Perbedaan Tipe Datsun GO+ Panca

Perbedaan Tipe Datsun GO+ – Beberapa tahun belakangan ini memang produk otomotif yang berupa mobil keluarga dengan harga yang terjangkau memang sangat diminati oleh berbagai kalangan masyarakat di tanah air. Hal ini terbukti dari banyaknya respon positif pada mobil-mobil MPV ataupun LCGC. LCGC (Low Cost Green Car) sendiri merupakan mobil dengan harga yang terjangkau dan memiliki emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan jenis mobil lainnya. Datsun merupakan salah satu produsen mobil murah yang menciptakan mobil LCGC terbaru dan tergolong pemain baru pada pasar otomotif nasional. Mobil hatchback terbarunya yaitu Datsun GO+ Panca yang telah dipasarkan sejak tahun 2014 lalu. Mereka mendapatkan sambutan yang baik dan mendapatkan tempat di hati konsumen yang menginginkan mobil dengan harga yang murah. Nah kali ini Mas Sena ingin membahas perbedaan tipe Datsun GO+ Panca untuk anda semua. Ternyata di tiap tipe terdapat perbedaan fitur yang membuat masing-masing tipe tampak berbeda. Lalu apakah itu? Yuk langsung saja kita lihat pembahasan Mas Sena tentang perbedaan tipe Datsun GO+ Panca dalam sesi kali ini.

perbedaan tipe datsun go+ panca

Sebelum Mas Sena membahas perbedaan 5 tipe Datsun GO+ Panca pastinya anda sudah tahu jika mobil Datsun ini memiliki harga yang terjangkau namun dilengkapi dengan berbagai fitur keren untuk mobil hatchback, sehingga tidak bisa dianggap remeh dan patut diapresiasi. Bahkan desainnya pun yang memiliki konsep sporty dan memiliki tingkat ergonomis yang baik membuat mobil ini tidak terlihat jika dibanderol dengan harga yang terjangkau. Sebelumnya Mas Sena juga sudah melakukan review Datsun GO+ pada sesi sebelumnya. Nah ternyata setelah melakukan review terhadap mobil hatchback andalan Datsun ini, ternyata Datsun GO+ ini memiliki beberapa tipe yang berbeda. Datsun GO+ Panca ini terdiri dari tipe D yang merupakan varian standar paling bawah, tipe A varian menengah, tipe T varian paling tinggi, tipe T Option varian paling tertinggi dan tipe T Active merupakan varian paling tinggi yang sporty. Seperti apakah perbedaan tipe Datsun GO+ Panca tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

perbedaan tipe datsun go+

Perbedaan 5 Tipe Datsun GO+

Datsun Go+ Panca tipe D

Mas Sena mulai membahas perbedaan tipe Datsun GO+ Panca ini dengan varian tipe D yang merupakan varian tipe standar atau “Base varian” yang berisikan fitur-fitur standar saja. Meskipun Datsun Go+ Panca tipe D ini memiliki harga yang bisa dibilang sangat murah dibandingkan mobil MPV lainnya, namun siapa sangka bahwa spesifikasi Datsun Go+ Panca varian standar ini memiliki desain eksterior dengan lekukan yang halus dari sisi depan hingga belakangnya sehingga memberikan kesan modern dan sporty. Mobil Datsun ini memiliki 5 pintu yang dipadukan dengan bagian belakang perpaduan antara mobil hatchback dan MPV akan memberikan kesan yang mewah dan modern pada mobil ini. Beralih pada bagian dalam atau desain interior dari Datsun Go+ Panca varian standar ini terasa cukup nyaman dan luas karena memiliki dimensi yang cukup lebar yaitu 3995 x 1653 x 1485 mm. Dengan dimensi tersebut mobil ini sanggup menampung penumpang maksimal hingga 7 orang. Sistem kemudi yang terintegrasi antara tuas perseneling dan tuas rem parkir pada bagian panel instrumen kemudi pun akan memberikan kenyaman yang maksimal bagi pengemudi. Pengemudi juga dapat memantau kondisi mobil ini dengan adanya indikator yang terdapat dashboard bagian kemudi. Untuk hiburannya mobil ini dilengkapi dengan Docking Mobile Station yang memungkinkan untuk memutar musik langsung dari gadget yang anda miliki.

Walaupun perbedaan tipe Datsun GO+ Panca terlihat kental, namun pada semua varian memiliki mesin yang sama yaitu berbahan bakar bensin HR12DE berkapasitas 1.2 liter dengan konfigurasi 3 silinder dapat menyemburkan tenaga maksimal mencapai 68 Hp dengan torsi maksimal mencapai 104 Nm. Pada semua varian Datsun memiliki transmisi manual 5 percepatan. Perlu diketahui apabila mesin tersebut merupakan mesin yang memiliki basis serupa dengan Nissan Marc yang sudah terbukti kualitasnya. Untuk sistem penyuplai bahan bakarnya telah mengadopsi sistem injeksi sehingga pembakaran lebih sempurna dan menghasilkan performa yang optimal serta konsumsi bahan bakar yang efisien. Mobil ini memiliki basis suspensi Coil Spring pada semua rodanya akan memberikan performa handling yang cukup baik. Sistem pengeremannya berjenis ventilated disc pada bagian depan dan drum brake pada bagian belakang dirasa cukup baik untuk mengurangi atau menghentikan laju mobil ini. Sistem frame bodinya yang telah mengadopsi Monocoque pun akan memberikan jaminan kokohnya rangka mobil ini dari resiko yang diakibatkan terjadinya kecelakaan.

Lalu perbedaan tipe Datsun GO+ D dengan varian lainnya untuk fitur atau spesifikasinya adalah pada bagian Indikator Takometer (RPM Meter) Digital yang lebih modern dan mudah dibaca dengan terdapat indikator konsumsi bahan bakar rata-ratanya, konsumsi bahan bakar seketika dan perkiraan jarak yang ditempuh dengan menggunakan bahan bakar yang tersedia. Pada bagian bumper depan dan belakangnya memiliki aksen warna hitam dengan frame grill berwarna silver. Varian standar dari Datsun GO+ Panca Tipe D ini memiliki Headlamp dengan fungsi Follow Me Home. Untuk pijakannya mobil ini memiliki ban berukuran 155/70 dengan velg 13 inci bermaterial besi warna silver. Pada bagian tempat duduknya memiliki fitur Front Connected Seat dan Fabric Seat. Lalu setiap tempat duduknya tersedia sabuk pengaman yang dapat menjaga penumpang maupun pengemudi agar tidak terlempar ke depan saat pengereman mendadak maupun mengalami kecelakaan. Walaupun di dalam perbedaan tipe Datsun GO+ Panca varian ini terlihat standar, namun ternyata GO+ tipe D ini juga dilengkapi dengan beberapa sensor canggih di antaranya wiper dengan sensor curah hujan otomatis dan sensor lampu depan otomatis. Untuk harganya Datsun GO+ Panca Tipe D ini dibanderol dengan harga Rp. 85.000.000.

perbedaan tipe datsun go+ di indonesia

Datsun Go+ Panca tipe A

Kemudian sampailah kita pada varian kedua pada uraian perbedaan tipe Datsun GO+ Panca ini, yakni Datsun GO+ Panca Tipe A yang merupakan varian menengah yang memiliki semua hal yang dimiliki oleh Tipe D, seperti : desain eksterior, desain interior, mesin dan beberapa fitur atau spesifikasi lainnya. Namun perbedaannya pada varian ini ialah mobil ditambahkan memiliki bumper depan dan belakang yang senada dengan warna bodi mobil ini yang dipadukan dengan grill beraksen chrome. Lalu perbedaan tipe Datsun GO+ A yang tampak daripada varian lainnya adalah pada varian ini juga ditambahkan Front Door Bottle Holder berkapasitas 1.5 liter. Selain itu masih ada fitur huburan 1 Din Audio dengan Aux Jack yang dapat disambungkan dengan perangkat USB sehingga memberikan hiburan audio yang memanjakan saat dalam perjalanan. Mobil ini juga memiliki fitur pendingin ruangan AC yang lebih memanjakan saat melakukan perjalanan. Nah lalu untuk harga jualnya maka Datsun GO+ Panca Tipe A ini dibanderol dengan harga Rp 92.400.000.

Advertisement

perbedaan lengkap tipe datsun go+ panca

Datsun Go+ Panca tipe T

Nah masuklah kita pada perbedaan tipe Datsun GO+ Panca yang ketiga, yaitu Datsun Go+ Panca tipe T  yang merupakan varian atas yang memiliki semua hal yang dimiliki oleh Tipe A. Mulai dari desain interior, eksterior, mesin hingga fitur-fiturnya. Namun yang membedakan dengan varian sebelumnya tersebut mobil ini memiliki sistem elektrik power steering yang memberikan kemudahan dan kenyaman saat mengemudi, memiliki velg dengan cover yang sporty, memiliki central door lock, memiliki keamanan yang lebih terjamin karena adanya keyless alarm yang dipadukan dengan immobilizer dan memiliki power windows. Sekedar informasi fitur Immobilizer ini merupakan fitur anti pencurian yang dapat menghalau terjadinya pencurian walaupun menggunakan kunci duplikat namun mesin mobil ini tidak bisa dihidupkan bahkan dengan cara paksa yaitu didorong sekalipun. Pada sistem immobilizer ini memiliki kode yang tertanam sesuai dengan kunci aslinya sehingga jika kunci asli dan kunci cadangan asli dari Datsun ini hilang maka harus membuat ke dealer resmi. Adanya kelengkapan fitur ini dapat membuat mobil Datsun Go+ lebih aman dari terjadinya resiko pencurian. Itulah perbedaan tipe Datsun GO+ tipe T yang dapat Mas Sena uraikan! Untuk harganya Datsun Go+ Panca tipe T ini dibanderol dengan harga Rp 99.050.000.

perbedaan tipe datsun go+  untuk masing-masing tipe

Datsun Go+ Panca tipe T Option

Selanjutnya di posisi ke-4 pada pembahasan perbedaan tipe Datsun GO+ Panca ini diisi dengan Go+ Panca tipe T Option yang merupakan varian paling tinggi dengan beberapa tambahan aksesori atau fitur. Sedangkan hal-hal yang mendasar seperti desain interior, eksterior, mesin dan fitur-fiturnya varian ini memiliki kesamaan dengan tipe T sebelumnya. Namun perbedaan tipe Datsun GO+ T Option dengan varian di bawahnya cukup kental, karena pada tipe Go+ T Option ini memiliki fitur Full Power Windows, sensor parkir yang canggih, Audio System 1 Din with Aux Jack and USB yang lebih memanjakan telinga dan fitur keamanan canggih Immobillizer yang dipadukan dengan keyless alarm. Sedangkan untuk tambahan aksesori lainnya varian ini memiliki body side molding, spoiler belakang dengan high stop lamp dan memiliki aksen chrome pada bagian grill radiatornya. Lalu pada bandrol harganya Datsun Go+ Panca tipe T Option ini dibanderol dengan harga Rp 99.550.000 per satu unitnya.

perbedaan tipe datsun go+ dengan lainnya

Datsun Go+ Panca tipe T Active

Nah inilah varian yang terakhir pada uraian perbedaan tipe Datsun GO+ ini, yaitu Go+ Panca tipe T Active yang merupakan varian tertinggi dengan tampilan lebih sporty dibandingkan yang lainnya. Varian paling atas ini memiliki semua hal yang dimiliki oleh varian tertinggi yaitu tipe T dan tipe T option. Mulai dari desain interior, eksterior, mesin hingga berbagai aksesori dan fitur-fitur keamanan serta keselamatan yang disematkan terdapat pada varian tertinggi ini. Perbedaan tipe Datsun GO+ T Active dengan tipe lainnnya adalah pada tipe ini memiliki body Side Moulding, Silver Painted C-Cluster, Silver Paint FIn Set, Silver Painted Shift Base dan juga Aero Kit. Tentu saja dengan berbagai aksesoris pendukung tampilan tersebut membuat mobil ini terlihat lebih sporty dan memiliki performa yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan varian lainnya. Untuk harganya Datsun Go+ Panca tipe T Active ini dibanderol dengan harga Rp 102.950.000.

Nah itulah ulasan mengenai beberapa pilihan dari perbedaan tipe Datsun GO+ Panca tersebut. Bagaimana sangat lengkap bukan pembahasan perbedaan tipe Datsun GO+ yang Mas Sena berikan? Tersedianya berbagai varian tipe dari Datsun GO+ Panca tersebut maka bagi anda yang tertarik untuk membeli mobil MPV dengan jenis LCGC (Low Cost Green Car) ini ada baiknya untuk mempertimbangkan matang-matang varian tipe apa yang cocok sesuai dengan kebutuhan masing-masing sebelum memutuskan tipe mana yang akan anda beli. Meskipun gap harga dari beberapa varian tipe Datsun GO+ Panca ini tidak terpaut begitu besar, tetapi ada baiknya anda harus lebih bijak dalam memberikan keputusan saat membeli mobil keluarga yang satu ini. Apalagi beberapa fiturnya yang ditawarkan dari tiap varian tipenya juga cukup jauh berbeda yang mana harus membuat pembeli lebih selektif saat ingin memboyong mobil ini ke garasi rumah masing-masing. Tidak ada salahnya juga mengunjungi dealer resmi terdekat diwilayah anda masing-masing untuk konsultasi mengenai pilihan tepat Datsun GO+ Panca varian mana yang lebih pas dan cocok dengan kondisi masing-masing. Itulah ulasan lengkap mengenai perbedaan tipe Datsun GO+ Panca yang sekaligus menutup perjumpaan Mas Sena pada kesempatan review kali ini. Sampai jumpa. Baca juga Datsun Go Panca.

  • yohanes iwan karya kampabela

    Papaku waktu aku masih kecil punya Datsun pick up built up dari jepang bekas UN PBB. Muantap bro bodi Dan mesinnya gahar. Sekarang aku anaknya lagi nunggu di approve sama dealer buat beli nissanDatsun Go+ A .

Top