Honda Beat Terbaru Segera Meluncur, Usung Mesin Genio?

PT AHM Siapkan Beat Terbaru di Awal 2020 – PT Astra Honda Motor (AHM) dikabarkan bakal kembali memperbarui lini skutiknya untuk pasar Indonesia. Dimana, kabarnya pihak PT AHM kini telah mempersiapkan Honda Beat terbaru sebagai model anyar yang kabarnya dirilis pada akhir April 2020.

Kabar soal hadirnya Honda Beat terbaru 2020 ini pun semakin menyebar di jagad dunia maya. Beberapa rumor menyebut bahwa tampilan skutik ini akan dikonsep secara lebih modern, baik dari segi permesinannya maupun sasis yang akan digunakan.

PT AHM Siapkan Beat Terbaru Di Awal 2020

Menurut beberapa kabar yang beredar, mesin maupun sasis yang akan digunakan adalah model yang sama sebagaimana diterapkan pada Honda Genio yang sebelumnya sempat dirilis pada pertengahan 2019 lalu. Jika memang rumor ini benar adanya maka Honda Beat 2020 ini dipastikan bakal membawa mesin berkapasitas 109.5 cc SOHC dengan stroke yang lebih panjang.

Penggunaan mesin Genio yang kemungkinan bakal dibenamkan pada dapur pacu Honda Beat terbaru ini tentu disebabkan karena tenaga yang dikeluarkan sedikit lebih besar. Yakni, mampu menghasilkan tenaga sebesar 6,6 kW pada 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Sedangkan untuk soal rangka atau pada bagian sasisnya, Honda Beat terbaru ini dimungkinkan bakal menggunakan sasis yang juga digunakan oleh Honda Genio. Wajar, mengingat Genio sendiri berbekal rangka yang berteknologi eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame. Sasis ini punya bobot yang lebih ringan, walaupun dari segi bahan materialnya sendiri dari pelat baja. Hal ini tentu sangat berbeda sekali dengan rangka BeAT model lama yang masih menggunakan pipa besi.

Namun, rumor mengenai penggunaan sasis dan mesin Genio untuk diterapkan pada Honda Beat terbaru ini masih belum bisa dipastikan kebenarannya. Bahkan, pihak PT AHM pun juga belum memberikan konfirmasi resminya soal tersebut.

“Untuk pertanyaan soal benar tidaknya sasis dan mesinnya nanti pakai Genio, ditunggu tanggal mainnya saja ya. Soalnya kita masih dalam tahap persiapan,” kata Didi Kwok selaku GM Sales Division PT Astra Honda Motor, belum lama ini.