Safety Car MotoGP 2015 Kembali Dipercayakan Kepada BMW

BMW M4 Coupe Official Safety Car MotoGP 2015 – Memasuki musim balap MotoGP 2015 ini, Dorna dan FIM selaku penyelenggara resmi terus berbenah agar memberikan tontonan balap motor yang berkualitas serta memberikan kenyamanan dan keamanan bagi siapapun yang terlibat dalam MotoGP musim 2015 ini. Salah satunya adalah mengenai fasilitas pengecekan lintasan balap yang akan digunakan untuk berkompetisi. Pada tahun 2015 ini, produsen mobil yang memiliki pusat pabrikan di Jerman yaitu BMW kembali dipercayakan menjadi bagian dari Safety Car MotoGP 2015. Diketahui mobil yang digunakan untuk mengecek lintasan sebelum balap dilakukan adalah mobil sport BMW seri M4 Coupe.

Safety Car MotoGP 2015 Kembali Dipercayakan Kepada BMW

Sekedar informasi bahwa mobil sport BMW M4 Coupe yang didaulat sebagai Safety Car MotoGP 2015 tersebut memiliki konfigurasi mesin V6 dengan M TwinPower Turbo dapat menyemburkan tenaga maksimal mencapai 431 HP dengan torsi maksimum mencapai 550 Nm. Mobil sport andalan BMW ini memiliki fitur water injection menjadi inovasi pada M4 MotoGP Safety Car. Fitur ini yang membuat performance kendaraan semakin tinggi. Dengan adanya udara diinjeksikan ke kolektor modul intake sebagai penyemprot yang secara signifikan dapat mendinginkan buangan udara saat terjadinya penguapan. Tentunya dengan komponen tersebut dapat mendinginkan temperatur di ruang bakar cukup signifikan sehingga menurunkan kemungkinan terjadinya knocking atau mesin menggelitik yang mengakibatkan performa menurun.

Manfaat selanjutnya juga dihasilkan dari mesin turbo, yang dapat berkerja dalam tekanan yang lebih tinggi dan memberikan titik pengapian yang lebih dini. BMW M4 Copue ini juga punya sistem pendinginnya canggih yaitu di sebelah radiator utama, terdapat radiator-radiator tambahan untuk menyeimbangkan pengendalian suhu tinggi dan rendah pada sirkuit temperatur, gearbox dan turbocharger. Udara panas dari turbocharger didinginkan dengan indirect intercooling dibantu tambahan pompa air listrik. Untuk bagian interiornya, kursi belakang mobil sport ini dihilangkan dan kursi depan diganti kursi balap Recaro dengan sabuk Schroth sehingga lebih nyaman saat mengitari lintasan untuk memastikan keamanan, kenyaman dan kelayakan balap MotoGP di tiap seri Grand Prixnya.

Sepertinya BMW sangat dipercaya oleh Dorna dan FIM (Federation International Motorcyle) karena produk mereka lainnya seperti M3 dan M6 Gran Coupe juga didaulat sebagai Safety Car. Ada juga BMW M550d xDrive Touring yang akan menjadi Safety Officer Car dan BMW X5 yang akan menjadi Medical Car operasional untuk MotoGP musim 2015 ini. Menariknya pada tahun ini mereka mengadirkan fasilitas baru Safety Bike yang berupa motor sport andalan mereka yaitu BMW S1000 RR. Baca juga BMW S1000 RR Official Safety Bike MotoGP 2015 dan Ragam alasan konsumen memilih menggunakan SUV.

Top