Toyota Kini Mulai Naikkan Harga Mobil

BBN-KB Naik, Harga Mobil Toyota pun Ikut Naik – Tampaknya, naiknya tarif BBN-KB memang benar-benar berdampak signifikan pada pasar otomotif, khususnya para penggelut merk mobil di pasar Indonesia. Hal itu membuat beberapa pabrikan mulai menaikkan harga pada setiap produknya.

Salah satu pabrikan yang dikabarkan bakal menaikkan harga yakni PT Toyota Astra Motor. Yang mana, dalam hal ini pihaknya diklaim telah merevisi harga mobilnya dengan status OTR. Tentunya, adanya revisi ini tak lepas dari naiknya persentase tarif BBN-KB 12.5%.

BBN KB Naik, Harga Mobil Toyota Pun Ikut Naik

Mengenai kenaikan harga mobil Toyota ini, Anton Jimmi Suwandi selaku Direktur Marketing PT TAM menyebut bahwa revisi berupa kenaikan harga jual untuk seluruh model produk mobil Toyota, mulai diterapkan sejak 11 April 2020. Dimana, jadwal tersebut mengikuti digulirkannya tarif dasar BBN-KB Pemprov DKI.

“Iya, harga sudah naik kami sesuaikan dengan aturan dari pemerintah. Kisarannya berbeda-beda pada tiap model, Avanza naik Rp 4,1 juta, Rush Rp 5,4 juta, dan Calya G MT Rp 2,8 juta,” ujar Anton belum lama ini pada Kamis (12/12/2019).

Tentu saja, dengan adanya kenaikan harga mobil Toyota tersebut, baik mobil keluarga, SUV maupun konvensional, sudah barang tentu akan berpengaruh kuat terhadap pasar otomotif nasional. Apalagi, saat ini pasar otomotif di Indonesia sedang melemah.

Meskipun demikian, tetap saja PT TAM tak terlalu khawatir dengan kondisi tersebut. Pasalnya, pihaknya diklaim sudah memiliki pangsa yang sangat luas dan besar di Indonesia. Sehingga, adanya kenaikan tarif dasar BBN-KB tersebut tidak terlalu banyak berpengaruh pada penjualan mobilnya.

Di sisi lain, menginjak akhir April 2020, PT TAM sendiri masih belum memberikan promo berupa program menarik sebagai upaya dalam menghabiskan stok di tahun 2019 ini. Artinya, pihak Toyota masih yakin jika tanpa promo pun, mobil Toyota masih laris manis.