Spesifikasi dan Harga Suzuki APV Arena Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Suzuki APV Arena – Pasar otomotif nasional memang bisa dikatakan memiliki berbagai produk beragam mulai dari berbagai segmentasi yang bisa anda pergunakan. Jenis mobil yang dapat anda gunakan yaitu mulai dari berbagai jenis mobil yang tersedia dari mobil keluarga hingga mobil super sport dengan merk atau produsen mobil yang menciptakan produk tersebut. Nah pada kesempatan kali ini Mas Sena akan mengulas salah satu produk andalan dari pabrikan yang memiliki lambang S. Ya, PT. Suzuki Indomobil Sales dengan mobil APV (All Purpose Vehicle) andalannya yakni Suzuki APV Arena. Mobil buatan Suzuki yang sebenarnya memiliki konsep antara mobil MPV dengan mobil minivan ini telah diciptakan sejak tahun 2004 silam, yang pada saat itu didatangkan secara langsung dari Jepang atau CBU (Completely Build Up). Lalu bagaimanakah bentuk Suzuki APV Arena jika dilihat dari berbagai sisi? Untuk lebih lengkapnya simak ulasan lengkap Mas Sena mengenai Suzuki APV Arena berikut ini!

suzuki apv arena

Setelah pertama kali Suzuki APV Arena pertama kali dipasarkan dan mendapatkan sambutan yang baik dari konsumen maka PT. SIS setelah itu memproduksi sendiri, namun masih mempertahankan desain yang dirancang Suzuki Motor Corporation. Setelah itu pun Suzuki APV Arena mengalami dua kali perubahan yakni pada tahun 2007 dengan varian APV Arena dan pada tahun 2009 dengan varian APV Luxury. Kendaraan minivan buatan Suzuki ini memang memiliki kelebihan dibandingkan mobil MPV karena memiliki kabin yang lebih luas dan sanggup menampung kapasitas penumpang berjumlah 8 orang. Hingga akhirnya mobil Suzuki ini juga dikembangkan menjadi mobil angkut yakni APV BlindVand dan Suzuki Mega Carry. Nah seperti apakah ketangguhan dari mobil MPV ini yang telah mengalami beberapa kali modifikasi? Serta berapakah harga Suzuki APV Arena terbaru? Yuk simak ulasan lebih lengkapnya pada segmen-segmen di bawah ini.

mobil suzuki apv arena

Spesifikasi Suzuki APV Arena

Desain Eksterior yang Menawan

Sesuai dengan fungsinya yakni mobil APV atau minivan nampaknya desain eksterior dari spesifikasi Suzuki APV Arena ini memang dibuat simpel namun tetap terlihat menawan. Mulai dari fascia depannya mobil ini memiliki grill radiator berukuran cukup besar dengan memiliki aksen chrome pada sisi atas dan bawahnya serta dipadukan dengan lampu depan yang menyatu dengan grill tersebut membuat Suzuki APV Arena ini terlihat bergaya dan menawan. Dengan memiliki bumper depan yang memiliki lampu fog lamp pada tiap sisinya juga memberikan kesan yang mewah dan menawan. Sedangkan untuk sisi samping Suzuki APV Arena terlihat cukup menarik dengan memiliki lampu sein pada bagian spionnya dan memiliki tonjolan garis pada bagian bawahnya dari depan sampai dengan belakang akan memberikan kesan yang stylish. Lalu untuk spesifikasi Suzuki APV Arena dibagian belakangnya diberikan kesan sporty berkat aksen rear spoiler berukuran sedang dan memiliki lampu belakang yang cukup besar serta memiliki bumper belakang yang terlihat kokoh.

Desain Interior Penuh dengan Kenyamanan

Karena memiliki ruang yang sangat luas membuat desain interior Suzuki APV Arena ini memberikan kenyaman yang maksimal. Sisi interiornya yang memiliki pilihan warna silver dan hitam ini akan memberikan kesan yang elegan dan rapih. Lalu mulai dari penggunaan material interior yang cukup berkualitas dan memiliki tempat duduk berdesain “Captain Seat” akan memberikan kenyamanan dan keleluasaan yang maksimal saat melakukan perjalanan. Untuk menambah kenyamanan dengan Suzuki APV Arena ini saat melakukan perjalanan pengemudi dan penumpang dapat menikmati kesejukan AC Double Blower dan hiburan audio yang akan memanjakan telinga. Pada bagian depan dari spesifikasi Suzuki APV Arena pun terlihat futuristik dengan beberapa panel yang cukup lengkap yang mana akan memberikan kemudahan bagi pengemudi dan penumpang dalam mengaktifkan fitur yang ada. Beberapa konsol atau tempat penyimpanan pun akan memberikan kemudahan bagi pengemudi dan penumpang untuk menyimpan barang-barang berukuran kecil. Sedangkan untuk menaruh barang bawaan yang berukuran besar dapat memanfaatkan bagasi cadangan pada Suzuki APV Arena ini yang bisa didapatkan dengan cara melipat kursi baris kedua dan ketiga akan memberikan kenyamanan dalam menyimpan barang bawaan saat melakukan perjalanan panjang.

spesifikasi suzuki apv arena

Dimensi APV yang Besar dan tangguh

Lalu pada sektor dimensi dari Suzuki APV Arena ini terlihat besar dan sangat tangguh. Spesifikasi Suzuki APV Arena ini memiliki bodi yang kompak dan didukung oleh dimensi yang berukuran 4.225 x 1.655 x 1.885 mm dengan wheelbase 2.625 mm akan membuat pergerakan mobil ini di jalanan terasa pas meskipun untuk jalanan sempit sedikit merepotkan. Dengan ground clearance yang cukup tinggi yakni 17.5 cm dan didukung oleh sistem Air Intake yang mumpuni membuat Suzuki APV Arena ini tangguh untuk melintasi genangan banjir yang cukup tinggi. Sedangkan berat kosongnya yang seberat mulai dari 1.160 dirasa akan memberikan performa yang responsif untuk ukuran mobil MPV atau Minivan sekelasnya. Mobil ini memiliki tangki bahan bakar berkapasitas 46 liter. Dengan kapasitas tersebut, Suzuki APV Arena mampu menempuh perjalanan yang cukup panjang dengan sekali pengisian secara penuh. Untuk sistem kemudinya yang menerapkan jenis Rack and Pinion akan memberikan kontrol mengemudi yang mudah dan nyaman. Sedangkan untuk sistem suspensinya yang menggunakan jenis MacPherson Strut & Coil Spring pada bagian depannnya dan 3 Link Rigid Axle with Coil Springs pada bagian belakangnya akan merendam goncangan yang terjadi dan juga memberikan performa handling yang mumpuni. Sedangkan spesifikasi Suzuki APV Arena untuk sistem pengeremannya menggunakan Ventilated Disc pada bagian depannya dan Leading & Trailing Drum pada bagian belakangnya dirasa cukup ampuh untuk mengurangi atau menghentikan mobil ini saat melaju.

Dapur Pacu yang Tangguh

Beralih ke spesifikasi Suzuki APV Arena di sektor sistem dapur pacu yang tergolong cukup tangguh untuk ukuran mobil MPV atau Minibus sekelasnya. MPV ini dibekali mesin G15A yang memiliki 4 silinder, 16 katup berkapasitas 1.5 liter serta memiliki rasio kompresi pembakaran 9.5:1 mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 105 Ps pada putaran mesin 6.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 126 Nm pada putaran mesin 3.000 RPM. Dengan tenaga tersebut, Suzuki APV Arena ini akan cukup mudah untuk berakselerasi sehingga mobil ini sangat cocok untuk digunakan di jalanan perkotaan yang memiliki karakter “Stop And Go”. Sistem penyuplai bahan bakar Suzuki APV Arena yang sudah berbasis Multipoint Injection akan menyuplai bahan bakar dengan stabil ke ruang bakar dan memberikan performa optimal serta konsumsi bahan bakar yang efisien. Lalu untuk memberikan performa terbaik dari tenaga tersebut, spesifikasi Suzuki APV Arena menyediakan 2 pilihan transmisi yakni transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Advertisement

harga mobil suzuki apv arena

Fitur yang Dapat Diandalkan

Untuk menunjang segala aspek yang dimiliki oleh spesifikasi Suzuki APV Arena ini maka ditanamkanlah beberapa fitur yang sangat bermanfaat dan dapat diandalkan. Mulai dari fitur bagian luarnya yakni Air Intake yang di padukan dengan Ground Clearance cukup tinggi akan membuatnya lebih tangguh dalam melewati genangan air maupun jalanan yang tidak rata. Suzuki APV Arena ini juga telah menggunakan basis desain Monocoque Body with Ladder Frame integrated yang membuatnya sangat kokoh sehingga lebih aman dari terjadinya benturan dan juga memberikan bobot yang relatif ringan. Ada juga fitur keselamatan Teknologi  TEC pada spesifikasi Suzuki APV Arena yang akan memberikan perlindungan ketika terjadi benturan keras akibat kecelakaan.

Sedangkan untuk fitur yang lainnya Suzuki APV Arena ini memiliki Seatbelts with 3 Point ELR pada semua jok akan memberikan perlindungan yang maksimal saat terjadinya kecelakaan atau rem mendadak yang mencegah tubuh terpental ke depan. Lalu Height Adjuster yang terdapat pada kursi bagian depan akan memudahkan untuk mengatur ketinggian yang diinginkan. Suzuki APV Arena ini juga dilengkapi dengan Side Impact Beam yang mana dapat mengurangi terjadinya kerusakan parah saat terjadi benturan yang keras pada sisi sampingnya sehingga keselamatan pengemudi dan penumpang lebih terjamin. Untuk menjamin keamanan unit kendaraan, Suzuki APV Arena ini juga menyediakan fitur Keyless Entry with Alarm yang dapat mencegah dari risiko terjadinya pencurian.

Suzuki APV Arena

Mesin
Jenis Mesin G15A
Isi Silinder 1.493 cc
Jumlah Katup 16
Jumlah Silinder 4 inline
Diameter X Langkah 75.0 x 84.5 mm
Perbandingan Kompresi 9.5 : 1
Daya Maksimum 105PS/6,000rpm
Torsi Maksimum 126Nm/3,000rpm
Sistem Bahan Bakar Multipoint Injection
Transmisi
Tipe Transmisi 4-Speed (A/T) / 5-Speed (M/T)
Perbandingan Gigi Akhir 4,300 (5-Speed Manual), 5,375 (4-Speed Automatic)
Dimensi
P x L x T 4.225 x 1.655 x 1.855 mm
Jarak Poros Roda 2.625 mm
Jarak Pijak Depan 1.4355 mm
Jarak Pijak Belakang 1.435 mm
Jarak Terendah 175 mm
Radius Putar Minimum 4.9 m
Rangka
Sistem Kemudi Rack & Pinion
Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang 3-Link Rigid Axle with Coil Springs
Rem Depan Ventilated disc
Rem Belakang Leading & Trailing Drums
Ukuran Ban 185/80 R14 – New APV Arena SGX Lux available on R15 and R17
Tempat Duduk 8 Persons
Tangki Bahan Bakar 46 Liter

spesifikasi mobil suzuki apv arena

Harga Suzuki APV Arena

Sampailah kita di segmen yang menarik yaitu harga Suzuki APV Arena setelah tadi bersama Mas Sena melihat spesifikasi mobil MPV Suzuki ini dari berbagai sisinya. Bagaimana bro dan sis, sangat menarik dan lengkap bukan? Sebelum Mas Sena memberikan informasi harga Suzuki APV Arena terbaru, maka ada baiknya Mas Sena menarik sedikit kesimpulan mengenai mobil ini. Menurut Mas Sena mobil ini adalah mobil keluarga yang sangat dapat diandalkan untuk segala macam kebutuhan. Dengan memiliki kabin yang sangat luas dipadukan dengan desain interior yang cukup berkualitas akan memberikan kenyamanan yang maksimal saat melakukan perjalanan setiap saat. Performa dari mesin Suzuki APV Arena ini juga dapat diandalkan karena tergolong bertenaga sehingga memberikan kemudi yang nyaman. Didukung dengan desain eksterior yang menawan akan membuat mobil ini terasa menarik untuk digunakan. Apalagi beberapa fitur yang disematkan juga dapat diandalkan untuk menjamin keamanan dan keselamatan bagi pengemudi maupun penumpang. Lalu berapakah harga Suzuki APV Arena yang dibanderol di Indonesia ini?

harga suzuki apv arena

Memasuki tahun 2016, terhitung banderol harga Suzuki APV Arena mengalami kenaikan, meski tak terlalu siginifikan dibanding tahun lalu. Untuk New APV Arena tipe GL 1.5 dengan transmisi manual dibanderol dengan harga sekitar Rp 179,5 juta. Kemudian untuk New APV Arena tipe GX 1.5 dengan transmisi manual dijual dengan harga lebih mahal dari tipe GL, yakni di kisaran Rp 192 jutaan. Selanjutnya, di atas harga Suzuki APV Arena tipe GL dan GX ada New APV Arena tipe SGX 1.5 yang dibanderol dengan harga Rp 209 jutaan untuk transmisi otomatis, dan Rp 194,5 jutaan untuk transmisi manual. Selanjutnya untuk New Suzuki APV Arena tipe SGX Luxury, masing-masing varian dijual mulai harga rata-rata di atas Rp 200 jutaan. Salah satu contohnya adalah New APV Arena SGX Luxury A/T  dijual dengan harga mulai Rp 227,7 jutaan. Dan untuk New APV Arena SGX Luxury M/T harganya lebih murah, yakni Rp 2113,7 jutaan. Sementara dua tipe Luxury dengan velg 17 inci  menjadi model yang paling mahal. Harga Suzuki APV Arena SGX Luxury A/T R17 adalah sekitar Rp 257,7 jutaan, sedangkan untuk tipe transmisi manual harganya mulai Rp 231,7 juta.

Harga Suzuki APV Arena

Tipe Harga
APV GL 1.5 M/T Rp 179.500.000,-
APV GX 1.5 M/T Rp 192.000.000,-
APV SGX 1.5 A/T Rp 209.000.000,-
APV SGX 1.5 M/T Rp 194.500.000,-
APV SGX LUXURY A/T R15 Rp 227.700.000,-
APV SGX LUXURY M/T R15 Rp 213.700.000,-
APV SGX LUXURY A/T R17 Rp 257,700.000,-
APV SGX LUXURY M/T R17 Rp 231.700.000,-
Daftar Harga Mobil Suzuki

Namun Mas Sena perlu mengingatkan kembali pada bro dan sis semua apabila harga Suzuki APV Arena terbaru tersebut hanya berlaku pada DKI Jakarta dan sekitarnya saja. Jadi bagi bro yang tinggal diluar daerah bisa jadi akan mengalami sedikit perubahan harga dari yang Mas Sena utarakan diatas. Bro harus dapat memaklumi hal tersebut karena faktor distribusi pasti berpengaruh besar dalam pembentukan harga Suzuki APV Arena ini. Oleh karena itu bagi bro yang berminat untuk memiliki mobil ini segeralah mendatangi dealer-dealer Suzuki terdekat dari wilayah anda tinggal untuk menanyakan mengenai informasi resminya. Anda juga dapat sekalian menjajal performa Suzuki APV Arena ini dengan melakukan test drive pada area show room tersebut.

harga apv arena

Bagaimana sudah tahu kan sekarang spsifikasi serta harga Suzuki APV Arena terbaru? Sebenarnya konsep dari mobil ini tidak sepenuhnya lekat di MPV tetapi lebih mengarah pada bentuk  Minivan. Berbicara soal efisiennya barangkali produk ini bersaing ketat dengan Daihatsu Grand Max MiniBus yang sama-sama mampu mengangkut banyak orang dalam satu waktu. Bedanya adalah Suzuki APV Arena ini memiliki desain yang lebih ekslusif daripada Daihatsu Grand Max. Namun jika kita membandingkan mengenai dapur pacu yang disematkan dan kemampuan bermanuver Mas Sena rasa tidak berbeda jauh kok. Tetapi kalau soal harga sih memang sedikit lebih mahal Suzuki APV Arena untuk satu unitnya. Tetapi kesimpulan tersebut adalah sekadar opini saja dari kami dan Mas Sena menyerahkan segala keputusan pada anda semua sebagai konsumen untuk menentukan mana yang MPV terbaik yang anda kendarai serta anda bawa pulang ke garasi rumah anda karena pastinya anda lebih tahu mengenai mobil mana yang lebih sesuai dengan selera anda. Itulah ulasan harga Suzuki APV Arena terbaru pada segmen terakhir kali ini yang sekaligus menutup perjumpaan Mas Sena pada kesempatan review kali ini. Baca juga Daihatsu Grand Max MiniBus dan Daihatsu Luxio.

  • Untuk memenuhi kebutuhan mobil keluarga yang membutuhkan fleksibilitas
    yang tinggi dengan kabin penumpang yang sangat lega Suzuki menghadirkan
    APV sebagai mobil keluarga. Suzuki APV terbaru didesain dengan eksterior
    yang lebih mewah, elegan, interior luas, juga aman buat para wanita tapi
    harga tetap terjangkau. Hasil lomba irit bahan bakar yang pernah
    diadakan Suzuki APV dibeberapa kota, rekor tertinggi Suzuki APV 35,6
    km/liter.

Top