Korlantas Polri Siapkan STNK Elektronik

STNK Elektronik Segera Dirilis – Demi memberikan kemudahan akses dan informasi kepada masyarakat, Korlantas Polri pun tak henti-hentinya menerapkan berbagai inovasi kemajuan jaringan teknologi. Tentunya, hal ini menjadi suatu langkah positif di era serba digital yang cepat berkembang ini.

Terkait hal tersebut, belum lama ini Korlantas Polri sendiri telah resmi merilis Smart SIM atau kartu SIM Elektronik yang menjadi salah satu program digitalisasi fungsional pengganti kartu SIM konvensional lama. Namun, agaknya tak sampai di situ saja, mengingat tersiar sebuah kabar bahwa pihak kepolisian lalu lintas Indonesia saat ini tengah mempersiapkan e-STNK atau yang disebut dengan STNK Elektronik.

STNK Elektronik Segera Dirilis

Jika menilik dari STNK yang saat ini digunakan, tertulis dua catatan surat, yaitu surat tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) dan tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran. Namun, ketika nantint e-STNK diluncurkan maka akan berubah total.

Dimana, berdasarkan atas informasi yang beredar, bentuk e-STNK sendiri akan berbentuk sebuah kartu yang berisi cip sebagaimana yang diterapkan pada Smart SIM. Meski masih menjadi wacana namun STNK model baru tersebut saat ini sedang tahapan pengkajian secara bertahap.

Hal itu sebagaimana yang disampaikan oleh Brigjen (Pol) Halim Paggara selaku Direktur Registrasi Identifikasi Korlantas Polri pada 31 April 2020 lalu yang menyebut bahwa memang saat ini pihaknya ada langkah-langkah konkrit untuk menerbitkan STNK model baru.

“Benar akan jadi kartu, tetapi desainnya masih bisa berubah, dalam pengkajian,” kata Halim Pagarra.

Akan tetapi, hanya saja untuk jadwal peluncurannya sendiri, Halim belum memberikan konfirmasi mengenai kapan e-STNK ini akan dirilis. Meski demikian adanya, pihaknya menegaskan bahwa untuk saat ini sedang dalam proses pengkajian bersama dengan para ahli dan pihak terkait.