Wuling Berencana Kembangkan Mobil Baru di Indonesia

Wuling dikabarkan sedang kembangkan model terbaru yang dikhususkan untuk pasar Indonesia

Wuling Sedang Siapkan Model Baru di Indonesia – Tak bisa dipungkiri bahwa kiprah PT SGMW Indonesia (Wuling Motors) di Tanah Air memang terbilang sangat memuaskan. Bagaimana tidak? Sudah 1000 hari berkiprah di Indonesia, berbagai model buatan pabrik asal Cinta tersebut sudah mulai dikenal dan bersaing ketat dengan model lain.

Memang, dari awal hadir di Indonesia sampai awal Mei 2020, beberapa produk Wuling yang dijual di Tanah Air masih dalam satu lini jajaran dengan model yang sebelumnya sudah ada di Cina. Seperti Confero yang mengusung basis dari model Hongguang, lalu ada Cortez yang mengusung dari Baojun 370 dan Almaz yang mengadopsi Bjoun 530.

Wuling Sedang Siapkan Model Baru Di Indonesia

Meski beberapa produk Wuling tersebut dinilai sudah diterima oleh masyarakat Indonesia, namun agaknya masih belum afdol jika Wuling tak mengembangkan produk baru yang memang ditujukan khusus untuk pasar lokal, yang dalam hal ini di Indonesia. Apalagi, Wuling pun dianggap sudah mampu memahami kebutuhan pasar atau konsumen di Tanah Air.

Nah, terkait akan hal tersebut, dalam hal ini Product Planning PT SGMW Wuling Indonesia, Danang Wiratmoko pun turut serta memberikan penjelasan bahwa jika pengembangan model ‘rasa lokal’ sebenarnya sudah menjadi wacana dan mulai dilakukan.

“Salah satu tujuannya, terus menambah komponen lokal, dan arahnya suatu ketika kita bisa bikin produk tersebut (rasa lokal),” jelas Danang.

Hanya saja, sampai detik ini, Wuling Indonesia masih belum bisa menerapkan strategi soal rencana produk baru yang dikhususnya untuk memenuhi kebutuhan di pasar Indonesia. Mengingat, masih diperlukan beberapa pengamatan, survey, dan tentunya berbagai faktor lain agar bisa sesuai dengan target market di Tanah Air.

“Contohnya, seperti desain center kita belum ada, lalu powertrain development yaitu mesin dan transmisi masing menggunakan aset headquarter. Sedikit demi sedikit, lokal konten akan kita tambah, dan tujuannya membuat produk yang benar-benar dari Indonesia,” pungkasnya.

Maka dari itu, meski masih menjadi wacana namun Wuling Motors masih perlu beberapa pertimbangan mendalam sebagai langkah persiapan dalam mengembangkan produk rasa lokal di pasar otomotif Indonesia.