Perbedaan Tipe Daihatsu Ayla

Perbedaan Tipe Daihatsu Ayla – Makin besarnya peminat mobil kota yang kompak atau city car dengan harga terjangkau pada pasar otomotif mobil nasional membuat berbagai produsen mobil yang ada di dunia berlomba-lomba menciptakan produk terbaru pada segmentasi jenis ini. Mobil tipe LCGC ini bahkan menjadi peringkat teratas dalam mobil yang paling diburu selama tahun 2014. Salah satunya adalah Daihatsu yang berkomitmen merancang dan memproduksi mobil kota yang kompak yang memiliki nama Daihatsu Ayla. Mobil ini memiliki tingkat efisiensi yang tinggi dalam menembus padatnya jalanan perkotaan. Nah pada kesempatan perjumpaan kali ini Mas Sena siap memberikan informasi detail mengenai perbedaan tipe Daihatsu Ayla spesial untuk para pembaca semua. Yuk mari ikuti ulasan perbedaan tipe Daihatsu Ayla yang Mas Sena persembahkan pada kesempatan kali ini!

perbedaan tipe daihatsu ayla

Sebelum kita membahas mengenai perbedaan 10 tipe Daihatsu Ayla pasti kawan-kawan sudah mengetahui jika mobil ini memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang efisien pada review Daihatsu Ayla yang Mas Sena ulas pada sesi yang lain. Sekedar informasi, hadirnya fenomena mobil murah di pangsa pasar otomotif nasional beberapa saat lalu membuat mobil buatan Daihatsu ini dengan mudahnya mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, pada tahun pertama peluncuran tersebut mobil ini mampu menorehkan angka penjualan sebesar 185 ribu unit. Mungkin di samping harga yang murah namun tidak mengesampingkan spesifikasi, faktor kenyamanan dan keamanannya membuat mobil ini dipilih bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Seperti kita ketahui mobil berdimensi mungil dari Daihatsu ini memiliki beberapa varian tipenya yang tersedia di pasar otomotif nasional. Mulai dari Daihatsu Ayla Tipe D M/T dan Tipe D+ M/T, Tipe M A/T dan M M/T, Tipe M Sporty M/T, Tipe X A/T serta Tipe X Elegant A/T dan Tipe X Elegan M/T. Dari varian tersebut diketahui bahwa Tipe D merupakan varian paling standar, Tipe M merupakan varian menengah dan Tipe X merupakan varian tertinggi. Seperti apakah perbedaan tipe Daihatsu Ayla ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

perbedaan 10 tipe daihatsu ayla

Perbedaan 10 Tipe Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla Tipe D M/T

Sebelum membahas perbedaan tipe Daihatsu Ayla, disini Mas Sena sebelumnya ingin mengajak anda untuk melihat gambaran umum mengenai Daihatsu Ayla ini. Kita mulai dari desain eksteriornya mobil ini memang serupa dengan Toyota Agya karena merupakan satu produksi yang dipercayakan kepada Daihatsu. Meski serupa namun mobil mungil buatan Daihatsu ini memiliki sedikit perbedaan dengan mobil mungil milik Toyota yakni pada bagian grill radiatornya. Mobil Daihatsu ini memiliki grill radiator yang berukuran besar karena efek bumper yang memiliki ventilasi udara yang menyatu dengan komponen tersebut sehingga memberikan nuansa sporty yang kental. Mobil mungil ini juga memiliki desain bodi yang sporty pada semua sisinya dari bagian depan hingga belakang seperti Toyota Agya. Daihatsu Ayla memiliki ukuran dimensi 3.600 x 1.600 x 1.520 mm akan memberikan ruang kabin yang cukup luas dan melegakan bagi penumpang dan pengemudi di dalamnya. Mobil ini juga dapat menampung barang bawaan yang cukup banyak karena spesifikasi mobil Daihatsu Ayla ini memiliki ukuran bagasi yang paling luas untuk mobil sekelasnya. Untuk kapasitas tangki penyimpanan bahan bakarnya yang sanggup menampung hingga 33 liter dirasa sudah cukup banyak untuk dapat menempuh perjalanan jarak jauh pada sekali pengisian secara penuh. Namun anda tentunya harus mengetahui perbedaan tipe Daihatsu Ayla karena untuk-masing-masing tipe akan memiliki kelengkapan fitur yang berbeda.

Untuk dapur pacunya sendiri mobil ini menggunakan mesin bensin bertipe D26F 1KR-DE memiliki kapasitas mesin 988 cc dengan 3 silinder segaris dan memiliki teknologi DOHC 12 katup yang sanggup menyemburkan tenaga maksimal mencapai 65 Ps pada putaran 6.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 85.3 Nm pada putaran 3.600 RPM. Perlu diketahui bahwa mesin tersebut sama persis seperti yang terdapat pada Citroen C1, Peugot 10 dan Toyota Agya/Toyota Aygo yang sudah terbukti kualitasnya. Tentu saja dengan tenaga yang dihasilkan tersebut terasa sangat pas untuk melaju di jalanan perkotaan yang membutuhkan torsi besar karena memiliki karakter jalanan “Stop and Go”. Mobil Daihatsu ini pun telah menggunakan penyuplaian bahan bakar berteknologi Fuel Injection dan juga telah lulus tes LCGC serta memiliki bobot yang relatif ringan yaitu berkisar 700an kg. Maka dari itu mobil ini memiliki konsumsi bahan bakarnya yang diklaim mencapai 22 km/liter yang membuatnya tergolong irit di kelasnya. Pada sistem suspensinya mobil ini memiliki tipe Mac Pherson Struts with Coil SpringMac Pherson Struts with Coil Spring di bagian depannya dan Semi independent Torsion Axle Beam with Coil Spring di bagian belakangnya akan meredam guncangan dengan baik serta akan memberikan performa handling yang mumpuni untuk jalanan perkotaan. Pada sistem pengeremannya mobil mungil ini menggunakan tipe disc brake non ventilated pada bagian depan dan drum brake pada bagian belakang dirasa sudah sangat baik untuk fungsi pengereman misalnya saat ingin mengurangi atau menghentikan laju mobil ini. Bagaimana sudah mengetahui gambaran umum Daihatsu Ayla ini bukan? Yuk sekarang kita mulai masuk ke pembahasan perbedaan tipe Daihatsu Ayla di bawah ini.

Dalam ulasan perbedaan tipe Daihatsu Ayla ini, Tipe D M/T menjadi tipe yang pertama kali dibahas. Varian Daihatsu Ayla Tipe D M/T ini merupakan varian paling bawah atau standarnya yang memiliki transmisi manual 4 percepatan. Berat kosong varian terbawah dari mobil mungil Daihatsu yang sanggup menampung 5 orang penumpang ini adalah 755 Kg. Varian terendah Daihatsu Ayla ini belumlah dilengkapi dengan AC apalagi sistem audio sehingga merupakan mobil fungsional yang untuk kebutuhan sangat standar. Bagian eksterior mobil ini dilengkapi dengan warna bodi yang seragam pada semua bagiannya baik itu bumper depan, handle pintu dan lain-lain. Untuk pijakannya mobil ini memiliki velg berbahan besi dengan ukuran ban 155/80 berdiameter 13 inci. Pada bagian interiornya mobil ini memiliki lapisan jok yang bermaterial Vinyl. Lalu di bagian dasboardnya sudah terintegrasi dengan Digital Fuel Indicator Meter. Selain itu mobil ini juga dilengkapi dengan Board Door Trim, Molded Head Ilning, Dark Instrumen Panel, Sunvisor dan B-Pillar Garnish yang dapat memberikan tampilan menarik serta memberikan kenyamanan yang cukup baik pada bagian dalamnya. Untuk fungsi dan kenyamanannya mobil ini memiliki fitur tempat duduk baris pertama yang dapat di atur keleluasaannya dan manual windows. Sedangkan untuk fitur keselamatannya mobil ini hanya dilengkapi dengan Seatbelt 3P ELR pada baris pertama saja sehingga membuat perbedaan tipe Daihatsu Ayla D M/T dengan tipe atasnya untuk sektor keselamatan dirasakan cukup kentara. Untuk harganya varian Daihatsu Ayla Tipe D M/T ini dibanderol dengan harga Rp 84.350.000.

perbedaan tipe daihatsu ayla di indonesia

Daihatsu Ayla Tipe D+ M/T

Selanjutnya sampailah kita pada varian kedua dari pembahasan perbedaan tipe Daihatsu Ayla ini yakni Daihatsu Ayla Tipe D+ (PLUS) M/T yang merupakan varian terendah dengan beberapa tambahan aksesori dan keamanan yang lebih baik. Varian ini memiliki desain interior, desain eksterior, fitur dan aksesori standar yang sama seperti varian sebelumnya. Perbedaannya pada varian D+ M/T ini memiliki aksesori eksterior wheel cap yang membuat tampilan luarnya lebih menarik. Untuk fitur kenyamanannya mobil ini telah dilengkapi dengan Air Conditioner (AC) untuk kesejukan dalam ruangan dan Electric Power Steering agar pengemudi lebih mudah mengontrol mobil ini. Tambahan lainnya yakni pada fitur hiburan yang terdapat Audio 1 Din with 2 Speaker yang dapat mengusir kebosanan saat dalam perjalanan. Perbedaan tipe Daihatsu Ayla D+ M/T dengan varian dibawahnya juga dapat ditemukan dari perangkat keamanannya pada baris pertama dan kedua yang telah dilengkapi dengan Seat Belt 3P ELR yang semakin menjamin keamanan seluruh penumpang maupun pengemudi saat mengalami suatu kejadian yang buruk. Sedangkan untuk harga jual varian Daihatsu Ayla Tipe D+ M/T ini dibanderol dengan harga lebih mahal yaitu Rp. 96.350.000.

perbedaan lengkap tipe daihatsu ayla

Daihatsu Ayla Tipe M M/T

Lalu kita berpindah pada varian ketiga dari ulasan perbedaan tipe Daihatsu Ayla ini, yakni Daihatsu Ayla Tipe M M/T yang merupakan varian menengah dengan transmisi manual 4 percepatan. Varian mobil ini memiliki semua hal yang dimiliki oleh Tipe D+. Perbedaan tipe Daihatsu Ayla M M/T dengan varian dibawhnya adalah memiliki bobot yang lebih berat yakni 765 Kg. Hal tersebut dikarenakan varian tipe ini memiliki kelengkapan interior, eksterior dan fungsi keamanan yang lebih baik. Mulai dari sisi interiornya memiliki material bahan Full Fabric yang memberikan kenyamanan bagi penumpang serta pengemudi. Serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas kenyamanan lainnya yakni Molded Door Trim, Seat Back Pocket, baris pertama dan kedua yang yang dilengkapi dengan head rest dan memiliki Sunvisor. Untuk bagian eksteriornya telah dilabur serupa dengan cat bodi mobil yakni spion, bumper depan dan handle pintunya. Perbedaan tipe Daihatsu Ayla M M/T juga dapat ditemukan pada bentuk dashboardnya yang dibuat lebih elegan dengan aksen lekukan yang mantap. Untuk fitur kenyamanan serta keamanannya ditambah dengan Power Window dan Central Lock. Untuk harganya varian Daihatsu Ayla Tipe M M/T (Manual Transmision) ini dibanderol seharga Rp 100.150.000.

Daihatsu Ayla Tipe M A/T

Pada varian keempat dari uraian perbedaan tipe Daihatsu Ayla ini, kita dapat menemukan Daihatsu Ayla Tipe M A/T yang merupakan varian menengah dengan transmisi otomatis. Varian tipe Daihatsu Ayla ini memiliki semua hal yang dimiliki oleh Tipe M M/T dari Tipe D+. Perbedaan tipe Daihatsu Ayla M A/T yakni berada pada sistem transmisinya yang memiliki pergantian gigi secara otomatis (Automatic Transmision) dengan 4 percepatan. Serta memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan tipe M M/T yakni 755 Kg. Pada banderol harga yang dilepas ke pasaran Daihatsu Ayla Tipe M A/T ini dijual seharga Rp. 109.150.000.

Advertisement

perbedaan varian daihatsu ayla

Daihatsu Ayla Tipe M Sporty M/T

Nah masuklah kita pada tipe selanjutbnya dari ulasan perbedaan tipe Daihatsu Ayla ini, yaitu Daihatsu Ayla Tipe M Sporty M/T yang merupakan varian menengah yang memiliki tampilan sporty dengan transmisi manual 4 percepatan. Varian ini sebenarnya hampir serupa dengan Toyota Agya Tipe TRD S Series yang memiliki tambahan aksesori agar terlihat lebih sporty dan garang. Mulai dari tambahan aksesori pada bagian eksteriornya yakni Sporty Front Aero Kit, Day Running Light (DRL), Side Visor, Outer Mirrror Bodi Color, Rear Spoiler with HSML, Chrome Ornament Back Door, Sideskrit Aero Kit dan Sporty Rear Aero Kit. Pada bagian lubang buang atau knalpotnya dilengkapi dengan ornamen krom dan bagian moulding sampingnya dilengkapi dengan “M Sporty” emblem. Untuk pijakannya varian ini memiliki ubahan yang ukuran lebih besar roda berukuran 175/65 dengan diameter velg 14 inci. Selanjutnya pada bagian interiornya memiliki panel interior bernuansa kayu (Wood). Memiliki Center Consol Box yaitu penyimpanan minuman pada bagian tengah di baris pertama yang membuat kemudahan bagi pengemudi maupun penumpang untuk menaruh minuman di mobil ini. Perbedaan tipe Daihatsu Ayla M Sporty M/T dari varian dibawahnya juga dapat ditemukan dari fitur keamanan dan kenyamanannya yang telah dilengkapi dengan Parking Sensor, yang dapat memudahkan parkir serta Alarm yang dapat mencegah terjadinya pencurian. Sedangkan untuk harganya Daihatsu Ayla Tipe M Sporty M/T ini dibanderol dengan harga Rp. 113.450.000.

Daihatsu Ayla Tipe M Sporty A/T

Di urutan selanjutnya dari uraian perbedaan tipe Daihatsu Ayla ini ada Daihatsu Ayla Tipe M Sporty A/T yang merupakan varian menengah dengan tampilan yang lebih sporty. Varian ini memiliki semua hal yang dimiliki oleh Tipe M Sporty M/T. Perbedaan tipe Daihatsu Ayla M Sporty A/T ini memiliki transmisi otomatis 4 percepatan yang mudah dioperasikan oleh siapa pun. Untuk harganya Daihatsu Ayla Tipe M Sporty A/T (Automatic Transmision) ini dibanderol dengan harga Rp. 122.650.000.

perbedaan tipe mobil daihatsu ayla

Daihatsu Ayla Tipe X M/T

Lalu pada ulasan perbedaan tipe Daihatsu Ayla ini masih ada lagi varian Daihatsu Ayla Tipe X M/T yang merupakan varian keempat yang memiliki transmisi manual 4 percepatan. Varian ini memiliki semua hal dan kelengkapan yang dimiliki Tipe M Standar. Namun perbedaan tipe Daihatsu Ayla X M/T yaitu bobot varian ini sedikit lebih berat yakni 785 Kg. Hal tersebut karena makin lengkapnya komponen yang dihadirkan pada varian mobil Daihatsu Ayla ini. Mulai dari desain interiornya dilapisi dengan ornamen krom yakni Grill Bumper, Fog  Lamp Ring, Side Body Molding. Di samping itu juga terdapat tambahan Fog Lamp, Eletric Outer Mirror, Rear Spoiler with HSML dan B-Pillar Blackout. Lalu pada bagian interiornya dilengkapi dengan B-Pillar Garnish dan C-Pillar Garinis dan Assis Grip. Tambahan ornamen krom juga diberikan pada bagian AC Register, Tuas Perseneling dan Handle Pintu. Ada juga tambahan ornamen warna silver yang terdapat pada  Steering Armrest dan Center Cluster. Fitur kenyamannya telah dilengkapi dengan Integrated Audio System (MP3, USB & AUX) yang dapat memberikan kenyamanan saat dalam perjalanan. Untuk keamanan dan kenyamanan mengemudinya juga dilengkapi dengan Tachometer, Multi Information Display, Eco Indicator, Intermittent Wipper, Alarm dan Back Sonar. Bagaimana sangat kental bukan perbedaan tipe Daihatsu Ayla X M/T ini dengan tipe dibawahnya? Harga dari Daihatsu Ayla Tipe X M/T ini dibanderol dengan angka Rp 107.600.000.

Daihatsu Ayla Tipe X A/T

Varian selanjutnya dari uraian perbedaan tipe Daihatsu Ayla ini adalah Tipe X A/T yang merupakan varian nomor tiga teratas. Varian Tipe X A/T ini memiliki semua hal dan kelengkapan yang dimiliki oleh Tipe X M/T. Perbedaan tipe Daihatsu Ayla X A/T yakni hanya terdapat pada bobot kosongnya yang lebih ringan dibandingkan varian transmisi manualnya yakni 770 Kg. Pada sistem transmisi varian ini telah mengadopsi sistem transmisi otomatis dengan 4 percepatan. Untuk harganya Daihatsu Ayla Tipe X A/T (Automatic Transmision) ini dibanderol dengan angka Rp 116.650.000.

Daihatsu Ayla Tipe X Elegant M/T

Kemudian Mas Sena mengajak anda untuk berpindah pada Tipe X Elegant M/T ini merupakan varian paling tertinggi dengan tampilan elegan dari Daihatsu Ayla yang memiliki transmisi manual 4 percepatan. Sebenarnya varian tipe Daihatsu Ayla ini memiliki hal yang serupa dengan Tipe M Sporty Series yang memiliki tambahan aksesori. Perbedaan tipe Daihatsu Ayla X Elegant M/T yang memiliki semua hal dan kelengkapan dari Tipe X ini, yaitu di tambah aksesori eksterior yang lebih elegan yakni Elegant Front Aero Kit, Side Skrit, X Elegant Emblem, Extension Rear Reflektor dan Elegant Rear Aero Kit. Pada bagian luar mobil ini juga memiliki aksen krom yakni pada bagian pintu belakangnya, lubang buang knalpot, grill bumper, foglamp ring dan sideskrit. Pada bagian interiornya dilengkapi dengan ornamen kayu pada bagian panel interiornya dan memiliki konsol penyimpanan box yang dapat digunakan untuk menyimpan barang bawaan tertentu. Bagaimana perbedaan tipe Daihatsu Ayla X Elegant M/T dengan varian dibawahnya cukup terasa kan? Untuk harganya Daihatsu Ayla Tipe X Elegant M/T ini dibanderol dengan harga Rp 114.250.000.

ulasan perbedaan tipe daihatsu ayla

Daihatsu Ayla Tipe X Elegant A/T

Nah tanpa terasa sampailah kita pada varian terakhir dari uraian perbedaan tipe Daihatsu Ayla ini. Daihatsu Ayla Tipe X Elegant A/T inilah yang merupakan varian paling tertinggi yang memiliki tampilan sangat elegan dengan transmisi otomatis 4 percepatan. Tipe X Elegant A/T (Automatic Transmision) ini memiliki semua hal dan kelengkapan yang dimiliki oleh Tipe X Elegant M/T. Perbedaan tipe Daihatsu Ayla X Elegant A/T hanya terdapat pada sistem transmisinya yang telah mengaplikasikan sistem transmisi otomatis. Dengan tersedianya jenis transmisi ini maka pengguna akan lebih mudah dalam mengemudikan mobil kota ini. Untuk harganya Daihatsu Ayla Tipe X Elegant A/T ini dibanderol dengan angka paling tinggi di antara varian lainnya yakni Rp 123.300.000.

Nah Itulah dia ulasan semua hal, mengenai perbedaan 10 tipe Daihatsu Ayla yang dipasarkan di pasar  otomotif tanah air. Bagaimana bro dan sis, sangat lengkap dan menarik bukan ulasan perbedaan tipe Daihatsu Ayla yang Mas Sena berikan? Dengan tersedianya varian tipe dari Daihatsu Ayla yang sangat beragam tersebut maka bagi anda yang tertarik untuk membeli mobil City Car yang juga telah lolos tes LCGC (Low Cost Green Car) ini ada baiknya agar mempertimbangkan secara matang varian tipe apa yang lebih cocok dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Hal tersebut dikarenakan selisih harga dari beberapa varian tipe Daihatsu Ayla yang tersedia ini memiliki perbedaan harga yang cukup besar. Mas Sena menyarankan anda agar terlebih dahulu menimbang faktor harga dan kebutuhan yang sesuai supaya dapat menghasilkan keputusan varian mana yang sebaiknya dibeli untuk kendaraan pribadi sehari-hari. Apalagi beberapa fitur dan aksesori tambahannya yang ditawarkan dari tiap varian tipenya juga cukup berbeda yang membuat pembeli harus lebih selektif dalam membeli mobil mungil buatan Daihatsu yang satu ini. Mas Sena juga merekomendasikan agar anda mengunjungi dealer resmi terdekat di wilayah masing-masing untuk konsultasi kepada staf Dealer Resmi Daihatsu mengenai pilihan tepat yang sesuai dengan kebutuhan saat ini dari beberapa varian Daihatsu Ayla yang tersedia. Semoga dengan adanya pembahasan ini bro semua mendaoat varian Daihatsu Ayla yang sesuai dengan ekspektasi serta karakter berkendara anda. Itulah ulasan yang sangat lengkap mengenai perbedaan tipe Daihatsu Ayla yang sekaligus menutup perjumpaan Mas Sena pada kesempatan review kali ini. Baca juga Perbedaan Tipe Toyota Agya dan Perbedaan Tipe Datsun GO+.

Top