Donington Park Batal Masuk Kalender MotoGP 2015

Donington Park Batal Menjadi Bagian MotoGP 2015 – Memasuki musim balap MotoGP 2015 persiapan untuk menyelenggarakan balap motor paling bergengsi di dunia ini kian matang saja. Sebelumnya untuk musim balap MotoGP 2015 ini agaknya memiliki sedikit perubahan dibandingkan dengan tahun 2014 lalu, yakni pada kalender balap MotoGP 2015. Pada awalnya Dorna memutuskan untuk memilih salah satu sirkuit legendaris di Inggris yang merupakan sirkuit kebanggaan rakyat Britania Raya yakni Donington Park sebagai salah satu sirkuit yang digunakan untuk balap motor paling bergengsi di dunia. Namun dikarenakan sirkuit legendaris yang beberapa tahun lalu sempat menjadi venue penyelenggaraan MotoGP ini tidak mendapatkan kucuran dana yang begitu baik membuat Donington Park batal masuk menjadi bagian dari MotoGP kembali. Dan pilihannya jatuh kembali kepada sirkuit Silverstone yang mena sebelumnya telah menjadi bagian dari MotoGP 5 tahun belakangan ini. Sirkuit yang memiliki banyak tikungan berkecepatan tinggi maupun rendah ini dinilai lebih siap untuk menggelar balapan MotoGP 2015 karena telah memenuhi aspek homologasi yang terdiri dari berbagai macam infrastruktur.

Donington Park Batal Masuk Kalender MotoGP 2015

Sebenarnya sebelumnya Dorna juga telah menunjuk sirkuit baru yakni Circuit of Wales yang juga terletak di Inggris yang mana telah memenangkan kontrak penandatanganan kalender MotoGP selama 5 tahun ke depan. Tetapi karena masih dalam masa pembangunan maka sirkuit tersebut batal menjadi penyelenggara balap motor paling bergengsi di dunia. Dan sebagai gantinya Donington Park yang akan mengisi kekosongan penyelenggaraan MotoGP pada musim balap 2015 selama masa pembangunan Circuit of Wales selesai. Tetapi karena sirkuit yang berada di kota Leicestershire, Inggris itu juga mengalami kendala pembiayaan maka keputusan yang paling tepat di ambil Dorna adalah kembali ke pilihan awal yakni menggunakan sirkuit Silverstone. Berikut kalender MotoGP 2015 yang akan terselenggara :

Tanggal                 Negara               GP Sirkuit

29 Maret              Qatar *               Doha/Losail

12 April                 Amerika            Austin

19 April                 Argentina          Termas del Rio Hondo

03 Mei                  Spanyol              Jerez de la Frontera

17 Mei                  Prancis                Le Mans

31 Mei                  Italia                   Mugello

14 Juni                  Spanyol              Catalunya – Barcelona

27 Juni                  Belanda **         Assen

12 Juli                    Jerman              Sachsenring

09 Augustus       Amerika               Indianapolis

16 Augustus       Ceko                      Republic Brno

30 Augustus       Inggris                  Donington

13 September   Italia          San Marino & Riviera di Rimini Marco Simoncelli Misano

27 September   Spanyol                  Aragon MotorLand Aragon

11 Oktober         Jepang                  Motegi

18 Oktober         Australia              Philip Island

25 Oktober         Malaysia              Sepang

08 November    Spanyol                 Ricardo Tormo-Valencia

Dalam keterangan tersebut yangberbintang satu adalah merupakan balapan malam hari dan bintang dua merupakan balapan akhir pekan. Baca juga Yamaha Hibahkan Skutik Untuk Operasional Sentul dan Viar Cross X250 Terbaru.

Top