Spesifikasi dan Harga Yamaha WR250R Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Yamaha WR250R – Luasnya daratan dengan berbagai kondisi medan yang terjal atau off-road di Indonesia ternyata menjadikan kesempatan bagi beberapa produsen otomotif baik itu motor ataupun mobil untuk menciptakan produk yang handal untuk melibas medan off-road yang terjal. Salah satunya yang berani menanggapi tantangan kondisi alam yang sulit ini adalah Yamaha Indonesia Motor Manfacturing (YIMM) yang pada awal tahun ini tepatnya pada Februari 2015, mereka menghadirkan motor penggaruk tanah andalannya yang berkapasitas 250 cc. Motor trail tersebut adalah Yamaha WR250R yang sebenarnya telah diproduksi dan dikenalkan pertama kali sejak tahun 2008 lalu. Nah seperti apakah ketangguhan Yamaha WR250R ini? Simak ulasan lebih lengkapnya mengenai ulasan Yamaha WR250R bersama Mas Sena pada kesempatan yang spesial ini!

yamaha wr250r

Sekedar informasi motor penggaruk tanah berkubikasi 250 cc ini merupakan motor CBU (Competely Build Up) yang didatangkan langsung dari negara asalnya yakni Jepang. Yamaha WR250R ini sebenarnya diperkenalkan bersamaan dengan motor CBU Yamaha lainnya yakni Yamaha MT-09 pada pameran akbar otomotif tanah air yaitu Indonesia Motor Show (IMOS) akhir tahun lalu. Baru beberapa hari diperkenalkan rupanya motor Yamaha ini telah mendapatkan penggemar serta penginden yang cukup banyak. Dengan hal tersebut maka bisa dipastikan bahwa Yamaha WR250R ini menjadi penantang berat bagi motor CBU lainnya yakni seperti Kawasaki KLX 250, Honda CRF250 dan beberapa merk lainnya yang sudah hadir di Indonesia. Pastinya bro penasaran kan dengan motor penggaruk tanah yang menjadi primadona pada IMOS ini? Simak ulasan lengkap mengenai spesifikasi Yamaha WR250R pada segmen-segmen berikut ini untuk mengetahui informasi detailnya.

motor yamaha wr250r

Spesifikasi Yamaha WR250R

Desain Trail yang Gagah, Macho dan Sporty

Membahas sektor desain sepertinya apabila kita perhatikan motor-motor ciptaan Yamaha memanglah juaranya. Begitupun pada motor mereka yang satu ini. Spesifikasi Yamaha WR250R ini memiliki desain yang sangat tangguh, gagah, macho dan sporty sesuai dengan basisnya yakni motor trail untuk keperluan off road. Mulai dari sisi depannya yang memiliki tampilan simpel khas motor trail yakni dengan desain lampu utama mengkotak dipadukan dengan lampu sein terpisah serta memiliki shock depan beraksen Up Side Down (USD) membuat motor trail ini terlihat sporty. Lalu dengan menggunakan stang berjenis motorcross bar dipadukan dengan jok yang berukuran sedang akan membuat pengemudi Yamaha WR250R lebih mantap dan nyaman dalam melibas medan off road yang berat. Bagian sampingnya pun memiliki mesin yang terlihat padat dan memiliki desain bodi ciri khas motor cross akan memberikan kesan yang gagah dan macho. Lalu bagian belakang dari spesifikasi Yamaha WR250R terlihat begitu eksotis dan macho karena memiliki knalpot yang menempel pada bagian kanannya serta memiliki stoplamp, lampu sein terpisah dan memiliki sepatbor yang menggantung. Perpaduan dari bagian depan hingga belakangnya yang saling mendukung membuat Yamaha WR250R ini semakin mantap untuk digunakan di medan terjal atau off-road yang sulit.

Spedometer Simple yang Futuristik

Selanjutnya bagian dashboard yang ada pada spesifikasi Yamaha WR250R ini memiliki bentuk simpel yang futuristik. Spedometer bertipe digital dengan desain persegi panjang akan memberikan informasi yang mudah dibaca oleh pengguna untuk mengetahui kondisi Yamaha WR250R ini serta memberikan tampilan modern dan futuristik. Pada spedometer digital tersebut memiliki beberapa indikator seperti pengukur kecepatan, indikator jarak tempuh, indikator bahan bakar tersedia, jam dan diagnostik Yamaha WR250R ini. Nampaknya memang bukan hal yang begitu mengagetkan untuk sebuah motor trail tidak memiliki petunjuk RPM meter dan membuat pengendara harus mengandalkan feeling atau perasaan saat melakukan pergantian gigi. Beberapa indikator lampu yang terpisah dengan indikator digital, baik itu indikator gigi netral, lampu utama, lampu sein, mesin dan suhu mesin juga dapat memberikan informasi mengenai motor ini saat digunakan.Spesifikasi Yamaha WR250R juga dilengkapi dengan sebuah tombol yang dapat memberikan setelan berkendara sesuai dengan lintasan yang dilewati.

spesifikasi yamaha wr250r

Dimensi Trail yang Tangguh dan Handal

Sesuai dengan fungsinya yaitu motor trail yang digunakan untuk medan terjal sulit maka Yamaha WR250R ini dirancang tangguh dan handal untuk keperluan tersebut. Spesifikasi Yamaha WR250R ini dibekali dengan detail dimensi yang berukuran 85 x 31.9 x 48.4 inci  dengan ketinggian tempat duduk 36.6 inci dan jarak antar sumbu roda berukuran 55.9 inci membuat motor ini sangat baik untuk digunakan di segala macam jenis jalanan yang ada baik itu on road maupun off road. Bahkan dengan ground clearance yang tinggi yakni berukuran 11.8 inci membuat Yamaha WR250R ini sangat tangguh dan handal untuk menerjang jalanan banjir ataupun menerjang sungai dengan kedalaman tertentu yang memiliki medan berbatu terjal cukup sulit. Bobot kosongnya yang hanya mencapai 133 kg yang seukuran dengan motor sport batangan 150 cc membuat motor trail 250 cc ini terasa sangat beringas, responsif dan mudah untuk dikendalikan. Kapasitas tangki bahan bakar yang ada pada spesifikasi Yamaha WR250R ini sanggup menampung hingga 7.5 liter dirasa cukup banyak untuk dapat menjelajah medan terjal yang sulit dan berjarak jauh. Karena motor ini diklaim dapat menempuh jarak 25-30 km per liter bahan bakar yang digunakan.

Kaki-kaki yang Dapat Diandalkan

Selanjutnya beralih ke kaki-kaki dari spesifikasi Yamaha WR250R ini. Memiliki basis frame semi double cradle memberikan kontrol kemudi yang mudah dan ringan untuk dikendalikan. Apalagi dipadukan dengan suspensi depan berjenis Inverted Fork Up Side Down dan Single Shock pada bagian depan Yamaha WR250R membuat performa handling sangat tangguh dan dapat diandalkan. Apalagi kedua shock tersebut dapat diatur kekerasannya dan memiliki jenis 10.6 in travel yang membuat motor ini semakin sempurna untuk melibas medan off road yang terjal. Lalu pada bagian penumpunya, Yamaha WR250R menggunakan ban berukuran 80/100 dengan velg berukuran 21 inci pada bagian depannya dan 120/80 dengan velg berukuran 18 inci membuat pijakan terasa stabil dan mantap. Bahkan dengan tingginya roda tersebut membuat motor ini mudah untuk melewati genangan air ataupun melewati lintasan yang tidak rata. Untuk sistem pengereman pada spesifikasi Yamaha WR250R pun sangat tangguh yakni berjenis Hydraulic Disck berukuran 250 mm pada bagian roda depannya dan 230 mm pada bagian roda belakangnya dirasa sudah sangat baik untuk mengurangi atau menghentikan laju motor trail ini.

Advertisement

harga motor yamaha wr250r

Dapu Pacu yang Bertenaga dan Tangguh

Saatnya mengulas dapur pacu dari spesifikasi Yamaha WR250R yang dibekali dengan tenaga yang tangguh ini. Memiliki mesin berkapasitas 250 cc terdiri dari 1 silinder, DOHC, 4 klep titanium dengan pendingin udara cairan diklaim membuat motor Yamaha ini dapat menyemburkan tenaga maksimal mencapai 30.4 HP pada putaran mesin 10.000 RPM dan menghasilkan torsi maksimal mencapai 23.7 Nm pada putaran mesin 8.000 RPM membuat motor ini sangat tangguh untuk melewati medan off road yang sangat terjal sekalipun. Bahkan dengan tenaga tersebut, Yamaha WR250R ini sanggup mengalahkan motor sport berfairing kelas 250 cc lainnya. Informasi tersebut Mas Sena lihat dari sebuah situs video online yang terkenal di dunia. Tenaga tersebut disalurkan melalui tramsisi manual 6 percepatan. Dengan teknologi Fuel Injetion sebagai penyuplai bahan bakar Yamaha WR250R maka akan memberikan semprotan ke ruang bahan bakar yang stabil sehingga memberikan performa yang optimal dan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Fitur khas Off-Road

Sampai juga pada ulasan terakhir mengenai spesifikasi Yamaha WR250R pada fitur-fiturnya. Motor trail andalan Yamaha yang berkubikasi 250 cc ini memiliki gen yang persis seperti motorcross andalan mereka yakni Yamaha YZ Series sehingga memberikan performa off-road yang tangguh untuk semua jenis lintasan. Meskipun Yamaha WR250R ini memiliki basis Enduro Bike namun motor trail Off Road ini juga dapat digunakan untuk jalanan On Road yang mulus. Sistem dapur pacunya yang memiliki katup intake bermaterial titanium, foget piston dan DiAsil Silinder akan menghasilkan performa yang handal, powerfull dan memiliki durabilitas atau ketahanan yang sangat tinggi. ECU sebagai otak pemrosesan mesin yang dikendalikan dengan EXUP Exhaust Valve akan memberikan power band yang luas sehingga performa Yamaha WR250R akan dirasakan sangat optimal dan merata pada semua putaran mesinnya.

Spesifikasi Yamaha WR250R pada bagian pencahayaannya yang memiliki jenis LED di bagian stoplamp akan memberikan kesan yang modern dan futuristik. Memiliki sistem pengaturan setelan pengereman bagian depan dan kedua suspensinya akan memberikan kenyamanan maksimal saat melintasi medan off-road yang memiliki tingkat kesulitan berbeda-beda. Yamaha WR250R ini juga memiliki sistem pendinginan mesin berbasis cairan atau Liquid Cooled (LC) dapat menjaga suhu mesin agar tetap stabil dan tidak overheat. Beberapa panel yang dihadirkan dalam spedometer digital tersebut pun akan memberikan manfaat untuk mengetahui waktu saat menjelajah medan off road tertentu. Penggunaan Frame atau kerangka pada spesifikasi Yamaha WR250R yang terinspirasi dari motor trail YZ Series andalan Yamaha akan memberikan kekuatan yang tinggi dan karakteristik yang sangat baik untuk semua jenis lintasan.

Yamaha WR250R

Mesin
Tipe Mesin Liquid-cooled, 4-stroke, DOHC, 4-valves, Forward-inclined single cylinder
Kapasitas Isi Silnder 250cc
Diameter x Langkah 77,0 x 53,6 mm
Kompresi Rasio 11,8:1
Daya Maksimum 22,6 kW (30,7 PS) @ 10.000 rpm
Torsi Maksimum 23,7 Nm (2,42 kg-m) @ 8.000 rpm
Sistem Pelumasan Wet sump
Tipe Kopling Basah, Multiple-disc coil spring
Sistem Bahan Bakar Electronic Fuel Injection
Sistem Pengapian TCI
Sistem Starter Electric
Sistem Transmisi Konstan Manual, 6-Speed
Sasis
Rangka Semi Double Cradle
Suspensi Depan Upside-down Teleskopik
Suspensi Belakang Swingarm (link suspension)
Rem Depan Single Disc, 250mm
Rem Belakang Single Disc, 250mm
Ban Depan 80/100-21M/C 51P
Ban Belakang 120/80-18M/C 62P
Dimensi
P x L x T 2,180 x 810 x 1,230 mm
Tinggi Jok 930 mm
Jarak Sumbu Roda 1,420 mm
Ground Clearance 300 mm
Berat Kotor (Termasuk Oli dan BBM) 134 kg
Kapasitas Tangki BBM 7,6 L

spesifikasi motor yamaha wr250r

Harga Yamaha WR250R

Yuk sekarang kita beralih ke segmen harga Yamaha WR250R setelah daritadi kita melihat bersama spesifikasi motor trail Yamaha ini dari semua sisinya. Bagaimana bro dan sis, sangat menarik dan lengkap bukan untuk anda simak? Sebelum Mas Sena membisikkan harga Yamaha WR250R terbaru yang dibanderol, ada baiknya Mas Sena menarik kesimpulan lebih dahulu mengenai Yamaha WR250R ini. Menurut Mas Sena motor trail CBU berkubikasi 250 cc andalan Yamaha ini sangat tangguh dan handal untuk keperluan off road maupun on road. Dengan desainnya yang ciamik didukung dengan dimensi dan kaki-kaki yang mumpuni membuat Yamaha WR250R ini pasti menjadi pusat perhatian jika dibawa di jalanan umum. Apalagi dengan performa mesinnya yang sangat powerfull membuat motor trail ini sangat tangguh untuk digunakan pada semua jenis lintasan yang ada. Bahkan dengan berbagai fitur yang mumpuni dapat memberikan pengalaman berkendara yang semakin nyaman dan aman. Lalu berapakah harga Yamaha WR250R terbaru yang akan dibanderol di Indonesia ini?

harga yamaha wr250r

harga yamaha wr250r terbaru

Hadir sebagai pengisi line-up motor CBU lansiran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), banderol harga Yamaha WR250R sudah bisa dipastikan akan berada di atas rata-rata motor berkapasitas 250cc lainnya. Benar saja, berdasarkan pantauan Mas Sena, kisaran harga motor trail berkapasitas mesin 250cc ini adalah sekitar Rp 93 jutaan. Wow, sebuah harga yang fantastis! Bahkan, banderol harga Yamaha WR250R ini jauh berada di atas motor off-road di kelas yang sama, namun merupakan produk CKD (Completely Knock Down) alias dirakit di Indonesia. Mahalnya banderol harga untuk motor trail Yamaha WR250R ini memang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain biaya impor yang cukup tinggi mengingat seri WR250R ini merupakan produk eksklusif dari Yamaha Indonesia, teknologi yang ada di dalam mesinnya pun merupakan teknologi tinggi dengan standar motor global. So, wajar jika memang akhirnya banderol harga Yamaha WR250R di Indonesia sangatlah mahal, hampir menyentuh Rp 100 jutaan.

Harga Yamaha WR250R
Sekitar Rp 93.000.000,- (OTR Jakarta)

Bagaimana sudah tahu harga Yamaha WR250R terbaru serta spesifikasinya kan? Motor trail tersebut memang dilepas lebih mahal daripada motor trail lain buatan kompetitor seperti Kawasaki KLX 250 ataupun Honda CRF 250 karena motor Yamaha ini berstatus CBU. Soal kualitas CBU sudah tidak perlu bro ragukan lagi karena motor ini diproduksi langsung di Jepang dan melalui berbagai tes uji kualitas yang sangat ketat untuk menghasilkan kualitas produk paling prima. Jadi wajar saja apabila harga Yamaha WR250R yang dibandrol jauh lebih tinggi daripada yang lain. Apabila anda adalah konsumen yang mementingkan kualitas serta siap menyiapkan budget yang tinggi maka tidak ada salahnya untuk menjadikan Yamaha WR250R sebagai kuda besi tunggangan anda. Lagi pula motor trail ini menawarkan keampuhan dalam melewati berbagai medan serta dapat memuaskan hasrat anda untuk menjelajah alam liar yang sulit dilewati oleh kendaraan. Namun apabila anda lebih memilih motor trail buatan pabrikan lain juga tidak masalah karena anda lah sebagai konsumen yang dapat menentukan mana motor trail yang terbaik pada semua sektor untuk akhirnya anda pilih sebagai teman berkendara. Itulah ulasan harga Yamaha WR250R terbaru pada segmen terakhir kali ini yang sekaligus menutup perjumpaan Mas Sena pada kesempatan kali ini. Sampai jumpa. Baca juga Viar Cross X200 dan Kawasaki Ninja 250 FI.

Top