Tarif BBN-KB Naik, Toyota Lebih Memilih Main Santai

Kenaikan Biaya BBN Belum Berpengaruh pada Mobil Toyota – Tak bisa dipungkiri bahwa kabar mengenai adanya kenaikan pajak kendaraan baru memang akan segera diterbitkan. Kabar ini pun menyusul dari biaya BBN-KB DKI Jakarta yang mengalami kenaikan menjadi 12.5%. Menurut laporan terbaru, kenaikan pajak kendaraan baru ini akan segera digulirkan pada 11 April 2020.

Sementara itu, jika menelisik dari catatan Perda Pemprov DKI Nomor 6 Tahun 2019 soal perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010 mengenai BBN-KB, dikatakan bahwa adanya kenaikan tarif ini dilakukan sebagai salah satu langkah dalam mengontrol pertumbuhan kendaraan bermotor yang semakin banyak sekaligus sebagai upaya secara tak langsung guna mengatasi kemacetan di Jakarta.

Kenaikan Biaya BBN Belum Berpengaruh Pada Mobil Toyota

Terkait dengan kabar soal kenaikan tarif pajakn BBN-KB ini, beberapa pemain yang bersaing di segmen kendaraan roda empat, yakni PT Toyota Astra Motor masih enggan untuk menaikkan harga jual mobil Toyota.

“Toyota belum menaikkan harga kendaraan berdasarkan peraturan daerah ini. Dan aturan ini berlaku mulai April 2020. Sebagai perusahaan WAPU, kami akan menjalankan aturan ini sebaik-baiknya,” ungkap Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto, dalam pesan elektroniknya, pada Selasa (12/11/2019).

Menurut pihak PT TAM, adanya penyesuaian biaya pajak BBN-KB ini dinilai masih kurang pas dan tidak di waktu yang tepat. Pasalnya, saat ini ada tren penurunan pasar otomotif yang mengakibatkan geliat pasar di Indonesia mulai melemah.

“Apalagi kalo kita mau bicara pasar otomotif di tahun 2020 mendatang. Pelemahan ekonomi akibat global resesi sudah berdampak di beberapa negara dan berakibat pertumbuhan ekonomi di angka minus. Beruntung Indonesia masih bisa bertahan di angka 5 persenan,” jelas Soerjo menanggapi adanya penyesuaian pajak kendaraan baru.

Maka dari itu, tak heran jika Toyota masih enggan menyesuaikan harga jual mobilnya meski sudah ada perubahan tarif BBN-KB yang mengalami kenaikan sebanyak 12.5%.