Mazda Indonesia Andalkan SUV dan Hatchback untuk Bersaing

Mazda Andalkan SUV dan Hatchback untuk Bersaing di Indonesia – Di bulan April 2020, salah satu produsen otomotif asal Jepang melalui agen PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), kabarnya telah mencatatkan target penjualan di Tanah Air sebanyak 7000 unit khusus di tahun 2020. Guna capai angka tersebut, produsen asal Negeri Sakura ini mengandakan mobil SUV dan hatchback untuk bersaing bersama para kompetitornya di Tanah Air.

Di sisi lain, berdasarkan atas informasi terbaru, salah satu puggawa Mazda, yakni Fedy Dwi Parileksono selaku Head of Department PR and Media Communiations PT EMI mengungkapkan bahwa memang bila dipandang dari sisi penjualan pada tahun 2019 lalu, ia tak memungkiri jika Mazda masih mengandalkan moodel seperti CX-5, Mazda2, dan Mazda CX-3. Ketiga model tersebut dinilai punya pangsa pasar yang cukup luas di Indonesia.

Mazda Andalkan SUV Dan Hatchback Untuk Bersaing Di Indonesia

“Kalau dilihat dari persentasenya, Mazda CX-5 berkontribusi 40 persen, Mazda2 sekitar 30 persen, dan Mazda CX-3 sekitar 15 persen. Sisanya kontribusi dari model lain,” ujar Fedy tanpa menyebutkan detail angka penjualan tiga model tersebut, di sela-sela media test drive Mazda CX-30 di Bandung, Jawa Barat pada Senin (24/2/2020).

“Karena kan SUV masih pegang peranan di Indonesia, terutama CX-5. Terlebih, saat ini ada CX-8, jadi pilihannya lebih banyak,” tegas Fedy mengenai model yang jadi andalan Mazda.

Sementara itu, mengenai model terbaru yang kabarnya bakal dirilis oleh Mazda, agaknya masih belum ada informasi secara detail. Bukan tanpa alasan mengingat Mazda sendiri masih fokus dalam menambah jaringan penjualannya dengan penambahan dealer di Tanah Air.

“Kita bereskan beberapa dealer, yang sekiranya tidak sejalan dengan visinya EMI kita kasih pilihan. Beberapa memutuskan tidak berjualan Mazda kita hargai pendapatnya, kita juga masih terus mencari dealer pengganti yang baru, sampai jumlah memadai ideal,” tambah Fedy dalam keterangannya.

Di satu sisi, menurut informasi terkini yang beredar, untuk tahun 020 ini kabarnya Mazda sedang melakukan penambahan 3 dealer di beberapa wilayah yang tersebar di Indonesia.