Semampu Apa Mobil Bisa Menerjang Banjir?

Kemampuan Mobil Untuk Menerjang Banjir – Lagi-lagi, banjir menyapa Ibukota Indonesia—Jakarta. Berbagai berita soal banjir di Jakarta pun, pasti sudah anda ketahui. Kalu kita bicara soal banjir, tak hanya Jakarta saja lho yang berpotensi. Curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini sangat mungkin membuat wilayah anda terendam. Namun, dalam keadaan banjir separah apapun, yang jelas aktivitas kehidupan harus tetap berjalan kan? Maka tak heran, jika banyak orang nekat menerjang banjir bersama kendaraannya. Yang pasti, mereka meyakini bahwa kendaraannya tidak akan apa-apa walau digunakan untuk menerjang banjir. Lihat saja sebuah video amatir yang balakangan ini beredar. Dalam video tersebut, terlihat aksi nekat menerobos banjir di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.  Pertanyaan yang muncul adalah : sebenarnya, semampu apa mobil bisa menerjang banjir?

kemampuan mobil menerjang banjir

Kenyataanya, tidak semua mobil pabrikan sanggup melintasi genangan air setinggi kap mesin. Jika kondisi tersebut terjadi pada mobil and, air akan masuk dari segala arah. Bahkan, gril yang seharusnya berfungsi untuk mengarahkan aliran udara ke ruang mesin, justru akan menjadi celah air masuk. Jika air sudah memenuhi ruang mesin, maka berbagai macam trouble pun sangat mungkin terjadi. Perangkat kelistrikan jelas menjadi komponen yang akan bermasalah. Hal ini dikarenakan, muncul potensi arus pendek. Nah, yang paling berbahaya adalah jika hal tersebut merusak Electronic Control Unit atau ECU.

Selain merusak perangkat kelistrikan, air yang masuk juga bisa membasahi busi. Bahkan air akan masuk ke ruang bakar melalui saringan udara yang basah, hingga menyebabkan mesin rusak berat atau memiliki istilah water hammer. Kalau  mesin mati di tengah banjir, risiko yang mengancam keselamatan anda pun semakin berlipat.

Jika kita menemui mobil yang “selamat” setelah menerjang banjir, biasanya mobil tersebut sudah dimodifikasi, disamping ada faktor keberuntungan. Kalangan pemodifikasi off-road, biasanya memang melakukan berbagai macam modifikasi untuk meningkatkan kemampuan mobil. Alhasil, sang mobil menjadi cukup handal untuk menanggulangi kondisi ekstrim, termasuk banjir. Anda ingat Suzuki “Ichiro” Vitara? Mobil yang sempat menghebohkan dunia otomotif Indonesia pekan lalu itu, adalah contoh konkretnya. Ichiro mempunyai snorkel, untuk meninggikan saluran isap udara sampai setinggi atap dan punya kuda-kuda tinggi. Jadi, yang mana pilihan anda? Mobil yang standar saja, atau yang dimodifikasi untuk kebutuhan tertentu? Baca juga

 

Top