Innova Kian Merajai Pasar MPV Medium

Toyota Innova Jadi MPV Medium yang Paling Banyak Diburu – Tak bisa dipungkiri bahwa Kijang Innova meruakan MPV kelas medium yang jadi andalan bagi Toyota selaku pihak produsennya. Pasalnya, mobil ini memiliki segmentasi pasar tersendiri yang berada di antara Low MPV dan SUV sehingga mobil ini memiliki target pasar konsumen tersendiri.

Tak sampai di situ saja, bahkan dari beberapa laporan, Toyota Innova sendiri menjadi MPV medium dengan penjualan yang terbilang sangat tinggi. Bahkan, bisa dikatakan pencapaian angka penjualan Innova tersebut jelas jauh berada di atas Wuling Cortez yang notabene hargany lebih murah.

Toyota Innova Jadi MPV Medium Yang Paling Banyak Diburu

Di sisi lain, terkait dengan penjualan Innova yang tinggi tersebut, kata Anton Jimmi selaku Marketing Director PT TAM mengungkapkan bahwa bilamana tren mobil di kelas MPV medium memang saat ini terbilang cukup stabil mengingat masih berada pada kisaran 4 ribu hingga 5 ribu unit per bulannya.

Hal itu tentu tak menampik dari data penjualannya di tahun 2019 silam. Dimana, Anton membocorkan informasi bahwa penjualan Kijang Innova sendiri pada tahun 2019 lalu meraih posisi ke empat terlaris mobil Toyota dengan total unit yang terjual sebanyak 52.981.

“Konsumen Innova kebanyakan replacement (ganti mobil), lebih dari 40 persen. Additional (tambah mobil) lebih dari 20 persen, sisanya campur-campur,” ujar Anton dalam keterangannya pada Kamis (9/1/2020).

Sementara itu, menyinggung soal harga jualnya sendiri, harga Kijang Innova diketahui berada pada kisaran Rp 322.5 jutaan untuk versi G transmisi Manual. Sedangkan, untuk tipe V transmisi matik berkisar di angka Rp 425.2 jutaan. Dimana, harga tersebut sudah masuk dalam kategori OTR DKI Jakarta.

Tak hanya laris di pasaran mobil baru, bahkan di segmen pasa mobil bekas pun, Kijang Innova masih menjadi model Medium MPV yang jadi buruan para konsumen yang menginginkan harga yang jauh lebih murah.

“Innova diminati di pasar mobil bekas lebih karena value totalnya, dari daya angkut, kenyamanan, durability, biaya perawatan, hingga resale value,” kata Anton.

Melihat data penjualan tersebut maka tak bisa dipungkiri jika segmentasi Medium MPV memang masih dipegang oleh Innova meski sebelumnya sempat dikabarkan bakal disaingi oleh Wuling Cortez.