KIA Berpeluang Besar Rakit Mobil di Indonesia

KIA Punya Kesempatan Rakit Mobil di Tanah Air – Sebagaimana dengan kabar rumor yang beredar, salah satu mobil terbaru andalan KIA, yaitu KIA Seltos memang menjadi salah satu primadona baru yang diminati konsumen Indonesia. Hal itu ditunjukan dengan pesanan yang mencapai ratusan unit sejak mobil ini dirilis pada 20 April 2020 lalu.

Tentu saja, kondisi tersebut memberikan sebuah indikasi bahwa produk KIA mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia. Lalu, apakah dengan kondisi tersebut, ada kemungkinan KIA bakal merakit mobilnya di Tanah Air?

KIA Punya Kesempatan Rakit Mobil Di Tanah Air

Merespon hal tersebut, dalam hal ini Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo sempat memberikan beberapa pernyataan yang cukup lugas. Yang mana, ia menyebut bahwa ada beberapa hal yang harus dipenuhi apabila KIA ingin melakukan perakitan di Indonesia.

“Balik lagi. Soal rencana rakit itu semuanya soal skala ekonomi. Supply and demand. Kalau suatu saat mobil ini laku sekali dan perlu inden. Di situlah kita mulai berpikir untuk melakukan CKD,” ujarnya di Jakarta Utara.

Di satu sisi, Ario juga sempat memberikan pendapatnya mengenai hal tersebut. Dimana, ia berpendapat jika pelunag KIA untuk merakit produk-produknya di Indonesia mulai terbuka lebar mengingat tak bisa dipungkiri jika Indomobil telah memiliki fasilitas yang memang dibutuhkan dalam mendukung aktivitas produksi perakitan.

“Indomobil sudah punya sarana, lokasi, dan resources. Pokoknya kalau diperlukan sekarang, Indomobil sudah ada. Cuma, tinggal nunggu nantinya mau bagaimana ke depannya” ujar Ario.

Perlu untuk dipahami juga bahwa tak bisa dipungkiri jika saat ini melalui KIA Seltos, agaknya memicu pergerakan pasar KIA di Indonesia. Artinya, ada kesempatan yang terbuka lebar jika KIA Seltos bisa diproduksi di Indonesia sehingga bisa menekan harga jualnya.