Lebih Fokus Kembangkan SUV, Mazda Enggan Produksi MPV

Mazda Tak Ingin Jual MPV di Indonesia – Agaknya, melalui PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Mazda Indonesia masih tetap fokus untuk mengandalkan model mobil SUV dan hatchback untuk dijual di Tanah Air. Namun, kabarnya justru Mazda sendiri mengaku jika pihaknya tak ada rencana utuk meluncurkan MPV baru sebagaimana VX-1 yang sempat djual di Indonesia.

Ini tentu menjadi sebuah tanda tanya besar mengingat segmen mobil MPV sendiri adalah sektor pasar yang memang terbilang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Lantas, kenapa PT EMI lebih memilih SUV dan hatchback ketimbang mobil keluarga (MPV)?

Mazda Tak Ingin Jual MPV Di Indonesia

Menurut Head of Department PR and Media Communications PT EMI, yaknki Fedy Dwi Parilaksono, bahwa memang diakuinya jika saat ini model MPV sudah tak lagi diproduksi oeh Mazda di seluruh dunia. Artinya, di pasar global pun, Mazda sudah tak akan menjual mobil MPV lagi.

“Secara global, Mazda memang sudah tidak lagi mengembangkan model sekelas MPV, dan global direction mengarah ke SUV. Model seperti Mazda5, Mazda8, dan Mazda Biante tidak akan diproduksi lagi,” ungkap Fedy dengan jelas, belum lama ini.

Fedy mengungkapkan bahwa salah satu alasannya yakni untuk saat ini, bagi PT EMI maupun Mazda prinsipal di Jepang sendiri menganggap bahwa MPV sudah tak lagi memiliki pangsa yang besar. Justru Mazda menilai jika SUV adalah model yang saat ini menunjukkan grafik yang naik.

“Demand yang tinggi saat ini di kelas SUV, dan itu mengikuti pasar global,” tegasnya.

Terlepas dari itu, mengenai target yang dicanangkan, diketahui bahwa untuk saat ini PT EMI sendiri mengungkapkan bahwa pihaknya masih tetap fokus mengandalkan model SUV Sport dan hatchback untuk bersaing di Indonesia. Beberapa di antaranya seperti CX-5, Mazda2, dan Mazda CX-3 serta tak ketinggalan Mazda CX-30.