setelah kendaraan anda terjebak macet dalam waktu yang lama anda memeriksa kondisi air aki kendaraan apakah masih stabil.

Jika pengguna tidak mau repot untuk menjaga kondisi aki kendaraan maka dapat menggunakan solusi untuk memakai aki jenis maintenance free atau yang biasa disebut dengan aki bebas perawatan. Aki tersebut dirancang untuk beradaptasi pada pemakaian di berbagai kondisi suhu hingga 50 derajat celcius serta bebas dari gas penyebab korosi dan ang paling utama bebas perawatan penambahan air aki untuk penggunaan baterai di mobil. Baca juga Viar Cross X250 Terbaru dan Yamaha Hibahkan Skutik Untuk Operasional Sentul.

Top